Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

6 min read

Saat putri Anda mengalami menstruasi pertamanya, bagaimana Anda akan memilih produk kebersihan wanita untuknya? Ada berbagai macam fungsi dan ukuran untuk produk yang tersedia di pasaran dan situasi ini mungkin membingungkan, bahkan untuk orang dewasa yang memiliki banyak pengalaman dengan menstruasi. 

Memilih produk kebersihan wanita yang sesuai dengan putri Anda akan membantu mereka berpikiran positif tentang menstruasi dan membuat Ia tetap semangat melanjutkan rutinitas harian mereka baik di rumah atau di sekolah.

Baca Juga : Bagaimana cara menggunakan pembalut? (Cara memasang dan membuangnya) - Charm Girl's Talk

Masalah dan pertanyaan yang mungkin dimiliki sang buah hati mengenai menstruasi 

Kami bertanya kepada anak perempuan. 
Q: Apakah mereka mengalami masalah untuk menjalani aktivitas di sekolah karena menstruasi?

Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

Kami bertanya kepada orang tua. 
Q: Apakah mereka mengetahui bahwa sang buah hati mengalami masalah untuk menjalani aktivitas di sekolah karena menstruasi?

Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Unicharm dalam pertanyaan apakah anak perempuan mengalami masalah atau tidak karena menstruasi mereka saat berkegiatan di sekolah, 70% anak perempuan mengatakan mereka pernah mengalami masalah. Sekitar 44% dari orang tua mengatakan bahwa mereka telah mendengar dari anak perempuannya bahwa mereka pernah mengalami masalah. Jadi dibandingkan dengan jumlah anak perempuan yang mengatakan bahwa mereka pernah mengalami masalah, hasil yang kami lihat adalah bahwa pengakuan dari orang tua cukup minim. 

Seperti anak perempuan yang mengalami masalah mengenai menstruasi dan tidak dapat berkomunikasi dengan orang tua dikarenakan merasa malu dan tidak tahu cara membuka pertanyaan. Yah, topik ini memang tidak mudah mereka bicarakan dengan orang tua.

Memilih produk kewanitaan untuk putri Anda 

Q: Bagaimana Anda memilihkan produk kewanitaan untuk sang buah hati?

Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Unicharm dalam pertanyaan produk apakah yang anak perempuan pakai, lebih dari 44% orang tua menjawab “Putriku menggunakan produk yang Aku pilih”. 

Mungkin ada orang tua yang sejak awal sudah menyesuaikan produk yang mereka gunakan dengan anak perempuan mereka dan ada juga yang menggunakan produk yang sama pada awalnya tetapi kemudian memilih sesuatu yang sesuai dengan preferensi anak perempuan mereka berdasarkan kehidupan sekolah mereka sendiri atau jenis kulit mereka dan lainnya. 

Tentu saja juga akan ada anak perempuan yang menggunakan produk yang sama dengan ibunya dan langsung merasa nyaman. Namun jika mereka mengalami ketidaknyamanan atau memiliki beberapa kekhawatiran, mungkin cukup sulit bagi mereka untuk membicarakannya. 

Ada baiknya jika Anda berdiskusi produk kewanitaan yang mereka gunakan saat ini cocok atau tidak, ya Parents!

Bagaimana memilih produk yang menunjukkan kepada putri Anda bahwa Anda peduli?

Ada pertimbangan yang dihadapi ketika melihat banyak variasi ukuran dan fungsi yang berbeda untuk sebuah produk kebersihan wanita. Ketika benar-benar dihadapkan pada produk yang diperjualbelikan di sebuah toko, pasti sulit bagi Anda untuk mengetahui mana yang harus dipilih. Akibatnya, Anda akan membeli produk yang selama ini Anda gunakan. Mari kita lihat langkah demi langkah hal-hal yang perlu dipikirkan saat memilih produk untuk putri Anda, Parents!

Langkah 1: Membedakan antara pembalut siang dan pembalut malam

Ada perbedaan besar antara pembalut yang dirancang untuk digunakan pada siang hari dan yang malam hari. Saat menstruasi lebih stabil, akan ada lebih banyak darah di hari ke-1 hingga ke-3 yang menyebabkan kekhawatiran tentang kebocoran. Tidak mungkin kita mengganti pembalut di malam hari, itu sebabnya mengapa pembalut yang dirancang untuk digunakan pada siang hari mungkin tidak dapat menyerap jumlah darah menstruasi yang dikeluarkan saat tidur.

Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

Pembalut malam dirancang untuk menyerap lebih banyak dan memiliki ukuran yang panjang, sehingga dapat membantu Anda mencegah kebocoran bagian belakang. Bagi mereka yang kesulitan memilih pembalut, disarankan untuk bertanya kepada putri Anda “Apakah kamu mengalami kebocoran pada malam hari?” dan pilih pembalut malam sebagai langkah pertama. 

Dengan mencegah kebocoran menstruasi di malam hari, Anda akan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencuci seperti sprei, piyama dan pakaian dalam saat di pagi hari nanti. 

Langkah 2: Mengerti bahwa fungsi pembalut sesuai dengan kebutuhan putri Anda 

Pembalut memiliki berbagai fungsi yang beragam daripada hanya sekedar menyerap darah menstruasi. Pembalut dengan sayap atau tanpa sayap adalah fitur yang paling jelas terlihat. Penggunaan pembalut dengan sayap yang dapat dipakai ke pakaian dalam sangat ideal untuk putri Anda yang sering bergerak. Pembalut telah berkembang secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan kenyamanan mereka dalam kehidupan masyarakat. Nah, ada beberapa fungsi berbeda untuk jenis pembalut siang dan malam, jadi kami akan memberikan gambaran umumnya sebagai berikut:

  • Jenis pembalut yang digunakan di siang hari
Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

Lembut di kulit 
Pembalut jenis ini telah dirancang untuk mereka yang memiliki kulit sensitif selama menstruasi. Selain menyerap darah, pembalut ini mengurangi rasa ketidaknyamanan serta memberikan rasa lembut pada kulit.

 

 

 

 

 

 

 

Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

Tipis dan nyaman 
Seperti tidak memakai pembalut, tipe ini cocok untuk mereka yang ingin menghilangkan rasa ‘mengganjal’ pada pakaian dalam, sehingga nyaman dipakai untuk digunakan di siang hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada umumnya, tidak ada anak perempuan yang ingin diketahui bahwa mereka sedang menstruasi di sekolah. Jadi pilihlah jenis pembalut yang sesuai ya, Parents! Dengarkan apa yang paling dikhawatirkan putri Anda selama menstruasi dan temukan pembalut siang hari yang cocok berdasarkan masalah tersebut.

  • Jenis pembalut yang digunakan di malam hari

Daya serap yang tinggi untuk kenyamanan 

Pembalut malam memiliki daya serap tinggi untuk waktu yang lama. Pada umumnya fungsinya juga mencakup fitur-fitur yang umum pada pembalut siang hari seperti kelembutan pada kulit, kenyamanan yang pas dan tidak menghalangi tidur atau mengurangi rasa lecet. Menggunakan pembalut malam juga dapat mengurangi masalah tidur ketika menstruasi.

Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

Langkah 3: Menyingkirkan stigma tentang produk kebersihan wanita

Membantunya memilih pembalut yang nyaman adalah tanda kasih Anda

Meskipun keputihan hanya terjadi menjelang dan setelah menstruasi, penting bagi anak perempuan untuk mengerti tentang kebersihannya tanpa memandang usia. Penggunaan pantyliner untuk melindungi pakaian dalam dari kotoran dan membiasakan diri mereka untuk mengamati kondisi tubuh secara dini adalah sarana yang tepat bagi mereka dalam memahami kondisi fisiknya. Anda sebagai orang tua juga dapat mendeteksi perubahan apapun yang terjadi. 

Total waktu yang dihabiskan oleh seorang perempuan untuk menstruasi seumur hidup seorang adalah sekitar enam tahun sembilan bulan, yang berlangsung selama empat hingga lima hari sekaligus. Ini bukan waktu yang sedikit dan harus dilalui dengan rasa nyaman, jadi memilih produk kebersihan wanita yang sesuai menjadi sangatlah penting. 

Dengan memilih produk kebersihan wanita yang sesuai dengan gaya hidup akan mengurangi kekhawatiran putri Anda tentang menstruasi, hal ini juga menjadi dukungan yang sangat baik bagi mereka. Jadikan diskusi tentang menstruasi dan kehidupan sekolahnya sebagai bagian dari rutinitas normal Anda, sehingga jika mereka memiliki masalah atau kekhawatiran terkait menstruasi, mereka bebas untuk mendiskusikannya dengan Anda, Parents!