Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!

Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!

5 min read

Jerawat memang salah satu musuh terbesar banyak orang, apalagi para remaja. Pasalnya jerawat kerap menjadi salah satu tanda perkembangan fisik laki-laki dan perempuan saat memasuki masa pubertas. Selain mengganggu penampilan, beberapa jenis jerawat juga bisa meradang dan memberikan rasa nyeri. Belum lagi jerawat yang sudah kempes bisa menghasilkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

Nggak hanya sering muncul di wajah, ternyata jerawat juga kerap muncul di bagian tubuh lainnya, seperti di area dada, punggung, leher, hingga perut. Walaupun mungkin nggak terlihat secara langsung, tapi tetap saja jerawat di tubuh juga bisa mengganggu.

Baca Juga : Bagaimana sih hubungan menstruasi dan hormon wanita? - Charm Girl's Talk

Mungkin Charm Girls sering bertanya-tanya, apa sih penyebab jerawat di area tubuh?
Penyebab utama jerawat yang tumbuh di wajah atau di area tubuh lainnya adalah karena pori-pori yang tersumbat. Beberapa bagian tubuh seperti wajah, punggung, dada, dan leher, memiliki pori-pori yang cukup banyak dengan berbagai fungsi, yaitu tempat tumbuhnya rambut, keluarnya keringat, serta jalur minyak alami kulit atau biasa disebut dengan sebum.

Nah, ketika tubuh memproduksi minyak berlebih lalu bertemu dengan sel kulit mati, pori-pori bisa tersumbat dan berkembang menjadi komedo. Lalu pori-pori yang dibiarkan tersumbat dan diperparah dengan keringat atau debu bisa memicu jerawat. Jadi, area tubuh mana pun yang memiliki pori-pori bisa beresiko muncul jerawat, layaknya seperti di wajah.

Pada tubuh perempuan, perubahan kadar hormon menstruasi bisa memicu produksi sebum yang berlebih sehingga sering muncul jerawat selama masa menstruasi. Itulah alasan mengapa jerawat juga menjadi salah satu hal yang dialami remaja pada saat mengalami menstruasi pertama. Tapi selain perubahan kadar hormon, jerawat pada tubuh juga bisa muncul karena beberapa alasan lainnya. Berikut penyebab munculnya jerawat pada area tubuh.

Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!
Tubuh Berkeringat

1. Tubuh yang kotor dan berkeringat
Area tubuh seperti dada dan punggung biasanya selalu ditutupi oleh pakaian sehingga mudah lembab dan kotor terutama saat berkeringat. Kondisi ini bisa memicu bakteri mudah berkembang biak, lalu menumpuk bersama dengan sel kulit mati, sebum, serta keringat yang hasilnya akan menimbulkan jerawat. Leher juga merupakan bagian tubuh yang sering berjerawat karena bergesekan dengan rambut yang juga kotor.





2. Gesekan kulit dengan pakaian
Selain karena tubuh yang lembab dan kotor, jerawat juga bisa muncul karena kulit yang sering bergesekan dengan pakaian, tas, atau topi. Kulit yang sering bergesekan atau ditekan dengan baju atau aksesoris tubuh lainnya bisa mengalami infeksi lalu menimbulkan jerawat yang biasa disebut dengan acne mechanica.

Selain itu, mengenakan pakaian terlalu ketat atau berbahan yang nggak menyerap keringat juga bisa menimbulkan jerawat karena membuat kulit sulit bernafas lalu memproduksi keringat dan sebum lebih banyak.

Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!
Berkeringat-Tempat Tidur Kotor

3. Tempat tidur yang kotor
Kalau kamu sudah memperhatikan kebersihan tubuh serta pakaian yang dikenakan tapi masih mengalami jerawat, bisa jadi karena kamu kurang memperhatikan kebersihan tempat tidur nih Charm Girls! Pasalnya, tempat tidur kamu bisa jadi sarang bakteri karena sisa-sisa sel kulit mati dan minyak yang menempel pada sprei, bantal, serta guling yang kamu gunakan saat tidur. Lalu gimana ya caranya untuk mengobati jerawat yang muncul di area badan? Yuk, ikuti tips berikut untuk membantu menghilangkan jerawat dan mencegahnya datang kembali!

Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!
Bersihkan Diri
Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!
Gunakan Pakaian Nyaman
Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!
Gunakan Obat Jerawat

4. Bersihkan diri setelah beraktivitas
Buat kamu yang selalu aktif dan punya segudang aktivitas, jangan lupa untuk segera membersihkan diri setelah melakukan kegiatan yang berkeringat, misalnya saat berolahraga atau beraktivitas di area outdoor. Keringat yang menumpuk dan nggak segera dibersihkan bisa menimbulkan jerawat dan juga masalah kulit lainnya loh! Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan rambut, karena rambut kotor yang tergerai bisa meningkatkan resiko jerawat muncul di area leher dan punggung.



5. Gunakan pakaian yang menyerap keringat
Kalau kamu termasuk orang yang sangat mudah berkeringat, coba gunakan pakaian yang lebih nyaman dan bisa menyerap keringat, misalnya katun. Kamu juga bisa membawa baju ganti saat beraktivitas seharian, sehingga kamu nggak perlu mengenakan pakaian yang basah dan kotor karena terkena keringat terlalu lama.





6. Gunakan obat jerawat
Sama seperti di wajah, jerawat di punggung juga perlu diobati dengan obat jerawat yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya obat jerawat yang dijual bebas di apotek berbentuk krim atau salep. Kamu juga bisa menggunakan sabun tubuh khusus jerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Kedua bahan tersebut dipercaya bisa mengobati jerawat karena mampu mengontrol minyak berlebih pada tubuh.
Kalau jerawat di tubuh kamu sudah cukup mengganggu, sebaiknya ajak orang tuamu untuk berkonsultasi ke dokter kulit ya, Charm Girls! Dokter spesialis kulit akan memberikan diagnosa yang lebih akurat serta obat maupun perawatan yang dibutuhkan.