Kembali

My Growing Up Body

5 kebiasaan penyebab timbulnya jerawat

5 kebiasaan penyebab timbulnya jerawat


Jerawat, oh jerawat! Masalah kulit yang satu ini kayaknya udah jadi musuh bebuyutan seluruh cewek ya, Charm Girls. Nah, jerawat sendiri berhubungan banget dengan produksi minyak yang berlebih di wajahmu; pori-pori yang tersumbat akan membuat kotoran dan bakteri menjadi radang! Aduh~

Nggak ada perbedaan fisik laki-laki dan perempuan yang drastis sih soal jerawat ini, tapi kan kalo hormon menstruasi yang tiba-tiba menjadi nggak stabil saat masa menstruasi akan tiba bakalan jadi salah satu penyebab si jerawat ini mampir!

Baca Juga : Pubertas bikin jerawatan - Charm Girl's Talk

Bagi anak cewek sih ini penting banget. Apalagi, buat kamu yang pengen punya kulit wajah yang glowing, merawat kulit wajah rasanya jadi tanggung jawab banget. Iya nggak sih, Charm Girls? Memang jerawat sih hal yang normal, tapi beberapa jerawat juga bisa bikin nggak nyaman.

Hayo, sekarang ngaku. Siapa yang sudah mulai menggunakan skincare untuk mengatasi jerawat? Sebenarnya apa yang jadi pilihanmu sudah tepat, kok! Namun, ternyata ada skincare tuh bisa percuma kalo kebiasaan-kebiasaan sederhana ini selalu kamu lakukan? Yang ada jerawat bukan minggir, malah semakin banyak dan ganggu, lho, Charm Girls! 

Ini sederhana banget sih, bahkan kamu suka nggak sadar! Yuk, mendingan kamu suka cari tahu sekarang.

5 kebiasaan penyebab timbulnya jerawat
Sering Memegang Wajah

1.Doyan banget megang wajah
Hayo, siapa yang suka menyentuh kulit muka dengan tangan? Padahal simpel banget, cuma untuk menggaruk, menggaruk hidung, menopang dengan tangan di pipi. Haduh, siapa sangka ternyata tangan kita tuh kotor banget, lho. Charm Girls. Kotoran tersebut bisa saja pindah dari tangan ke wajah dengan mudah. Apalagi kalau kamu malas cuci muka, bisa-bisa kotoran, termasuk bakteri dan kuman bisa nginep di wajahmu.



 

5 kebiasaan penyebab timbulnya jerawat
Kebanyakan Cuci Muka

2.Kebanyakan cuci muka
Sesuatu yang berlebihan tuh emang kurang baik. Jarang cuci muka tentu menyebabkan jerawat, tapi kalau terlalu sering mencuci muka juga sama saja! Lah, kok bisa? Jadi, pada dasarnya kulit tuh harus menghasilkan minyak alami. Karena sabun pada dasarnya mengangkat minyak, jadi kulitmu harus menghasilkan minyak lebih banyak lagi yang berarti jerawat bakal datang lagi. Untuk kulit yang normal, mencuci muka cukup dua kali sehari; saat di pagi dan sebelum tidur. Sedangkan kulit berminyak, kamu bisa menggunakan oil paper yang banyak dijual di toko atau online shop!

 

5 kebiasaan penyebab timbulnya jerawat
Sarung Bantal Berdebu & Kotor

3.Jarang ganti sarung bantal
Sekilas sih nggak ada hubungannya, tapi sarung bantal bisa banget menyebabkan jerawat karena selalu menempel dengan wajahmu sepanjang malam. Apalagi, bantal tuh bisa menyimpan debu dan kotoran. So, rajinlah ganti secara rutin sarung bantal yah!







 

5 kebiasaan penyebab timbulnya jerawat
Menyentuh HP Kotor

4.Hapemu juga! 
Siapa yang hobi banget nge-scroll handphone, Charm Girls? Sama seperti sarung bantal, tanganmu yang kotor sering banget menyentuh HP-mu sendiri. Lalu, secara tidak langsung, saat kamu mengangkat telepon, kotoran tersebut pindah ke wajah!





 

 

5 kebiasaan penyebab timbulnya jerawat
Makanan Penyebab Jerawat

5.Selalu melahap makanan manis, instan dan gorengan
Makanan-makanan yang enak banget itu memang terkadang bisa jahat. Nggak cuma kesehatan, tapi ke kulit juga. Minyak, lemak jenuh, dan bahan pengawet ini emang musuhnya tubuh kita. Dalam jumlah sedikit sih, nggak masalah tapi sebaiknya dibatasi, ya Charm Girls.





 

5 kebiasaan penyebab timbulnya jerawat
Jerawat Dipencet

 

6. Memencet jerawat
Ini yang ultimate banget, nich! Gatel sih lihat jerawat yang mateng dan siap pecah. Namun, menghilangkan jerawat dengan dipencet, malah dapat menyebabkan masalah baru pada kulit karena sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam. Jerawat jadi susah sembuh dan malah berbekas. Jadi ada noda hitam gitu di kulit wajah! Please don’t do this, ya, Charm Girls!





 

Komentar (33)
A

Gr
Grace
infohnya bagus min, thanks
2 years ago
Balas
Si
Siti iprohul puadah
Sangat terima kasih min
2 years ago
Balas
An
Anonymous
Terimakasih banyak atas informasinya Cha ❤️
2 years ago
Balas
floating-icon