Bagaimana sih hubungan menstruasi dan hormon wanita?

Bagaimana sih hubungan menstruasi dan hormon wanita?

2 min read

Hallo Charm Girls! Suasana hatimu dan tubuhmu bisa berubah sesuai dengan siklus menstruasi. Nah, menstruasi sangat erat kaitannya lho dengan cara kerja hormon wanita. 

Apakah menstruasi dan hormon wanita berhubungan? 

Hormon wanita itu memiliki 2 jenis, yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron. Hormon estrogen adalah hormon yang disekresikan untuk membuatmu terlihat lebih kewanitaan saat mencapai usia pubertas. Hormon ini juga membuat payudaramu lebih besar dan membuat tubuhmu berisi, menjadikanmu lebih seperti wanita. :) 

Hormon progesteron berhubungan dengan kehamilanmu. Lebih banyak hormon ini disekresikan saat kamu berovulasi, atau menghasilkan sel telur. Ini akan membantu rahimmu bekerja dengan baik, untuk mempersiapkan kehamilanmu. Otakmu akan memerintahkan ovarium untuk mengeluarkan hormonhormon ini lho. 

Begini cara kerja hormon untuk membuatmu terlihat lebih kewanitaan

Menjaga kelembaban kulitmu

Membuat rambutmu berkilau

Membuat tulangmu kuat

Membuat pembuluh darahmu kuat

Membuat suasana hatimu menjadi positif

Ini yang dilakukan hormon saat terjadi kehamilan

Menyesuaikan cara kerja rahimmu

Menjaga kadar air dalam tubuhmu agar tetap stabil

Menghasilkan lebih banyak urin

Meningkatkan nafsu makanmu

Membuatkmu merasa mengantuk dan mudah tersinggung

Siklus menstruasi dan perubahan hormonal

Hormon yang membuatmu terlihat lebih kewanitaan
Hormon ini menjaga kelembapan kulitmu dan membuat rambutmu berkilau lho. Tulang dan pembuluh darahmu menjadi lebih kuat, memberimu tubuh yang lebih sehat dan sikap yang positif.
Hormon yang berhubungan dengan kehamilan
Hormon ini menjaga fungsi rahim dan kandungan air di tubuhmu. Nah, hormon ini meningkatkan nafsu makanmu dan membuatmu merasa mengantuk dan mudah tersinggung.

Kami akan menghitung siklus menstruasi selama 28 hari, dimulai dari hari pertama menstruasimu. 

Hormon yang membuatmu terlihat lebih kewanitaan dan hormon yang berkaitan dengan kehamilan tidak banyak dikeluarkan pada hari pertama hingga hari ke tujuh di periode menstruasimu lho. Saat kamu semakin dekat dengan ovulasi, hormon yang membuatmu lebih kewanitaan akan mulai disekresikan sejak hari ke-13, dan ovulasi mencapai puncaknya pada hari ke-15.