Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!

Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!

7 min read

Ngomongin bumi yuk! 

Charm Girls, kalo kamu lihat dari sudut pandang yang berbeda, bumi ternyata lebih dari sekedar  sebuah planet di tata surya. Bumi adalah sebuah rumah di mana kamu, orang tua, teman teman dan semuanya tinggal. Bumi udah ngasih banyak banget cinta buat kita, air yang bersih,  udara segar, matahari hangat buat berjemur; wah terlalu banyak kalo harus disebut satu  persatu. Manusia membutuhkan bumi lebih dari yang bisa dibayangkan. 

Namun, kini bumi membutuhkan bantuan kamu, lho! Kamu bisa membantu bumi agar tetap  baik-baik saja.  

Semuanya bisa dimulai dari langkah kecil, Charm Girls! Kamu bisa mulai dengan cara yang  mudah kok, seperti di bawah ini: 

1.) Recycle atau Daur Ulang 

Apa sih daur ulang itu? 

Daur ulang adalah proses pengumpulan dan pemrosesan bahan yang seharusnya dibuang  sebagai sampah dan mengubahnya menjadi produk baru. 

Nah, tahukah Charm Girls? Bahwa 25% sampah yang ada di dunia adalah kertas? Maka pemanfaatan kertas bekas, merupakan upaya penghematan terhadap peningkatan  kebutuhan kertas dari serat asli. Dengan mendaur ulang satu ton kertas, kita telah menghemat  17 pohon lho… 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Mendaur Ulang 

Kemudian sampah tertinggi lainnya terdiri dari plastik, kaca, kaleng, kotak hingga karton. Selain  itu barang-barang seperti baterai, cat, oli, ban, dan elektronik bekas yang kamu gunakan juga  perlu dibuang dengan aman dan tidak hanya dibuang ke tempat sampah. 

Jangan membuang sisa cat atau pembersih kimia yang berbahaya ke saluran pembuangan  karena bisa membahayakan orang lain dan juga lingkungan.

2. Donasikan atau Daur Ulang Pakaianmu! 

Ternyata pakaian dan bahan tesktil juga menjadi sampah yang banyak ditemukan setiap tahunnya. Padahal baju yang sudah tidak kamu pakai tapi masih layak digunakan bisa banget  kamu donasikan biar bermanfaat untuk orang lain. 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Donasikan Pakaian

 Kamu juga dapat mendaur ulang pakaianmu dengan membuat beberapa kreasi. Seperti  membuat scarf, membuat dompet serba guna, membuat bandana dan masih banyak lagi  lainnya. 

Atau, kamu bisa mengumpulkan bajumu ke tempat penampungan yang menerima daur ulang  tekstil. Daur ulang tekstil adalah cara untuk menyingkirkan pakaian lama secara berkelanjutan.  Dimana limbah tekstil dijadikan benang daur ulang serta memprosesnya kembali menjadi  barang baru.

3. Belanja Sesuai Etika Lingkungan 

Sebagai konsumen, sangat penting untuk mengeluarkan uang dengan cerdas. Saat kamu ingin  membeli barang, pastikan barang tersebut berasal dari perusahaan yang sejalan dengan nilai  dan etos dalam menjaga lingkungan yang harus memperhatikan sumber dan produksinya ya  Charm Girls. 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Belanja Sesuai Etika Lingkungan 

Seperti Charm Indonesia, yang memastikan bahwa seluruh pembalut Charm diproduksi  dengan metode tanpa penggunaan gas klorin, yang aman digunakan untukmu dan  lingkungan. 

Selain itu jika kamu ingin menjaga bumi, kamu juga bisa mulai membeli barang buatan tangan  yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk meminimalisir kerusakan lingkungan.

4. Pilih Bahan Masak yang Tepat 

Ternyata kita juga bisa lho menjaga bumi dengan memilih bahan masak yang tepat, seperti  menghindari makanan olahan, gula artifisial, dan pengawet yang memiliki waktu expired yang  panjang. Ini bukan hanya menjaga lingkungan tapi juga baik untuk menjaga kesehatanmu,  Charm Girls! 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Memilih Bahan Masak yang Tepat 

Beberapa bahan masak yang terbuat dari bahan berbahaya ternyata bisa menimbulkan masalah  lingkungan karena adanya penggunaan pekerja anak di bawah umur untuk membuat bahan bahan itu lho! 

5. Memilah Produk Skincare dengan Kandungan Baik 

Buat Charm Girls yang mulai belajar memakai make up, belanja kosmetik pastinya  menyenangkan. Tapi kamu juga harus memilih bahan yang aman untuk kulit dan lingkunganmu. Sebaiknya kamu menghindari kosmetik dengan bahan sintesis dan bahan kimia seperti paraben,  ftalat (asam), triclosan, sodium lauryl sulfate (SLS), dan propylene glycol. Kamu bisa mencari  bahan riasan dan perawatan kulit yang tidak beracun. 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Pilih Bahan Kosmetik yang Aman 

Untuki kulit sensitive, kamu harus hati-hati dengan bahan seperti minyak bumi, minyak mineral,  dan wewangian karena bahan tersebut bisa merusak lingkungan serta bisa juga merusak  kulitmu dari iritasi kulit hingga reaksi alergi.

6. Kurangi Makan Daging 

Kamu gak perlu berhenti makan daging seumur hidup kok, tapi setidaknya mulai berkomitmen  untuk menguranginya. 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Kurangi Konsumsi Daging 

Seperti kata Jonatan Safran Foer seorang penulis asal Amerika yang menganjurkan  pengurangan daging dalam pola makan seseorang. Dengan menjalani pola makan tanpa daging  1 hari dalam seminggun yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi daging hingga 15% untuk  kesehatan tubuh kita dan planet bumi tercinta. 

Kenapa demikian? 

Ternyata peternakan merupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim. Dengan  adanya peternakan juga mengurangi jumlah pohon yang berguna untuk menyerap karbon. Hal  ini karena mereka harus menebang pohon-pohon untuk membuat peternakan. Ini yang membuat ilmuan memutuskan bahwa dengan mengurangi konsumi daging bisa  mengurangi perubahan iklim.

7. Konsumsi Makanan Lokal 

Mengkonsumsi makanan dari sumber lokal ternyata lebih bergizi, lebih segar sekaligus  mendukung ekonomi dan pertanian di Indonesia loh! 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Kurangi Konsumsi Daging 

Charm Girls bisa mulai membeli produk di pasar lokal atau membeli tangkapan ikan dari  perairan Indonesia. Coba deh buat makan makanan hanya yang segar dan hanya yang  diproduksi di sekitar kita, selain lebih terasa fresh, efek makanan yang dikirim ratusan atau  ribuan mil memiliki jejak karbon yang tinggi. Tentunya ini kurang baik untuk tubuh kita Charm  Girls.

8. Lakukan Meditasi 

Buat banyak orang life is busy and hectic. Buat kamu yang juga mulai sibuk dengan berbagai  aktivitas pastinya juga mulai merasakan hal tersebut. Supaya pikiran kita tetap fresh dan gak  marah-marah hingga merusak lingkungan, kamu bisa melakukan meditasi untuk menenangkan  tubuh dan pikiranmu. Kamu bisa mencobanya, terutama saat kamu lagi mengalami hal yang  bikin kamu khawatir dan membuatmu banyak berpikir! 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Lakukan Meditasi 

Cobalah buat lakukan meditasi di studio meditasi, melalui aplikasi seperti InScape atau  Headspace, atau lakukan meditasi di rumahmu yang tenang dengan hanya menutup mata  sambil duduk diam untuk fokus pada hal berharga yang kamu pikirkan. Bikin kamu nambah  tenang dan bahagia deh Charm Girls! 

9. Berhenti Membeli Barang Nggak Berguna 

Menghabiskan banyak uang untuk hal-hal yang gak kita butuhkan mulai dari dari makanan,  kosmetik, benda-benda sampai pakaian sebagian besar hanya akan berakhir di tempat sampah.  Nah, untuk menjaga bumi kamu bisa batasi semua pembelian ke barang yang lebih fungsional,  coba deh cari barang tahan lama sebagai pengganti barang sekali pakai. Kalau kamu udah  terlanjur beli barang yang sebenernya gak kamu butuhkan, kamu bisa mendonasikan barang  tersebut agar bisa dimanfaatkan oleh orang lain. 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Tidak Membeli Barang Tak Berguna

10. Bawa Botol Minum Sendiri 

Penggunaan botol air plastik gak hanya mengandung bahan kimia yang bisa menganggu  hormon seperti BPA, tapi juga boros dan bisa mencemari laut kita karena sinar UV dan garam  menyebabkan botol plastik terurai dan melepaskan BPS, Phtalates, PCB, dan DDT ke dalam air  yang bisa mencemari lingkungan. Nah, supaya hal itu gak semakin banyak terjadi kamu bisa  gunakan botol plastik keras yang terbuat dari bahan logam, kaca, daur ulang yang dapat  digunakan kembali. Kamu juga bisa pilih warna dan pola yang keren dengan berat ringan biar  mudah di bawa ke mana-mana, Charm Girls. 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Membawa Botol Minum 

11.Ingat Dimulai dari Langkah Kecil! Pilih Pembalut Charm Safe Night 35 cm Eco Package   

Sebagai cewek, kamu pasti akan mengalami masa menstruasi. Memilih pembalut yang tepat  untuk digunakan adalah bentuk langkah kecil untuk menjaga lingkungan. 

 Yuk jalani Ethical Living bersama pembalut Charm!
Pembalut Charm Safe Night 35 cm Eco Package  
Kemasan 100% Kertas Daur Ulang 

Kamu bisa memulainya dengan memilih pembalut Charm Safe Night Eco Package ini karena  menggunakan kemasan yang berasal dari 100% bahan daur ulang, sehingga secara nggak  langsung pastinya kita jadi bisa membantu menjaga bumi tercinta. 

Oh ya… untuk cobain produk ini, kamu bisa kunjungi 

platform online shop 

kesayangan kamu  yaa, Cham Girls.. :D