Aku memiliki jarak haid pendek normalkah?

Aku memiliki jarak haid pendek normalkah?

4 min read

Halo, cewek-cewek yang lagi otw dewasa! 
Setiap anak cewek yang sudah puber, pastinya akan mengalami menstruasi. Meski demikian, nggak semua perempuan punya jarak haid yang sama; itu sebabnya kenapa datang bulan setiap wanita berbeda. 

Beberapa cewek selalu punya menstruasi yang datang tepat waktu, yang lainnya nggak bisa diprediksi bahkan ada yang memiliki jarak haid hanya 10 hari. Terus, seperti apa jarak haid yang normal itu?

Jadi... 

Rata -rata menstruasi yang normal memiliki jarak 28 hari atau masih dianggap normal juga, bila jarak haid berkisar antara 25 hari sampai 38 hari. Nah, jika jarak haid kurang dari 25 hari, berarti cewek tersebut bisa dikatakan memiliki siklus menstruasi pendek. Kondisi ini membuat beberapa cewek mengalami menstruasi lebih dari sekali dalam sebulan. Apalagi yang punya jarak haid hanya 10 hari, Charm Girls!

Baca Juga : Charm Girls, ini 5 cara menghitung siklus menstruasi!

Emang ada yang punya jarak haid 10 hari? 
Wah, sebenarnya pertanyaan ini harusnya dateng dari Charm Girls yang punya siklus haid 10 hari ya! Nah, kalo ini benar-benar terjadi, hal pertama yang perlu kamu dilakukan adalah mencari tahu apakah darah yang keluar hanya flek atau benar-benar menstruasi. Coba perhatikan ini!

Aku memiliki jarak haid pendek normalkah?
Jarak Haid Normal

1. Pas kamu beneran mengalami masa menstruasi, harusnya pembalut akan penuh setiap beberapa jam sekali. Warna darahnya juga bisa merah terang, merah tua, kecokelatan, atau merah muda. 

2. Ketika mengalami flek, darah yang keluar nggak terlalu banyak. Pembalut yang dikenakan pun tidak akan penuh dan warna darah flek biasanya merah kecokelatan. Pokoknya cuma kaya bercak gitu, Charm Girls! You need time, Charm Girls! Ternyata, anak cewek masih mengalami perubahan hormon drastis selama masa pubertas. So, sejak setelah kamu dapet menstruasi untuk pertama kali, kamu butuh waktu seenggaknya enam tahun untuk mendapatkan pola siklus menstruasi yang lebih teratur, Charm Girls.

Awas, Charm Girls! 
Namun, menstruasi dua kali dalam sebulan baru dianggap nggak normal apabila terjadi akibat jarak haid yang lebih pendek dari 21 hari, apalagi jarak haid hanya 10 hari! Kondisi ini bisa menjadi pertanda kamu sedang sakit atau punya gangguan tertentu, Charm Girls! 

Stress 
Stres adalah masalah paling umum yang bisa bikin menstruasi nggak teratur, dari jarak haid, jumlah darah yang dikeluarkan bahkan rasa sakitnya. So.. curhatin aja ya kalau lagi ada masalah, jangan stress! Hehehe.

Aku memiliki jarak haid pendek normalkah?
Stres Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Berat badan meningkat atau menurun secara drastis 
Menstruasi Charm Girls, juga bisa keganggu gara-gara berat badanmu yang tiba-tiba naik atau turun. Ini bisa terlihat saat dalam waktu singkat kamu gendutan atau kurus banget. Hal ini bisa terjadi akibat pola makan yang buruk, jarang olahraga, stres atau melakukan pola diet yang salah.

Aku memiliki jarak haid pendek normalkah?
Berat badan turun drastis

Fibroid uterus 
Fibroid uterus atau miom adalah tumor jinak pada dinding rahim. Biasanya, tumor ini kecil banget, kaya biji apel; tetapi bisa juga tumbuh hingga berukuran besar. Jika tidak segera ditangani, fibroid uterus dapat menyebabkan perdarahan berat di vagina dan nyeri perut!

Aku memiliki jarak haid pendek normalkah?

Baca Juga : Keluar darah haid menggumpal, normal atau berbahaya tuh?

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) 
Kelainan hormonal yang dapat menyebabkan terbentuknya kista kecil di ovarium ini disebut sindrom ovarium polikistik. Jarak haid kamu bisa nggak teratur, bisa pendek hingga bisa menyebabkan dua kali menstruasi dalam sebulan!

Aku memiliki jarak haid pendek normalkah?
Kista Ovarium

Penyakit radang panggul 
Penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory diseases (PID) adalah infeksi bakteri yang menyerang sistem reproduksi cewek. Infeksi organ reproduksi ini bisa bikin menstruasi nggak teratur atau menimbulkan perdarahan lewat vagina di antara jarak haid.

Aku memiliki jarak haid pendek normalkah?
Penyakit Radang Panggul

Kalo kamu beneran punya jarak haid yang pendek, jangan takut untuk segera beri tahu kedua orang tuamu ya! Segera pergi ke dokter biar tahu apa yang terjadi, nggak boleh ditunda-tunda!