Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?

Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?

5 min read

Pernah nggak sih, saat sedang asyik-asyiknya beraktifitas seperti biasa; eh, ada sesuatu yang kamu rasakan keluar dari bagian organ intim di bawah sana? Ternyata, benar saja! Ketika kamu periksa, ada darah yang sedikit banget pada pakaian dalam kamu. Pas dihitung-hitung lagi, harusnya masa menstruasi belum berlangsung dan menstruasimu yang kemarin sudah berakhir. Nah, mungkin kamu sedang mengalami ‘Spotting’.

Spotting adalah sebuah kondisi di mana terjadi sebuah pendarahan ringan di dalam rahim kamu, Charm Girls. Biasanya sih hanya berupa darah dalam jumlah yang sedikit kok. Kalo di istilah medisnya sih lebih dikenal sebagai abnormal uterine bleeding atau perdarahan rahim yang nggak normal, bleeding between periods, atau perdarahan di antara dua siklus menstruasi, atau menorrhagia. Tapi, kalau jumlah darah yang keluar emang sedikit banget, itu masih wajar kok, Charm Girls.

Baca Juga : Apa itu keputihan yang gak selamanya berwarna putih? - Charm Girl's Talk

Kamu pasti ingat kan kalo masa menstruasi seharusnya berlangsung antara 2 – 10 hari. Tapi, rata-rata perempuan mengalaminya antara 3 – 7 hari. Selama menstruasi, darah yang dikeluarkan dari rahim sebanyak 30 – 80 mL. Menstruasi terjadi secara berulang sesuai siklus masing-masing perempuan, paling sering adalah 25 hari dan paling jauh setiap 38 hari. Memang beda-beda setiap perempuan, tidak ada yang bisa jadi acuan. Juga tentang kapan terjadi spotting!

Gimana caranya kok spotting bisa terjadi?
Jadi, spotting pada umumnya sih disebabkan oleh beberapa alasan yang beragam, mulai dari usia, fase perkembangan tubuhmu, dan kondisi kesehatan. Ada beberapa yang jadi alasan paling umum terjadinya spotting pada dirimu nih, Charm Girls!

Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?
Mengalami Menstruasi Pertama

1.Baru mengalami menstruasi
Ini sih biasa banget terjadi saat kamu baru mengalami masa menstruasi. Wajar saja, tubuhmu kan masih beradaptasi terhadap perubahan hormon, jadi mungkin saja kamu mengalami bercak atau spotting.

 

 

 

 

Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?
Masalah Sistem Reproduksi

2.Gangguan sistem reproduksi 
Beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem reproduksi perempuan, seperti fibroid, polip, atau komplikasi dari kontrasepsi hormonal juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya spotting, Charm Girls!
 





 

Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?
Tubuh Kurang Nutrisi

3.Kekurangan nutrisi 
Kondisi yang satu ini emang sumber dari segala penyakit, ya, Charm Girls. Sudah pasti ada ketidakseimbangan kalo kamu tidak memenuhi tubuhmu dengan makanan sehat dan bergizi.
Tubuh Kurang Nutrisi



 

Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?
Disfungsi Perdarahan Uterus

 

Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?
Pengaruh Obat-Obatan

 

Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?
Obesitas Penyebab Spotting

4.Perdarahan pada uterus
Selain masalah yang terjadi pada organ reproduksi, mungkin darah yang keluar dari organ intim adalah tanda terjadinya gangguan kesehatan lainnya. Misalnya, Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB) atau Disfungsi Perdarahan Uterus alias masalah pada saluran kencing. Namun, nggak semua perempuan bisa terkena infeksi ini.
Menurut medis, DUB biasanya dialami oleh perempuan yang berusia atas 40 tahun, kok! Jadi, kemungkinanmu untuk mengalami penyakit ini sih harusnya kecil yah!


5.Pengaruh obat 
Wah, ternyata obat-obatan juga bisa menyebabkan beberapa masalah seperti spotting. Beberapa jenis obat seperti obat pengencer darah, obat menambah hormon, obat anti-depresi, dan obat penenang mungkin saja menyebabkan spotting. So, coba cek lagi, apakah kamu sedang meminum salah satu obat tersebut.






6.Obesitas 
Siapa sangka bahwa perubahan berat badan bisa menyebabkan keluarnya darah. Penambahan lemak pada tubuhmu bisa menyebabkan ketidakseimbangan, lho! So, jaga selalu berat tubuhmu melalui makanan sehat dan rutin olahraga agar tetap sehat!






 

Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?
Bahaya Spotting

Spotting berbahaya nggak sih?
Pada dasarnya, spotting tidak berbahaya kok, Charm GIrls. Kan, emang darah yang dikeluarkan tuh sedikit banget dan sebentar juga. Kamu juga nggak perlu memakai pembalut asalkan kamu segera mengganti pakaian dalam yang terkena setetes darah. Ohya, jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih, okay, Charm Girls? 

Namun, apabila spotting diikuti gejala-gejala seperti:
- Pendarahan hebat selama siklus menstruasi
- Masa menstruasi datang nggak teratur
- Sakit perut
- Rasa terbakar atau nyeri pas buang air kecil
- Kemerahan dan gatal pada organ kewanitaan

Kamu harus segera beritahu orang tuamu, Charm Girls. Kamu mungkin butuh perawatan dan pemeriksaan lebih lanjut dari dokter.

Spotting apakah termasuk darah haid atau keputihan?
Keputihan pada Wanita

Lalu apa bedanya spotting sama keputihan?
Dari apa yang keluar saja sudah terlihat bedanya, bukan? Walaupun sama-sama keluar dari organ intim tanpa terduga, spotting pada umumnya mengeluarkan darah, sedangkan keputihan adalah lendir atau cairan bening atau berwarna keputihan. Kalo kamu masih penasaran, boleh buka-buka artikel tentang keputihan lainnya di Charm Girl’s Talk, lho!