Apa sih datang bulan dan menstruasi itu?

Apa sih datang bulan dan menstruasi itu?

3 min read

Hai Charm Girls! Saat seorang perempuan beranjak dewasa, tubuhnya akan melalui serangkaian proses setiap bulan untuk mempersiapkan kehamilan. Jika kehamilan tidak terjadi karena tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan dinding rahim yang menebal akan luruh secara perlahan dan keluar dari dalam tubuh. Inilah yang biasa disebut sebagai ‘datang bulan’, atau dalam bahasa medis disebut ‘menstruasi’.

Mengapa ya perempuan mengalami menstruasi?

Apa sih datang bulan dan menstruasi itu?

Sejak lahir, tubuh kamu terus berkembang. Diawali dengan organ-organ penting seperti jantung, otak, dan paru-paru yang tumbuh terlebih dahulu. Setelah semua organ vital berkembang sempurna, tubuh kamu akan mulai berubah bentuk untuk mempersiapkan kehamilan. Nah, menstruasi menjadi tanda bahwa rahim kamu sudah tumbuh sepenuhnya dan siap untuk menjalani kehamilan dan melahirkan. Kamu pun siap menjadi perempuan dewasa.

Baca Juga : Bagaimana menstruasimu bekerja

 

Apa sih datang bulan dan menstruasi itu?

Menjelang menstruasi pertamamu, perubahan di tubuh kamu akan mulai terlihat. Payudara mulai tumbuh, tubuh jadi lebih berisi, dan rambut halus juga akan mulai tumbuh di bawah lengan dan kemaluan kamu. Secara perlahan, tubuh kamu tumbuh dan berkembang menjadi perempuan dewasa. Nah, menstruasi merupakan salah satu tahapmu menuju kedewasaan. Jadi Charm Girls tidak perlu takut ya, karena tubuh kamu sedang berkembang sebagaimana mestinya. Tetap percaya diri dan nikmati prosesnya :)

Apa sih datang bulan dan menstruasi itu?

Ini loh perbedaan darah menstruasi dan darah lainnya

Darah merah yang keluar saat datang bulan disebut “darah menstruasi”, yang merupakan campuran dari lapisan dinding rahim dan darah. Darah menstruasi hanya mengandung sekitar 10% darah, sisanya adalah lapisan dinding rahim. Sehingga jumlah yang keluar berbeda dibandingkan darah yang keluar saat kamu terluka atau saat hidung kamu berdarah. Jadi, kamu tidak perlu cemas dan khawatir saat sedang menstruasi ya.

Apa sih datang bulan dan menstruasi itu?

Apakah hanya perempuan yang mengalami menstruasi?

Ya, Charm Girls! Hanya perempuan yang mengalami menstruasi. Ini karena perempuan dan laki-laki memiliki organ yang berbeda di dalam tubuhnya. Hanya perempuan yang memiliki organ yang diperlukan untuk melahirkan, seperti ovarium dan uterus/rahim, organ inilah penyebab menstruasimu. Menstruasi dimulai antara usia 10 hingga 15 tahun, dan berlanjut hingga seorang perempuan berusia sekitar 50 tahun.

Siklus menstruasimu merupakan indikator penting

Saat tubuhmu mulai lebih stabil setelah menstruasi pertama, menstruasimu akan terjadi dengan interval yang cukup teratur. Ini disebut 'siklus menstruasi'. Perubahan dalam tubuh dan suasana hatimu akan lebih terlihat selama siklus ini lho.

Apa sih datang bulan dan menstruasi itu?

Payudaramu mungkin akan terasa nyeri dan perut terasa kembung. Kamu juga jadi mudah tersinggung dan kurang nyaman sebelum menstruasi datang. Tapi kamu jangan khawatir ya, karena saat menstruasi berakhir, kamu akan merasakan perubahan positif dalam tubuh kamu, seperti kulit lebih sehat dan mood yang lebih positif.