Cari pertanyaan yang kamu belum tahu jawabannya

Pertanyaan tidak ditemukan.

Ada flek di antara siklus menstruasiku, Aku harus gimana ya?

Jangan khawatir Charm Girls! Bagi sebagian perempuan mengalami flek di antara siklus menstruasi merupakan hal normal. Tapi jika kamu masih melihat adanya flek di antara siklus menstruasimu selama 3 bulan berturut-turut sebaiknya kamu periksa ke dokter kandungan ya. 

Apakah cairan pembersih bagian kewanitaan itu aman?

Hi Charm Girls! Tidak semua cairan pembersih kewanitaan itu aman digunakan lho, cairan pembersih yang memiliki pH basa di atas 7 bisa menyebabkan jamur dan keputihan berlebih karena pH vagina hanya 4,5. Sebaiknya kamu memilih cairan pembersih dengan pH 3- 4,5 agar aman digunakan.

Apakah normal kalau Aku menstruasi 2 kali sebulan?

Menstruasi 2 kali sebulan itu masih dibilang normal, Charm Girls! Karena rata-rata wanita dewasa memiliki siklus menstruasi yang berjarak antara 21 sampai 35 hari, sedangkan remaja memiliki siklus menstruasi 21 sampai 45 hari. Oleh karena itu, jika kamu memiliki siklus menstruasi berjarak 21 hari ada kemungkinan besar kamu mengalami menstruasi 2 kali dalam satu bulan dan itu masih termasuk normal. Tapi kalau misalnya kamu mengalami lebih dari 2 kali menstruasi, sebaiknya kamu periksakan ke dokter ya.

Apa aja sih makanan yang harus dihindari pas lagi ‘dapet’?

Pas lagi ‘dapet’ tubuh butuh nutrisi seimbang Charm Girls. Meskipun beberapa remaja mengalami nafsu makan meningkat, kamu harus menghindari beberapa makanan agar tidak berpengaruh buruk pada tubuhmu, seperti junkfood atau makanan cepat saji. Hindari juga makan makanan dengan kadar garam tinggi, makanan/minuman yang mengandung kafein, makanan dengan lemak tinggi, dan minuman beralkohol.

Apa Aku perlu menyemprotkan cairan pewangi ke vagina pas lagi datang bulan?

Tidak Charm Girls! Kamu tidak perlu menggunakan atau menyemprotkan cairan tersebut ke vagina selama datang bulan, karena dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi akibat keseimbangan bakteri normal di vagina yang terganggu. Jadi gak perlu dilakukan ya.

Apa benar kalau PMS kita jadi suka marah-marah?

Itu benar Charm Girls! Salah satu gejala PMS adalah mood yang tidak stabil karena terjadi fluktuasi kadar hormon reproduksi. Kondisi ini menyebabkan terjadinya respon pada seluruh sistem tubuh, termasuk sistem pengendali emosi. Jadi saat PMS kita jadi mudah marah, tersinggung, gampang nangis/sensitif.

Bagaimana cara memilih pembalut yang benar?

Charm Girls harus memilih pembalut yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada pembalut siang dan pembalut malam, jadi kamu bisa sesuaikan dengan waktu kamu memakai. Kemudian, kamu juga harus memilih daya serap yang sesuai dengan banyaknya darah menstruasimu. Charm memiliki serangkaian produk yang sesuai dengan kebutuhanmu lho! Kamu juga bisa berkonsultasi dengan mama atau orang yang lebih dewasa.

Bagaimana kalau periode menstruasiku lebih dari 7 hari?

Jika menstruasimu lebih dari 7 hari dan darah keluar lebih banyak dari biasanya hingga kamu harus mengganti pembalut tiap 1-2 jam sekali, sebaiknya kamu memeriksakannya ke dokter ya Cham Girls! Karena menstruasi lama merupakan salah satu gejala dari perdarahan rahim yang tidak normal atau abnormal uterine bleeding (AUB). Jadi demi kesehatanmu sebaiknya kamu memeriksakannya ya.

Darah keluar deras selama 3 hari saat menstruasi, apakah normal yaa?

Hi Charm Girls itu normal kok! Beberapa perempuan hanya membutuhkan 3-5 hari sampai darah benar-benar bersih, tetapi sebagian lagi butuh sekitar 7 hari. Tapi jika kamu mengalami menstruasi yang deras dan lama biasanya itu terjadi karena ketidakseimbangan hormon sehingga kamu harus memeriksakannya ke dokter kandungan ya.

Kenapa ya perasaan ingin buang besar pas lagi ‘dapet’ cenderung lebih sering?

Itu karena menstruasimu berpengaruh ke pergerakan perutmu Charm Girls! Beberapa riset menemukan bahwa sepertiga wanita merasakan pergerakan tidak normal selama menstruasi dan banyak yang merasa tidak bisa menahan buang air besar. Jadi ini masih hal yang wajar kok.

Kenapa ya siklus menstruasiku gak lancar?

Hi Charm Girls, menstruasi belum lancar di usia remaja itu wajar kok. Karena tubuhmu masih mengalami perubahan fisik yang dikenal sebagai masa puber, jadi sistem tubuhmu masih mengalami penyempurnaan. Begitu juga dengan sistem reproduksi sehingga belum bisa mengatur menstruasi secara regular dan teratur.

Mengapa Aku selalu iritasi ketika menggunakan pembalut?

Mungkin karena kamu jarang mengganti pembalutmu. Charm Girls harus ingat ya, bahwa menjaga kebersihan dengan sering mengganti pembalut saat menstruasi bisa mencegah iritasi lho. Sebaiknya kamu mengganti pembalutmu setiap 3-4 jam sekali.

Mengapa ya darah mensku menggumpal?

Tenang Charm Girls! Darah mens yang menggumpal itu normal lho, dan sering kali keluar saat mens lagi banyak-banyaknya. Tapi jika kamu melihat adanya gumpalan darah yang sangat besar, sebaiknya kamu menemui dokter untuk melihat apakah ada kemungkinan lain, seperti keguguran atau fibroid.

Pas lagi ‘dapet’ perutku terasa nyeri. Jika minum pereda nyeri aman gak ya?

Minum pereda nyeri aman kok Charm Girls! Tapi kamu harus perhatikan ya: Sebaiknya konsultasikan dulu untuk penggunaan pereda nyeri, jangan sampai kamu melewati dosis wajar ya. Pereda nyeri suka berdampak perih pada lambung jadi sebaiknya sebelum minum pereda nyeri kamu makan dulu. Tapi kalau nyeri perutmu belum juga hilang sebaiknya kamu periksa kembali ke dokter ya.

Saat menstruasi Aku sering banget merasa gak nyaman, apa itu normal?

Tenang itu normal kok Charm Girls! Kabar baiknya, kebanyakan perempuan menemukan bahwa gejala-gejala sakit atau tidak nyaman saat menstruasi akan berkurang di pertengahan usia 20-an atau setelah melahirkan anak pertama. Tapi jika ketidaknyamanan karena menstruasi terus mengganggu aktivitasmu sebaiknya kamu periksa ke dokter kandungan.

Kamu bisa tanya langsung di sini