4 ide resep buka puasa untuk anak yang enak dan bergizi

4 ide resep buka puasa untuk anak yang enak dan bergizi

4 min read

Bulan puasa memang jadi salah satu momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain bisa beribadah bersama-sama, kegiatan lain yang biasanya paling dinantikan adalah momen berbuka puasa bersama. Apalagi jika si kecil sudah mulai belajar berpuasa, sebagai orang tua pasti ingin menyiapkan hidangan berbuka yang enak sebagai apresiasi untuk buah hati.

Supaya buka puasa semakin seru, Parents bisa mengajak si kecil untuk ikut menyiapkan hidangan buka puasa yang sederhana tapi menggugah selera. Kegiatan ini punya banyak manfaat untuk Anda dan si kecil lho! Mengajak anak menyiapkan menu buka puasa membuat mereka jadi tidak mudah bosan menunggu waktu berbuka dan terdorong untuk melakukan kegiatan yang produktif di bulan puasa.

Baca Juga : Resep dessert box yang bikin mood bagus pas masa menstruasi - Charm Girl's Talk

Selain itu, Parents juga bisa sambil mengajarkan banyak hal dan wawasan baru bagi si kecil. Misalnya, mengajarkan anak tentang jenis-jenis makanan dan kandungan yang bergizi bagi anak, melatih konsentrasi anak, hingga mengajarkan tanggung jawab sederhana seperti membantu memotong sayuran atau mengocok telur.

Untuk Parents dengan anak perempuan yang baru mengalami menstruasi pertama, bulan puasa juga jadi waktu yang tepat untuk mengajarkannya ibadah yang tetap bisa dilakukan saat masa menstruasi, seperti membantu menyiapkan hidangan berbuka.

Nah, berikut ini adalah beberapa ide menu bukaan yang asik disiapkan bersama buah hati dan tentunya bergizi seimbang untuk mendukung tumbuh kembang mereka. Yuk, simak ulasannya!

4 ide resep buka puasa untuk anak yang enak dan bergizi
Popsicle Buah Segar

 

1. Popsicle buah
Berbuka puasa memang paling nikmat dengan hidangan yang segar dan manis untuk melepas dahaga dan memulihkan energi. Untuk si kecil yang mudah bosan dengan hidangan yang itu-itu saja, Parents bisa coba membuat popsicle atau es stik dengan buah-buahan segar yang bervitamin dan baik untuk buah hati.

Cara membuatnya cukup mudah dan bisa dilakukan bersama si kecil. Siapkan potongan buah favorit, lalu blender dengan air kelapa yang kaya akan mineral yang dibutuhkan si kecil selama seharian berpuasa. Jangan lupa tambahkan madu sebagai pemanis alami yang sehat, lalu siapkan di cetakan popsicle. Simpan di freezer sampai beku, lalu popsicle siap dihidangkan saat berbuka puasa.

4 ide resep buka puasa untuk anak yang enak dan bergizi
Bola-Bola Kentang

 

2. Bola-bola kentang
Salah satu menu buka puasa yang diminati masyarakat Indonesia adalah gorengan. Eits, untuk menu si kecil, sebaiknya Parents membuat gorengan sendiri di rumah, seperti misalnya bola-bola kentang.

Dengan bahan dasar kentang yang mengandung karbohidrat, menu yang satu ini bisa mengembalikan energi yang dikeluarkan saat anak berpuasa. Selain itu, Parents juga bisa berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan bermanfaat lainnya seperti brokoli, wortel, atau keju yang mengandung protein untuk si kecil. Supaya tetap sehat, Parents bisa memasak bola-bola kentang dengan air fryer agar tidak menggunakan minyak.

4 ide resep buka puasa untuk anak yang enak dan bergizi
Vietnamese Spring Roll

3. Vietnamese spring roll
Si kecil susah makan sayur? Yuk, coba buat resep hidangan sayuran yang unik dan dijamin disukai anak-anak, yaitu Vietnamese spring roll. Berbentuk seperti lumpia, hidangan yang satu ini lebih sehat karena diisi dengan sayur segar dan tidak melalui proses penggorengan. Vietnamese spring roll biasanya berisi sayuran seperti wortel, timun, dan selada, lalu bisa ditambah bahan-bahan lainnya seperti bihun, udang, atau daging sapi.

Bahan-bahan tersebut ditata di atas rice paper atau kulit lumpia beras yang sudah direndam air, lalu digulung seperti lumpia. Spring roll ala Vietnam ini biasanya disajikan bersama dengan saus kacang sebagai cocolan. Selain mudah disiapkan, menu ini juga bagus dikonsumsi si kecil karena berisi berbagai jenis sayuran yang melengkapi nutrisi harian mereka.

4 ide resep buka puasa untuk anak yang enak dan bergizi
Salmon Mac and Cheese

4. Salmon mac and cheese
Menu yang satu ini bisa disantap setelah berbuka sebagai makan malam. Salmon sendiri sudah terkenal dengan berbagai manfaatnya karena mengandung omega-3 dan berbagai vitamin yang membantu tumbuh kembang buah hati Anda. Macaroni juga punya banyak nutrisi baik bagi si kecil, karena mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang membantu mengembalikan energi.

Salmon mac and cheese juga mudah disiapkan bersama si kecil. Cincang salmon dengan butter, campurkan makaroni yang sudah direbus, tambahkan susu, keju, dan bumbu lainnya. Aduk hingga matang lalu siap disajikan. Bercita rasa gurih dengan tekstur yang creamy dijamin membuat buah hati Anda akan melahap habis hidangan yang satu ini. Selamat mencoba ya, Parents!