Obstetri dan Ginekologi, apaan tuh?

Obstetri dan Ginekologi, apaan tuh?

4 min read

Ketika terjadi berbagai masalah pada tubuhmu, apalagi berkaitan dengan bagian organ intim seperti nyeri haid yang parah, menstruasi terlambat terlalu lama, keputihan yang tidak wajar; pasti kamu membutuhkan bantuan seorang dokter, namun bukan sembarang dokter umum, lho Charm Girls!

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, apaan tuh?

Dalam istilah awam, ada sebuah spesialisasi dalam mengatasi masalah kehamilan dan reproduksi disebut dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang sering dipanggil dengan Obgyn. Coba deh, kamu perhatikan beberapa gelar dokter di klinik. Kamu akan menemukan mereka yang memiliki tambahan SpOG pada nama mereka, Charm Girls!

Nah, yang membedakan antara obstetri dan ginekologi yaitu:
1. Obstetri adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari kehamilan dan persalinan.
2. Ginekologi adalah mempelajari masalah kesehatan organ reproduksi, pemeriksaan, dan memberikan pengobatan.

Pentingnya pergi ke dokter Obgyn
Sebenarnya, kamu nggak perlu alasan khusus untuk mulai pergi menemui dokter kandungan. Coba minta tolong kepada orang tuamu untuk menjadwalkan janji konsultasi pertama ketika kamu berusia 13-15 tahun, atau bisa juga saat kamu sudah mengalami menstruasi pertama, Charm Girls!

Ohya, alasan lain untuk menemui dokter kandungan bisa berupa mendapat perawatan kalau kamu merasakan nyeri haid atau menstruasi tidak teratur, infeksi vagina, atau memeriksakan diri atas infeksi menular seksual (IMS), hingga screening tentang kanker.

Memeriksakan Diri ke Dokter Obgyn

Terdengar seram, ya Charm Girls? Tenang saja, datang ke Obgyn membuatmu tahu gambaran tentang tubuhmu sendiri. Jadi, kalau tiba-tiba ada masalah, kamu akan mendapatkan perawatan sesegera mungkin sebelum terlambat!

Banyak banget anak perempuan yang ingin memeriksakan kondisi kesehatan reproduksinya namun merasa malu atau gugup. Emang apa saja sih yang harus dipersiapkan saat bertemu dengan Obgyn? Apakah nanti dokter akan memberikan banyak pertanyaan?

Konsultasi bersama dengan dokter Obgyn

Saat pertama kali bertemu dengan dokter Obgyn, biasanya dimulai dengan mereka yang akan mengecek kesehatan umum kamu. Seperti mengukur tinggi dan berat badan, dan memeriksa tekanan darah. Baru deh, mereka akan bertanya beberapa hal!

Eits, walaupun kamu merasa malu dan tidak nyaman… Cobalah untuk menjawab pertanyaan dokter Obgyn dengan jujur yah, Charm Girls. Hal ini termasuk tentang, kapan kamu menstruasi pertama, apakah kamu mengalami nyeri haid, bagaimana jarak menstruasi. Pokoknya semua pertanyaan yang dokter Obgyn ajukan, supaya mereka dapat membantumu. Kalau kamu bohong, percuma dong datang jauh-jauh ke dokter Obgyn? Hehehe

Berdiskusi dengan Dokter Obgyn

Pemeriksaan sih biasanya hanya menghabiskan waktu sekitar 20 menit. Jadi, akan lebih baik datang dengan membawa daftar pertanyaan khusus yang ingin kamu diskusikan, Charm Girls. Nggak ada pertanyaan yang aneh kok, kamu bisa bertanya semuanya! Masalah menstruasi, risiko penyakit kelamin, dan lainnya.

Semua dokter Obgyn ini keren banget loh, mereka nggak akan memberikan stigma negatif kepada siapapun pasien yang datang. Bagi dokter Obgyn privasi pasien harus sangat dijaga. Apalagi jika usiamu sudah di atas 17 tahun, kamu berhak untuk tidak didampingi oleh orang tua jika memang menurutnya persoalan kesehatan reproduksi yang dihadapi sangat sensitif. Kalau belum berusia 17, tetap ajak orang tuamu yah!


Tips Memilih Dokter Obgyn


Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan dokter Obgyn yang paling cocok untukmu. Charm Girls, diskusikan hal ini secara mendetail dengan orang tuamu. okay?

1. Cari Referensi
Kamu berhak untuk mencari tahu dokter Obgyn untuk kebutuhan apa, seperti misalnya untuk pemeriksaan rutin atau terdapat hal lain yang membutuhkan kekhususan dalam cara pengobatannya! Kamu bisa mencari testimoni dan review dokter tersebut di internet atau bertanya langsung di klinik/rumah sakit.


2. Dokter Obgyn yang Komunikatif
Komunikasi yang baik sangat diperlukan saat kamu melakukan konsultasi dengan dokter Obgyn. Pilihlah Obgyn yang asyik diajak ngobrol; yang dapat kamu hubungi kalau kamu tiba-tiba berada di kondisi darurat dan bisa menjelaskan dengan mudah. Remember Charm Girls! Kemudahan dan kenyamanan saat konsultasi sangatlah diperlukan!

3. Keputusan Dokter
Perhatikan setiap keputusan yang diambil oleh dokter dan lihat kembali hasil pertemuan Anda dengan dokter tersebut. Kalau kamu merasa keberatan, lebih baik utarakan saja ya, Charm Girls. Sehingga dokter Obgyn dapat memikirkan alternatif lainnya dan kalian berdua akan menemukan titik tengahnya.