10 tips liburan nyaman saat masa menstruasi

10 tips liburan nyaman saat masa menstruasi

4 min read

Libur telah tiba, libur telah tiba, hari yang gembira! 
Setelah melewati semester yang berat, akhirnya liburan datang juga, Charm Girls! Masa menstruasi emang sering kali bikin rencana liburan bisa jadi nggak asik. Terkadang datang bulan ada yang bisa diprediksi, tapi ada pula yang muncul secara tiba-tiba nggak mengikuti jadwal biasa.

Jangan khawatir, liburanmu tak akan jadi berantakan, kok. Ini dia tips liburan saat menstruasi. Charm Girls, catat, ya!

1. Bawa pembalut yang cocok buat kamu dengan jumlah yang banyak
Untuk soal pembalut memang lebih baik berlebih daripada kurang, Charm Girls! Seperti tiga hari pertama adalah waktu yang cukup krusial saat masa menstruasi datang, karena volume darah yang keluar pasti lagi banyak-banyaknya. Rawan bocor! So. kalo kamu harus pergi liburan dan traveling di waktu-waktu ini, jangan lupa siapkan beberapa jenis pembalut yang bikin kamu nyaman. Sedikit tips nih, memilih pembalut dengan model sayap akan lebih menjagamu dari bergesernya pembalut yang nggak banget!

Baca Juga : 5 rekomendasi jenis pembalut buatmu saat masa menstruasi

2. Sesuaikan dengan tujuan liburanmu
Beberapa tempat wisata, apalagi yang berhubungan dengan agama dan tempat wisata seperti Masjid, Kuil, Pura atau Candi tentunya melarang cewek yang lagi di masa menstruasi untuk masuk. Bete sih, tapi kamu harus tetap menghormati peraturan itu, Charm Girls! Jadi, ada baiknya kamu browsing lagi tempat wisata yang bisa kamu nikmati apapun kondisinya! So, kamu bebas untuk liburan tanpa melewatkan hal-hal seru!

3. Bawa obat pereda nyeri!
Ini wajib banget buat para Charm Girls yang sering ngerasain kram perut di hari-hari pertama masa menstruasi. Sebelum jalan, siapkan juga obat pereda nyeri kalo-kalo kamu mendadak membutuhkannya, kamu tidak akan kebingungan mencari apotek. Nah.. biar lebih aman, mungkin kamu boleh diskusikan dengan ahli medis ya, Charm Girls.

4. Pakai baju yang pewe!
Pakaian yang nyaman juga nggak boleh terlewatkan. Pas masa menstruasi, biasanya kamu bakal butuhkan pakaian yang tidak terlalu ketat. Hindari membawa terlalu banyak pakaian yang ketat dan celana berwarna putih atau terlalu cerah. Celana kulot atau rok panjang cantik banget loh untuk OOTD liburanmu. Charm Girls!

10 tips liburan nyaman saat masa menstruasi
Perlengkapan Menstruasi Saat Liburan

5. Jaga asupan makanan
Ngomongin liburan emang belum lengkap tanpa kulineran. Tapi, selama masa menstruasi kamu harus pastikan asupan zat besi terpenuhi. Kalo engga, bisa-bisa kita malah lemas hingga anemia.

Pas lagi hunting makanan, jangan lewatkan menu-menu yang kaya zat besi seperti sayuran hijau, daging, dan buah-buahan. Biar sehat selama liburan dong tentunya!

10 tips liburan nyaman saat masa menstruasi
Jaga Asupan Makanan dan Ganti Pembalut

6. Jangan menunda-nunda untuk ganti pembalut
Bebas drama bocor dan "tembus" dengan rutin mengganti pembalut kamu secara berkala sebelum benar-benar penuh. Apalagi di masa menstruasi hari pertama dan kedua, di mana darah lagi banyak-banyaknya. Mengganti pembalutmu setiap 3-4 jam sekali atau kapanpun kamu menemukan tempat yang cocok! 

Kalau dinanti-nanti, susah lagi untuk menemukan waktu yang tepat.

Baca Juga : Tips and trik mencuci darah menstruasi tembus

7. Cek ulang jenis liburan dan waktu datangnya masa menstruasi kamu
Jangan lupa juga untuk cek ulang tanggal masa menstruasi kamu, ya. Apalagi kalau liburan yang kamu lakukan cukup lama butuhkan persiapan yang lebih banyak. Ohya, lihat juga apa liburan yang Charm Girls pilih, apakah liburan santai di hotel, keliling kota, camping atau ke pantai. Soalnya ini bakal ngaruh sama kebutuhan pembalutmu juga, Charm Girls.

8. Ekstra Kit yang harus kamu bawa
Biar makin nyaman, kamu juga bisa menyiapkan barang-barang seperti kantong plastik alias kresek, tisu kering dan basah, juga hand sanitizer. Pas ganti pembalut alat-alat ini bakal ngebantu kamu untuk membersihkan diri dan membuang sampah saat mengganti pembalut, Charm Girls.

10 tips liburan nyaman saat masa menstruasi
Membawa Kit dan Air Putih

9. Air putih itu wajib!
Kalo yang satu ini nggak boleh dilewatkan. Charm Girls harus minum air putih lebih banyak pas kamu lagi traveling di masa menstruasi. Agar tak lemas, tubuh butuh lebih banyak asupan cairan, khan!

10. Power nap dan istrirahat!
Jika perjalanan jauh terasa membosankan dan masa menstruasi bikin cranky, lebih baik kamu tidur alias power nap saja di bis atau mobil. Kan lumayan untuk istirahat, Charm Girls!

10 tips liburan nyaman saat masa menstruasi
Power Nap dan Istirahat

Ohya, kalau perjalanan kamu di hari itu juga sudah selesai, segeralah masuk ke kamar dan tidur. Kalo ada yang ngajak begadang yang lewat terlalu jauh dari waktu tidurmu, skip aja deh. Kamu butuh tidur cepat untuk menyiapkan tenaga untuk perjalanan esok hari! 
-
Begitulah, tips liburan saat menstruasi. Charm Girls! Selamat liburan, kalo tips ini berguna share juga ke genks kamu, okay! Happy holiday!