7 cara membagi waktu untuk pelajar aktif seperti Charm Girls!

7 cara membagi waktu untuk pelajar aktif seperti Charm Girls!

4 min read

Tic-toc on the clock~ 

Charm Girls, kalau dipikir-pikir lagi konsep waktu tuh lucu banget, yah! Selama satu hari, kamu cuma waktu 24 jam. Untuk beberapa dari kamu mungkin ini itu lama banget, tapi bagi beberapa orang; waktu berjalan dengan sangat cepat. Secara kasar, kamu dapat membagi waktu ke dalam tiga kelompok. Delapan jam untuk sekolah, delapan jam untuk tidur, dan delapan jam sisanya untuk melakukan aktivitas sehari-hari!

Perbedaan fisik laki-laki dan perempuan sebenarnya nggak begitu berpengaruh dengan caramu membagi waktu, karena sebagai anak yang lagi beranjak dewasa; kamu pasti punya segudang aktivitas yang harus dilakukan, khan?

Baca Juga: 7 cara belajar efektif dan efisien, wajib Charm Girls coba!

Kalau kamu nggak bisa mengatur waktu, nanti waktulah yang mengatur hidup kita… Jika sampai demikian, kamu bakal kelabakan, Charm Girls! Biar nggak buang-buang waktu, ini dia caranya biar kamu bisa membagi waktu~

1. Cari tahu kegiatan apa yang paling ngabisin waktu 
Apakah kamu sering menonton drama korea, sekolah online atau cuma scroll timeline Instagram, TikTok dan sosial mediamu yang lain? Dengan mencatat tiap aktivitas, kamu jadi tahu bagaimana caramu menghabiskan waktu dan kegiatan apa yang paling menyita waktumu sehingga kamu bisa lebih realistis dalam membuat jadwal harianmu. Biar komitmen mengatur waktu juga nggak menyiksamu banget, Charm Girls.

7 cara membagi waktu untuk pelajar aktif seperti Charm Girls!
Cara Mengatur Waktu dengan Baik

2.Kerjakan yang paling penting dahulu, first thing first!
Ketika kamu tahu harus melakukan aktivitas apa, sangat penting untuk selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dulu. Baru deh, setelahnya disusul dengan berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola pikir yang memudahkan kamu saat mengelola waktu.

3.Miliki waktu tenang
Ini adalah sejumlah waktu sepi dan hening di mana kamu bisa menjadi rileks setelah melakukan sesuatu. Kamu bisa mendengarkan semua keinginan dan juga ketenangan di dalam diri kamu sebelum melanjutkan ke aktivitas selanjutnya. Bisa dibilang rehat sejenak, sih!

4.Aplikasi atau gunakan buku catatan 
Tidak ada salahnya untuk menggunakan buku notes untuk membantumu mengatur semua jadwal kamu. Oh ya, kamu juga bisa pakai aplikasi yang bisa kamu download di smartphone kamu seperti Evernote, Everyday Note, Epistle, atau Any.do.

Menggunakan notes seperti ini tentu saja memudahkanmu agar “tetap berada di jalur” supaya kamu nggak melakukan aktivitas yang menyia-nyiakan waktumu yang berharga itu, Charm Girls.

7 cara membagi waktu untuk pelajar aktif seperti Charm Girls!
Tips Mengatur Waktu Belajar

5.Bye hal-hal yang bikin nggak fokus
Pas sudah mau mulai aktvitasmu. Jauhkan smartphonemu atau matikan notifikasimu. Stop membuka Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, atau apapun. Ini harus banget kamu lakukan karena semua hal itu sering secara tidak sadar menghabiskan waktumu.

Selain itu, ini penting untuk membuatmu tetap fokus saat harus melakukan kegiatan pentingmu, Charm Girls.

6.Just say no! 
Hal yang sering kali lakukan adalah membuang-buang waktu untuk kegiatan yang nggak begitu penting. Hal ini justru membuat rugi dan nggak mendapatkan apa-apa. Mulailah berkomitmen untuk nolak berbagai kegiatan nggak berfaedah yang menghabiskan sejumlah waktumu yang berharga dengan percuma.

7 cara membagi waktu untuk pelajar aktif seperti Charm Girls!
Berani Katakan Tidak

7.Selesaikan lebih awal, lebih baik
Menunda-nunda pekerjaan itu nggak banget! Nanti pas sudah mepet, kamu malah jadi melakukan secara terburu-buru. Ini akan membuat kamu gampang berbuat salah yang bikin hasilnya jadi nggak maksimal. Bakal sangat baik kalau selalu menyelesaikan pekerjaan lebih awal dan tepat waktu.

Bayangkan betapa stresnya hari-harimu jika kamu harus melakukan selama lebih dari 12 jam karena kebiasaan menunda sesuatu. Mau seperti itu, Charm Girls? NO!
-
Nah, itu dia beberapa cara untuk mengelola waktu agar kamu nggak kelabakan lagi waktu menjalani kegiatan dan aktivitas yang seabrek. Mulai dicoba, Charm Girls!