Ini penyebab miss v perih saat masa menstruasi!

Ini penyebab miss v perih saat masa menstruasi!

4 min read

Sepanjang usia Anda, pasti sudah banyak masa menstruasi yang dijalani. Tentunya, Anda sudah  melalui banyak PMS yang disertai nyeri yang bermacam-macam. Mulai dari rasa nyeri pada  payudara, sakit kepala, sakit otot, kram perut, dan jerawatan; namun ternyata ada beberapa  wanita yang mengeluhkan nyeri dan perih pada vagina saat menstruasi. 

Apakah Anda tahu penyebab miss v perih saat menstruasi? 

Vagina adalah organ reproduksi wanita yang berada di dalam tubuh dan terhubung dengan  bagian terluar yang bisa dilihat disebut dengan vulva. Fungsi dari vagina adalah sebagai saluran  persalinan, tempat masuknya sperma ke rahim hingga saluran keluarnya darah pada saat masa  menstruasi. 

Di Indonesia sendiri, seorang wanita biasanya menggunakan pembalut untuk menampung  darah yang keluar. Pada beberapa orang dengan kulit sensitif, bahan pembalut dapat  menyebabkan alergi atau iritasi, sama halnya dengan personal care lainnya, pembalut  merupakan sebuah produk yang kadang sesuai untuk 1 orang dan tidak sesuai dengan orang  lain. Alhasil ada yang gatal, iritasi, bahkan ada yang sampai menyisakan ruam. Hal ini bisa Anda atasi dengan memilih pembalut dari Charm yang sudah mendapatkan izin dari  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan tersedia dalam banyak pilihan yang dapat  disesuaikan dengan berbagai macam jenis kebutuhan!

Baca Juga : Charm Girls, ini 5 tips menjaga kebersihan vagina saat masa menstruasi!

Selain itu, saat haid, kondisi vagina akan lebih lembab daripada biasanya. Hal ini menyebabkan  kondisi vagina lebih mudah terserang infeksi bakteri atau jamur, dan itu juga bisa memicu rasa  panas dan perih. Selain itu, vagina juga biasanya akan terasa gatal. Seharusnya, dengan rajin  mengganti pembalut, hindari menggaruk atau menyentuh vagina saat tangan tidak bersih, dan  menjaga kebersihan vagina ketika masa menstruasi, masalah ini akan teratasi.  

Sedikit rasa sakit adalah hal yang umum, tetapi jika rasa sakit itu signifikan, mengganggu hidup  Anda, atau terjadi di luar periode, mungkin ada kondisi lain yang menjadi alasan pada nyeri  vagina atau vulva, seperti: 

1. Pembengkakan 

Area panggul mungkin mengalami pembengkakan selama masa menstruasi karena tubuh Anda  harus menahan lebih banyak cairan dari hormon yang berkaitan dengan menstruasi. Apalagi,  jika Anda memiliki riwayat varises di vulva atau vagina. 

Ini penyebab miss v perih saat masa menstruasi!
Pembengkakan Vagina  

2. Perubahan hormonal 

Hormon yang bertanggung jawab atas nyeri haid dikenal sebagai hormon prostaglandin dan  dapat mentransfer rasa sakit ke vagina, paha, atau pantat karena tetapi saraf panggul. Fluktuasi  hormon seperti estrogen dan progesteron juga dapat menyebabkan nyeri vagina dengan  membuat perubahan pH vagina yang membuatnya lebih sensitif. 

Ini penyebab miss v perih saat masa menstruasi!
Nyeri Vagina karena Perubahan Homonal

3. Vaginitis 

Vaginitis adalah peradangan vagina yang disebabkan oleh vaginosis bakterial atau infeksi jamur.  Gejala vaginitis inilah yang membuat perubahan pH vagina selama menstruasi dan  membuatnya perih dan terasa tidak nyaman. 

Ini penyebab miss v perih saat masa menstruasi!
Peradangan Vagina atau Vaginitis 

4. Hematocolpos 

Hematocolpos adalah kumpulan darah yang tidak dapat mengalir keluar dari rahim karena  cacat struktural bawaan pada vagina, seperti selaput dara yang tidak berlubang. Jika kamu  mengalaminya segera kunjungi dokter untuk melakukan operasi kecil untuk melubangi selaput  dara agar darah menstruasi yang tertumpuk di dalam rahim dapat keluar. 

Ini penyebab miss v perih saat masa menstruasi!
Hematocolpos

5. Endometriosis 

Selain seks yang menyakitkan dan nyeri saat buang air kecil atau buang air besar; pada  penderita endometriosis, jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim, yang  dapat menyebabkan nyeri haid yang parah. Perubahan hormon selama periode tersebut dan  dapat menyebabkan bertambah parahnya nyeri yang gejalanya bisa dikurangi dengan minum  obat pereda nyeri jenis NSAID seperti ibuprofen atau naproxen. Tapi tentu saja semuanya harus  dengan resep dokter ya. 

Ini penyebab miss v perih saat masa menstruasi!
Vagina Perih Setelah Berhubungan 

 Mengingat penyebab miss V perih saat masa menstruasi tidak diketahui secara pasti, maka  kondisi ini harus Anda perhatikan dengan baik. Jika perih dan vagina yang tidak nyaman sangat  terasa mengganggu, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan  yang tepat tergantung pada tingkat keparahannya.