Penyebab berat badan naik saat masa menstruasi

Penyebab berat badan naik saat masa menstruasi

3 min read

Ngeliatin timbangan di masa menstruasi emang bikin hati dag-dig-dug~ Namanya juga anak cewek, pasti pengen punya penampilan yang pas, Charm Girls! Apalagi  urusan berat badan. Nah, tahukah kamu kalo ternyata masa menstruasi tuh bisa ngaruh sama  berat badan? Berat badan naik saat haid sebetulnya adalah hal yang normal dan merupakan  gejala fisik dari sindrom pramenstruasi! 

Kok bisa sih, apa yang terjadi pas berat badan naik saat haid? 

1. Perubahan hormon pas masa menstruasi ngaruh banget ke peningkatan nafsu makan  kamu.  

Nafsu makan kamu diatur oleh dua jenis hormon, yaitu ghrelin si pemicu nafsu makan yang  diproduksi di lambung dan leptin yang diproduksi di sel leman untuk menekan rasa lapar.  

Perubahan hormon tubuh bisa mengacaukan kerja kedua hormon lapar ini, sehingga lambung  memicu pelepasan hormon ghrelin yang lebih banyak sementara produksi leptin justru direm.  Nafsu makan yang lebih tinggi tentu bisa menjadi penyebab berat badan naik saat haid.  Pantesan, beberapa cewek bawaannya makan dan ngemil mulu, kan, Charm Girls.

2. Kembung atau bloated

Perut kembung disebabkan oleh perubahan hormonal yang meningkatkan gas di saluran  pencernaan dan retensi air di perut. Sementara itu, kram perut disebabkan oleh pelepasan  prostaglandin oleh rahim yang membuatnya berkontraksi. 

Penyebab berat badan naik saat masa menstruasi
Perut Terasa Kembung 

Terjadinya retensi air dan garam pada periode menstruasi tak lain disebabkan oleh  progesteron. Hormon ini mengaktifkan hormon aldosteron yang membuat ginjal menahan air  dan garam. Namun berita baiknya, retensi ini nggak berarti berat badan naik saat haid, paling  cuma berasa jadi agak gendut aja, gitu, Charm Girls! 

3. BM ini itu! 

Bayangin deh, boba milk tea, buah asam, makanan pedas, dan semua makanan yang kamu suka  dan rasanya harus nikmatin itu segera mungkin! Pasti pernah, kan, Charm Girls?  

Perubahan hormonal selama menstruasi juga bisa membuatmu makan berlebihan dan berat  badan naik. Pasalnya, seminggu sebelum haid, kadar progesteron yang juga merupakan  perangsang nafsu makan meningkat. 

Penyebab berat badan naik saat masa menstruasi
 Penyebab Berat Badan Naik Saat Haid

Sebaliknya, hormon estrogen yang mengatur serotonin atau neurotransmitter yang mengontrol  suasana hati dan mengurangi nafsu makan malah menurun tepat sebelum menstruasi. Padahal,  serotonin yang rendah dapat meningkatkan keinginan untuk makan gula, karena makanan yang  tinggi karbohidrat membantu tubuh membuat serotonin. 

4. Pencernaan ngaruh! 

Pelepasan prostaglandin juga menyebabkan kontraksi otot di rahim dan usus, sehingga kamu  mungkin mengalami nyeri panggul dan perut, serta diare karena keseimbangan cairan dan  elektrolit di usus halus menjadi terganggu. Susah poop atau sebaliknya, diare akan terjadi. 

Penyebab berat badan naik saat masa menstruasi
Pencernaan Bisa Terganggu Saat Haid 

Tenang aja, berat badan naik saat haid nggak bakal permanen kok! 

Pas kamu udah mulai menstruasi, kadar estrogen akan mulai menurun ke tingkat normalnya  sehingga berat badan air pun bisa semakin kempes. Namun tentu angka di timbangan bisa  menetap atau bahkan semakin naik, apabila selama PMS dan menstruasi kalo tetap makan  banyak. Yuk, bisa, yuk tahan godaan makanan-makanan junk food dan banyak gula yang kurang  sehat! 

Kalo emang kamu ngerasain berat badan dan pencernaan kamu beneran nggak nyaman bahkan  sakit, segera hubungi dokter yah!  

Kadang-kadang, berat badan naik saat haid tuh cuma perasaan kamu aja, kok. Nggak bakal  terlalu kelihatan. Kamu tetap cantik, kok! Namun bijaknya, tetaplah melakukan diet, aktif  bergerak, dan pola hidup sehat bahkan saat berada dalam masa PMS untuk tetap membuatmu  sehat, ceria, dan percaya diri, Charm Girls!