Bagaimana dan kapan Aku harus berbicara dengan putriku?

Bagaimana dan kapan Aku harus berbicara dengan putriku?

7 min read

Selamat untuk para orang tua yang berhasil memasuki fase parenting baru! Apakah Anda pernah bingung untuk membuka percakapan tentang menstruasi pada putri Anda yang baru puber? Atau bagaimana dan kapan sebaiknya Anda membicarakan menstruasi pertama ini? 

Jawabannya, tidak ada. Karena setiap anak perempuan mengalami menstruasi pertamanya pada usia dan waktu yang berbeda. Tapi, Anda harus memulainya saat Anda mulai menyadari perubahan fisik, seperti ketika mereka mulai mengenakan bra dan keputihan.

Pastikan Anda juga untuk memberitahu Ia jika menstruasi adalah bukti bahwa tubuhnya sedang bersiap untuk menjadi dewasa dan mereka kini sudah bisa mengandung bayi (hamil). Dan yang terpenting, Anda juga harus menjelaskan tentang bagaimana tubuh wanita bekerja saat Ia menunjukkan ketertarikannya pada menstruasi atau menanyakan dari mana asalnya bayi.

Kapan Aku harus membicarakan tentang menstruasi pertama mereka?

Berdasarkan penelitian kuantitatif yang dilakukan oleh Unicharm, orang tua mulai berbicara tentang menstruasi kepada putrinya di waktu yang berbeda-beda. Beberapa orang tua membuka percakapan ketika mereka menyadari ada perubahan fisik yang terjadi pada putrinya. Seperti, tubuh yang mulai bertambah tinggi atau payudara yang membesar. 

Sementara orang tua lainnya berbicara di waktu yang sama ketika mereka mengalami menstruasi di masa lalu; padahal kan anak-anak perempuannya mungkin saja mendapatkan menstruasi lebih awal, lho. Jadi, mempersiapkan diri sejak dini untuk membuka percakapan tentang ini dengan putri Anda adalah ide yang baik. 

Kini, Anda harus lebih memperhatikan sang buah hati dan menyadari perubahan fisik lebih awal sehingga Anda dapat berbicara dengannya bahkan sebelum menstruasi pertamanya. Nah, ketika putri Anda khawatir atau gugup tentang perubahan pada tubuhnya sendiri, Ia akan bergantung pada keluarga, lho. Ini akan menjadi sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Ia dapat berbicara dengan Anda tentang apapun dan kapan saja. 

Oh ya, karena beberapa anak perempuan mungkin saja mengalami menstruasi tanpa banyak perubahan yang terjadi pada fisiknya. Jadi, membuat rencana tentang kapan harus berbicara dengan putri Anda di usia tertentu, seperti ketika Ia berada di tahun keempat atau kelima sekolah dasar mungkin bisa jadi pertimbangan ya, Parents!

Ketika tubuh putri Anda mulai tumbuh dan berkembang, penampilannya mulai terlihat lebih feminin dengan payudara yang membesar, Ia akan segera mulai menyadari adanya keputihan. Kebanyakan anak perempuan mulai menyadari keputihannya sekitar setahun sebelum menstruasi pertama mereka. Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa menstruasi pertama mereka akan segera datang dan juga menjadi kesempatan baik untuk Anda memulai percakapan. Saat mencuci pakaian, periksa juga pakaian dalamnya untuk mengetahui apakah sudah ada keputihan dan coba tanyakan dengan santai apakah dia pernah melihat apakah ada cairan yang lengket di celana dalamnya.

Tarik nafas dan semangat ya untuk memberikan penjelasan kepada sang buah hati bahwa tubuhnya sedang berkembang menjadi wanita sebelum menstruasi pertama datang.

Berdasarkan penelitian kuantitatif yang dilakukan oleh Unicharm, lebih dari separuh anak perempuan menjawab bahwa mereka tidak berbicara tentang keputihan dengan keluarga karena malu atau tidak tahu harus berkata apa; mereka merasa gugup atau bingung saat pertama kali melihatnya. Sayang sekali, bukan?

Nah, pastikan Anda memperhatikan perubahan fisik mereka dan menciptakan lingkungan yang aman dimana Ia dapat dengan mudah berbicara ketika Ia mengalami keputihan. 

Perkenalkan putri Anda kepada sebuah pembalut khusus keputihan, yaitu pantyliner. Jika sudah terbiasa menggunakan pantyliner, Ia akan lebih mudah untuk memakai pembalut ketika menstruasi pertamanya nanti. Pantyliner yang kecil dan tipis ini tentunya lebih nyaman daripada pembalut dan menjadi langkah yang tepat untuk memperkenalkannya produk-produk wanita lainnya; serta menyadarkan bahwa menstruasi pertamanya akan segera datang.

Pembalut keputihan (pantyliner)

Bagaimana cara membuka percakapan tentang menstruasi pertama?

Hal ini tergantung dengan bagaimana putri Anda memandang menstruasi. Misalnya, pendapatnya bahwa menstruasi itu menakutkan, atau mengalami menstruasi setiap bulan adalah hal yang dapat membuatnya melihat menstruasi secara negatif. Itulah mengapa peran Anda menjadi sangat penting untuk menjelaskan kepadanya bahwa menstruasi pertama adalah peristiwa yang luar biasa menakjubkan karena itu adalah bukti bahwa ia telah tumbuh menjadi seorang wanita yang sempurna.

Meskipun Anda cukup memahami bagaimana menstruasi bekerja, tidak selalu mudah untuk menjelaskannya kepada sang buah hati. Mohon luangkan waktu untuk meninjau ulang hal-hal yang harus dibicarakan dan persiapkan agar Anda dapat untuk berbicara. Semua pernyataannya tak harus dijawab secepat mungkin, tapi pastikan Anda telah berbicara dengan tulus.

Membuka percakapan tentang menstruasi pertama putri Anda 
● Dari orangtua

Walaupun terdengar sepele, membicarakan menstruasi memang bukan hal mudah. Tetap tenang, ada banyak cara untuk membuka percakapan tentang menstruasi pertama. Anda bisa menyinggung ulang tahun dan usianya atau saat memulai tahun ajaran baru. Bisa juga ketika Anda hendak membelikannya bra atau sebelum putri Anda pergi karyawisata di sekolah. Ketika iklan produk kebersihan wanita muncul di TV juga dapat menjadi momen yang baik, lho! Oh ya, daripada menjelaskan langsung semaunya secara mendetail, Anda dapat membicarakannya secara bertahap sambil memperhatikan reaksi putri Anda.

● Dari sisi anak 
Putri Anda mungkin ingin berbicara dengan Anda setelah mendengar hal-hal yang berkaitan dengan menstruasi pertamanya di kelas atau dari seorang teman. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk membicarakan perihal menstruasi dengan jelas dan menanyakan tentang apa yang telah diketahui dari kelas atau teman. Pikirkan tentang apa yang mungkin Ia tanyakan dan untuk apa. Sebagai orang tua, cobalah untuk memberikan jawaban yang tepat, ya!

Belajar dari pengalaman orang tua lainnya

  • Sejak Saya masih muda Saya selalu berpikir tentang bagaimana cara untuk berbicara dengan anak perempuan tentang menstruasi jika Saya memiliki anak perempuan suatu hari nanti. “Meskipun menstruasi itu menyulitkan dan sakit, kamu akan menjadi wanita yang cantik, jadi itu bukan hal yang negatif” Itulah yang Saya katakan kepada mereka. (Kirana, 52 tahun)
  • Saya hanya tersenyum dan mengatakan kepadanya bahwa ini adalah langkah pertama menuju kedewasaan. Pada saat itu Ia tampak cukup khawatir, jadi Saya menatap matanya, berbicara perlahan, dan meyakinkannya. (Yuliana, 47 tahun)
  • Aku memberi tahu putriku bahwa menstruasi pertamanya adalah cara tubuhnya mempersiapkan diri untuk menjadi seorang Mama. Oleh karena itu, Ia harus menghargai dan menjaga dirinya sendiri karena sekarang Ia bisa hamil kapan saja. Aku ingat pernah juga mengatakan bahwa kini Ia perlu bertindak penuh bertanggung jawab agar Ia tidak berakhir dengan kehamilan yang tidak diinginkan. (Belinda, 45 tahun)
  • Aku memberi tahu putriku inilah waktunya seorang anak perempuan menjadi wanita seutuhnya dan menstruasi yang terjadi sebulan sekali akan membuatnya memiliki tempat untuk kehamilan. (Ririn, 32 tahun)
  • Kebetulan, waktu itu ada pelajaran tentang menstruasi di sekolah putriku jadi sekalian Aku minta salinan hand-out pelajarannya. Informasi tentang seks untuk perempuan dalam sebuah buku dengan gambar yang menarik, jadi Aku pikir putriku dapat menerimanya dengan sangat mudah. Aku membantunya mempersiapkan menstruasi secara mental dengan menggunakan pantyliner untuk keputihannya sehingga dia tidak bingung jika menstruasi datang tiba-tiba. (Masyhita, 42 tahun)
  • Aku berbicara dengan putriku tentang menstruasi sebelum Ia pergi berkarya wisata dengan sekolahnya. Aku mencoba untuk memastikan bahwa dia tidak akan kaget atau risih ketika Ia berbicara tentang menstruasi bersama teman-temannya, bagaimana menstruasi bisa mendatangkan perubahan dalam hidupnya, dimana menemukan pembalut, memberi tahu apa yang harus dilakukan jika Ia mendapatkannya menstruasi di sekolah, dan lainnya. (Vania, 41 tahun)

Bagaimana caranya berkomunikasi

Meskipun sulit untuk membicarakan perubahan fisik dan menstruasi pertama sang buah hati, penting untuk Anda memberikannya lebih awal agar putri Anda siap secara mental. Berbicara dengan putri Anda tentang kejadian sehari-hari seperti apa yang terjadi di sekolah, temantemannya, sekolah juga dapat membantu Anda menciptakan lingkungan yang membuatnya lebih nyaman untuk membicarakan masalah apapun yang Ia miliki tentang tubuhnya. 

Karena menstruasi pertama putri Anda adalah bukti bahwa dia telah tumbuh menjadi wanita yang bisa mengandung bayi, Ia juga perlu mengetahui bahwa kini Ia harus lebih menjaga dirinya sendiri. Pastikan juga untuk mengawasinya setiap hari agar Anda tidak melewatkan setiap perubahan kecil yang terjadi. Parents pasti bisa!

Hal yang harus diingat! 

Setiap gadis itu berbeda, Parents! Oleh karena itu waktu terbaik untuk berbicara dengannya tentang menstruasi pertamanya juga berbeda. Saat yang tepat untuk memulai pembicaraan itu mungkin ketika Ia pertama kali mengalami menstruasi. 

Dengan melakukan hal ini, Anda juga telah mempersiapkan mentalnya ketika menstruasi datang. 

// 

Sebaiknya pikirkan apa yang ingin Anda bicarakan dan kapan Anda harus melakukannya, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan saat harus berbicara dengan sang buah hati dan membuatnya merasa aman dan nyaman.