Mengenali payudaramu sendiri

Mengenali payudaramu sendiri

6 min read

Selamat untuk para Charm Girls yang sedang berada di masa pubertas! Bertambahnya usiamu ini memang sedikit ajaib lho! Kamu harus bersiap-siap untuk berbagai perubahan yang mungkin saja akan terjadi, tak hanya sifat saja, namun tubuhmu juga.

Masa Pubertas

Perkembangan fisik laki-laki dan perempuan tidaklah sama, Charm Girls. Setiap bagian dari tubuhmu sebagai perempuan memiliki keunikannya tersendiri dalam proses menjadi dewasa. Selain pinggulmu yang akan membesar, tibanya menstruasi pertama, tumbuhnya rambut halus pada area ketiak dan organ intim, kulit mulai berjerawat dan salah satunya yang harus banget kamu tahu, yaitu payudara…


Yuk, kita cari tahu tentang bagian tubuhmu yang spesial satu itu!

Apa itu payudara?


Payudara berada pada bagian tubuh atas yang terdiri dari lemak dan jaringan ikat. Pada payudara juga terdapat lobus, lobulus, saluran ASI, pembuluh darah, dan kelenjar getah bening. Lobus adalah bagian dari payudara yang terbagi lagi menjadi beberapa lobulus, bentuknya seperti akar lho Charm Girls. Kelenjar-kelenjar yang kecil atau disebut lobulus inilah yang akan menghasilkan ASI.


Kerennya lagi, payudara tuh tidak memiliki jaringan otot. Bentuk dan ukuran payudara ditentukan oleh seberapa banyak jaringan lemak. Ohya, payudara juga memiliki banyak saraf, lho, Charm Girls.

Lalu apa fungsi dari payudara?


Siapa yang mulai merasa payudaranya tumbuh? Rasanya cukup aneh ya, Charm Girls? Mau bagaimana lagi, payudaramu adalah bagian terpenting dari kehidupan karena Ia adalah tempat dihasilkannya ASI.

Tumbuhnya Payudara

Apalagi saat kamu telah tumbuh dewasa sepenuhnya dan akan menjadi seorang ibu. Pada kehamilan, payudaramu akan mengalami perubahan lagi seiring hormon yang meningkat! Bisa jadi, payudaramu akan semakin membesar pada masa itu.

Bagaimana sih awal tumbuhnya payudara?


Tanpa disadari, payudaramu telah ada dan tumbuh dari kamu kecil lho, bahkan dari baru lahir. Yuk, kita lihat bagaimana tahapan-tahapannya!

  • Tahap pertama, saat kamu jadi anak
    Saat kamu masih jadi anak-anak, itulah tahap pertama perkembangan payudaramu. Ingat nggak pada saat itu payudara kamu masih datar banget. Hanya puting susu jadi satu-satunya bagian yang menonjol keluar dari dada, itu pun sangatlah kecil dan masih berwarna merah muda.
  • Tahap kedua, payudara mulai muncul
    Tahap ini terjadi dimulai sejak usia 7 hingga akhir usia 14 tahun, mungkin pada saat kamu membaca artikel ini, Charm Girls. Nah, fase ini biasanya berlangsung 2-18 bulan dan kamu akan merasakan sebuah kuncup tumbuh di bawah puting payudara serta bisa terasa seperti benjolan. Benjolan payudara itulah yang menjadi tanda pertama pubertas untuk anak perempuan sepertimu. Ohya, kalau kamu masih merasa sedikit sakit, itu wajar kok, Charm Girls!
  • Tahap ketiga: pertumbuhan payudara
    Di fase ini, payudaramu akan mulai membesar dengan sendirinya. Jika kamu bercermin, pasti akan menyadari adanya sebuah lingkaran yang lebih gelap dari kulit yang hadir di sekitar puting yang disebut areola! Semakin besar payudaramu nanti, maka puting dan aerolamu mungkin akan jadi lebih besar juga, Charm Girls. Fase ini biasanya membutuhkan waktu 2 bulan sampai 24 bulan.
  • Tahap terakhir, payudaramu akhirnya sempurna
    Dan akhirnya, yeay! Payudara akan terbentuk seutuhnya. Puting dan areola menjadi satu kesatuan dan payudara tumbuh ke ukuran dewasa, yang tentunya bervariasi antar perempuan. Nggak ada ukuran dan bentuk yang sama kok, Charm Girls. Pssst, tapi biasanya payudara kiri biasanya lebih besar dari payudara kanan, unik banget, ya! Biasanya, fase ini akan selesai ketika kamu usia 16 tahun, tetapi beberapa anak perempuan lainnya bisa punya waktu yang lebih lama. Kalo kamu tergolong dalam bagian anak-anak perempuan tersebut, enjoy aja ya, Charm Girls!

Apa yang harus dilakukan saat payudaramu mulai tumbuh?


Awkward banget saat merasakan payudaramu tumbuh, seperti ada yang mengganjal pada bagian dari tubuhmu sendiri dan kamu tidak bisa mengontrolnya. Apalagi ketika teman-temanmu sudah terbiasa dengan payudara mereka atau bahkan belum merasakan apa yang kamu rasakan.


Keep calm, Charm Girls! Tarik napas dan berikut ini hal-hal yang dapat kamu lakukan:

  1. Memilih bra dan pakaian dalam


Biasanya anak perempuan akan memulai memakai bra pada umur 11 tahun. Nah, untukmu yang masih belum siap memakai atau belum membutuhkan bra, kamu dapat menggunakan trainer bra atau bra mini seperti mini-set. Mini-set akan membantumu agar terbiasa untuk mengganti pakaian dalam menjadi bra di masa depan nanti.

Selain itu, bra atau mini-set bisa banget menjaga payudara dari pergerakan yang berlebihan. Dan bisa juga mencegah cedera pada jaringan payudara serta membuat postur tubuhmu terlihat lebih baik.


Biar seru, kamu bisa memilih bentuk dan motif mini-set, banyak sekali pilihan yang lucu-lucu di toko dan online shop kok! Kamu pastinya jadi bersemangat untuk memakainya, deh. Ajak orang tuamu atau orang dewasa agar kalian dapat mengukur mini-set atau bra yang tepat dan sesuai.

  1. Perhatikan makanan dan gaya hidup

Karena fase ini penting banget untukmu menjaga kesehatan! Apapun yang kamu makan akan menjadi gizi yang penting untuk tubuhnya. Jadi, makanlah makanan yang sehat, pastikan kamu istirahat yang cukup dan olahraga biar sehat, okay Charm Girls?

  1. Tetap percaya diri

Pertama, kamu harus menyadari bahwa pertumbuhan payudara adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada setiap anak perempuan. Tak ada hal yang aneh dengan hal itu kok. Beberapa anak laki-laki yang nyebelin biasanya akan ada untuk mengejekmu tuh! Tapi, percayalah…. Mereka belum menyikapi perkembangan fisik laki-laki dan perempuan dengan dewasa, tidak sepertimu yang keren, hehehe!. Nikmati proses ini ya, jangan sampai kamu jadi minder dengan dirimu sendiri, Charm Girls.


Kedua, cobalah untuk tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, Charm Girls. Nanti kamu akan menemukan temanmu yang pertumbuhannya lebih cepat daripada dirimu. Harus diingatkan lagi nih, perkembangan fisik laki-laki dan perempuan akan berbeda setiap individunya! Apa yang terjadi pada dirimu, pada payudaramu itu normal kok, tidak pernah terlambat tidak pernah terlalu cepat. You’re on the right track of your own, Charm Girls!

Apakah pertumbuhan payudaraku normal?


Apabila kamu sudah mengalami menstruasi pertama, maka rasa nyeri yang kamu rasakan adalah hal yang wajar banget terjadi. Terutama saat payudara mulai bertumbuh atau selama periode menstruasi. Karena nyeri payudara sering menjadi bagian dari Pra Menstruasi Syndrome (PMS), lho, Charm Girls


Nyeri haid dapat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, termasuk kram, sakit kepala, dan perubahan mood kamu. Tapi nyeri dan kelembutan pada payudara juga terjadi karena alasan lain, kok. termasuk kehamilan. Namun, kondisi kesehatan payudara merupakan salah satu yang harus kamu perhatikan. Salah satunya adalah risiko pada payudara adalah infeksi pada jaringannya dan kondisi tidak biasa, seperti munculnya sebuah benjolan.


Untuk mengetahuinya, kamu dapat memijat-mijat payudaramu sendiri untuk menemukan kista atau masalah payudara non-kanker lainnya; juga dapat membantu mendeteksi kanker payudara. Kalau kamu merasakan sesuatu yang aneh, segera ceritakan orang tuamu agar mereka bisa membawamu ke dokter ya!

Akhir kata, karena kamu sudah beranjak dewasa dan mengerti tubuhmu yang istimewa ini… Pastikan kamu selalu menjaga dan merawat bentuk tubuhmu yang satu ini ya, Charm Girls.

Beranjak Dewasa