Ini penyebab keputihan dan cara mengatasinya!

Ini penyebab keputihan dan cara mengatasinya!

4 min read

Siapa sih yang nggak panik?
Keputihan tentu membuat kamu tidak nyaman saat beraktifitas. Padahal keputihan adalah cara alami tubuh untuk menjaga kelembapan dan kebersihan vagina.

Penyebab keputihan dan cara mengatasinya merupakan hal yang paling banyak dicari oleh wanita, baik usia remaja seperti Charm Girls maupun wanita dewasa.

Karena semua wanita berapapun usianya dapat mengalami keputihan. Keputihan sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

Baca Juga : Keputihan, benda lengket di celana dalammu

Apa bedanya keputihan fisiologis dan keputihan patologis?
Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada setiap wanita. Lalu keputihan patologis sendiri adalah kebalikannya, yaitu dimana keputihan ini tidak normal. Ini yang perlu Charm Girls waspadai ya!

Lalu apa penyebab keputihan dan cara mengatasinya bagaimana?
Penyebab keputihan terbagi menjadi 2 bagian Charm Girls, yaitu proses yang normal dan adanya infeksi. Penyebab keputihan yang normal terjadi karena adanya perubahan hormonal, stres atau sebagai pelumas vagina alami untuk melindunginya dari infeksi dan iritasi.

Ini penyebab keputihan dan cara mengatasinya!
Keputihan Akibat Hormonal

Keren banget kan? Tapi, penyebab keputihan akibat infeksi seringnya terjadi karena kurangnya kepedulian terhadap kesehatan dan kebersihan vagina. Ini yang menyebabkan terjadi infeksi karena bakteri (vaginosis bacterial dan klamidiasis) maupun jamur (kandidiasis) sampai akibat penyakit menular seksual.

Ini penyebab keputihan dan cara mengatasinya!
Keputihan Akibat Infeksi

Ini terjadi jika kamu jarang mengganti pakaian dalam, kurang bersih saat membersihkan, atau saat menggunakan toilet umum yang ternyata kotor. Selain itu infeksi juga dapat terjadi karena menderita penyakit diabetes atau menggunakan sabun kewanitaan yang berlebih sehingga kurangnya keseimbangan kuman pada vagina atau melakukan hubungan seksual dengan sering berganti pasangan.

Jadi apakah keputihan kamu normal, Charm Girls? Mari kita ceki-ceki! 

Untuk membedakannya memang agak susah karena tiap cewek punya kebiasaan keputihan dan jumlah keluar yang berbeda. Ada yang mengeluarkan cukup banyak, ada yang sedikit. Cairan keputihan bakal jadi banyak banget saat kamu lagi ada di masa ovulasi sebelum masa menstruasi atau capek dan stress!

Ini penyebab keputihan dan cara mengatasinya!
Keputihan Berwarna Bening dan Kental

Tanda keputihan yang normal meliputi:
-Biasanya berjumlah sedikit.
-Berwarna jernih transparan alias bening gitu dan ada juga yang cair seperti air.
-Ada pula yang berbentuk kental lengket seperti jeli.
-Tidak berbau.
-Tidak menyebab kan gatal pada area genital.

Baca Juga : Apa itu keputihan yang gak selamanya berwarna putih?

Terus apa keputihan yang tidak normal bagaimana?

Ayo, cek pakaian dalam atau pantyliner kamu, Charm Girls. Normal atau tidaknya keputihan dapat diperhatikan dari warna, volume, bau, dan keenceran atau kekentalannya. Tanda cairan keputihan tidak normal meliputi:

-Berbau menyengat, seperti bau amis atau bau busuk.
-Tekstur lebih kental, berbusa, atau menggumpal gitu.
-Keputihan jadi nggak putih lagi, malah berwarna abu-abu, kehijauan, atau kekuningan.
-Cairan yang keluar dari vagina disertai dengan darah, pahadal kamu lagi nggak menstruasi.
-Jumlahnya sangat banyak dan lengket, sehingga mudah menempel pada pakaian dalam.
-Terkadang muncul rasa gatal maupun panas diarea genital.

Ini penyebab keputihan dan cara mengatasinya!
Keputihan Tidak Normal Berbau Menyengat

Okay, keputihanmu kaya gitu?
Yuk, segera cerita dengan orang tuamu dan langsung kunjungi dokter supaya bisa cepat diobati, ya Charm Girls!

Gimana cara mengatasi keputihan?
Gampang-gampang repot sih kalo kamu mau mengatasi keputihan. Walaupun nggak bisa dihilangkan total, kamu cukup menjaga kebersihan dan kesehatan vagina; jadi bakteri baik bakal bantu kamu!

Ini penyebab keputihan dan cara mengatasinya!
Gimana Cara Mengatasi Keputihan

1.Kalau kamu ngerasa keputihan lagi banyak banget, harus rajin ganti celana dalam sesering mungkin. Pilihlah celana dalam yang terbuat dari katun menyerap keringat dan jangan pakai celana dalam yang terlalu ketat juga; supaya ada sirkulasi udaranya. Atau gunakan “jalan ninja” dengan menggunakan pantyliner favoritmu. Seperti Pantyliner Charm Cooling Fresh yang memiliki sensasi dingin yang membuat kamu tetap segar jalani hari. Sssttt.. jangan lupa ganti pantyliner kamu yah beberapa jam sekali.

2.Setelah membersihkan vaginamu , jangan lupa selalu keringkan menggunakan tisu atau handuk yang lembut dan tepuk-tepuk pelan hingga kering. Ingat, jangan menggosok atau mengusap vagina terlalu keras, nanti iritasi; lho!

3.Ngemil yogurt juga bisa jadi pilihan bagus kalau kamu lagi dalam pengobatan antibiotik agar menurunkan risiko terkena infeksi jamur.

Itulah beberapa penyebab keputihan pada cewek yang perlu kamu ketahui. Perlu diingat, keputihan nggak selalu jadi tanda adanya penyakit dalam tubuh. Jadi, selalu waspada dengan gejala-gejala yang ada, ya, Charm Girls!