Darah menstruasi hitam ada gumpalan! Kok bisa?

Darah menstruasi hitam ada gumpalan! Kok bisa?

3 min read

Walaupun sedikit seram, nggak ada salahnya kamu ngintip darah yang ada di pembalut kamu  saat lagi masa menstruasi! 

Perhatikan darah yang ada, bagaimana bentuknya, apa warnanya dan aromanya?! Khususnya  untuk warna darah menstruasi hitam yang mungkin keluar saat kamu menstruasi, Charm Girls. 

Nah, kamu pernah nggak ngeliat hal tersebut di pembalut yaitu darah yang menggumpal dan  berwarna hitam. Darah menstruasi hitam dan menggumpal, bisa dikatakan normal karena  darah tersebut tersimpan di dalam tubuh lebih lama. 

Untuk bentuknya sendiri apakah cair atau menggumpal, hayo? Nah, hal itu karena tubuh kita  biasanya melepaskan zat pencegah pembekuan darah, namun pas jumlah darah menstruasi lagi  banyak-banyak, zat tersebut biasanya tak memiliki cukup waktu untuk mencegah pembekuan  darah; kewalahan dia! Jadi aja, haid keluar gumpalan darah hitam. 

Baca Juga : Darah menstruasi hitam, serem nggak sih?

Haid keluar gumpalan darah hitam ini biasanya sih terjadi pas hari awal haid, antara hari  pertama hingga ketiga. Idealnya, haid berlangsung 5-7 hari. Terlebih buat cewek yang sering  darahnya keluar banyak saat haid, gumpalan darah ini bisa keluar lebih banyak lagi, deh!

Nah, kalo darah menstruasi hitam terlalu lama! 

Pas haid keluar gumpalan darah hitam seperti agar-agar juga bisa menandakan kalo tubuhmu  mengalami sesuatu. Faktor hormonal dan fisik akan berpengaruh terhadap hal ini, Charm Girls.  Beberapa kondisi yang mungkin terjadi! 

1. Obstruksi rahim 

Kamu bakal merasa lagi mengalami perdarahan hebat. Ini adalah kondisi penyumbatan rahim  yang berakibat tekanan pada dinding rahim cenderung berlebih. Konsekuensinya, gumpalan  dan jumlah darah yang keluar saat haid jauh lebih banyak. 

Darah menstruasi hitam ada gumpalan! Kok bisa?

2. Fibroid 

Penyebab utamanya sih, belum diketahui pasti, namun fibroid tuh ada hubungan erat sama  faktor genetik serta hormon seperti estrogen dan progesteron. Umumnya, fibroid rahim  bersifat non-kanker. Ini adalah kondisi ketika ada tumor yang tumbuh di dinding rahim. Selain  volume darah lebih banyak saat haid, gejala lain yang menyertai adalah nyeri punggung, nyeri  saat berhubungan seksual, isu fertilitas, hingga kondisi perut yang menonjol.

Darah menstruasi hitam ada gumpalan! Kok bisa?

3. Penyakit Von Willebrand 

Namanya, ribetnya sih… Penyakit Von Willebrand juga bisa mengalami menstruasi yang lama  dengan volume darah lebih banyak dan haid keluar gumpalan darah hitam. Penyakit ini cukup  langka, ditandai juga dengan mudahnya mengalami perdarahan seperti pada gusi atau ketika  terluka. 

Darah menstruasi hitam ada gumpalan! Kok bisa?

Haid Keluar Gumpalan Darah Hitam 

Ada caranya kalo kamu pengen darah menstruasi hitam nggak terjadi! Nggak usah panik dulu, supaya siklus haid kembali normal, berikut cara mengatasi menstruasi  tidak teratur yang bisa dilakukan di rumah dan nggak perlu obat-obatan, Charm Girls! 

Sederhana aja, kok, Charm Girls! Jaga kondisi tubuh dengan banyak buah dan sayur, minum air  putih minimal 2 liter per hari, berolahraga teratur misalnya yoga atau berenang. Jangan stress,  happy dan senyum terus sambil menjaga berat badan agar tetap ideal. 

Kalo cara-cara di atas nggak bisa mengatasi haid keluar gumpalan darah hitam, cobalah untuk  berkonsultasi dengan dokter. Take care of yourself, Charm Girls. Kalo kamu mengalami darah  menstruasi hitam dan menggumpal; coba dicatat gejala apa aja yang kamu rasain. Kasih tau  juga ke Papa dan Mama. 

Sebelum bertemu dokter, sebaiknya kamu siap-siap terlebih dahulu. Buatlah daftar gejala yang  kamu alami dengan sespesifik mungkin. Jangan malu, dokter sudah terbiasa menangani  berbagai kondisi supaya dokter dapat menyarankan pengobatan yang dapat dilakukan dan  mengetahui alasan kenapa haid keluar gumpalan darah hitam!