5 tanda, ada yang gak beres dengan menstruasimu

5 tanda, ada yang gak beres dengan menstruasimu

5 min read

Teruntuk para Charm Girls yang sudah pernah mengalami masa menstruasi pasti pernah ngerasain nyeri haid seperti bad mood, sakit perut dan mager sepanjang hari, kan? Kita semua sudah tahu bukan bahwa masa menstruasi adalah sebuah fase ketika kamu akan mengeluarkan darah dari organ kewanitaan karena nggak ada pembuahan yang terjadi dan naik-turunnya hormon juga berpengaruh.

 

Gejala Menstruasi 
  • Nah, jadi hal-hal itu masih terhitung wajar, lho, Charm Girls. Uniknya lagi, setiap perempuan; termasuk kamu memiliki periode menstruasi dan gejala menstruasi yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Bisa dari waktunya, berapa lama masa menstruasi terjadi, seberapa banyak yang keluar dan nyeri haid yang dirasakan. Kamu bisa kok sharing kepada mama, tante, kakak di rumah atau bff kamu yang sudah menstruasi untuk tahu jelasnya, Charm Girls.

    Namun, apakah kamu menyadari dari semua yang wajar itu bisa jadi ada beberapa tanda dari menstruasi yang bisa ngasih tahu kalau ada yang nggak beres dengan tubuhmu, Charm Girls. Penasaran? Mending langsung cari tahu yuk!

    1. Gumpalan Darah
    Apa itu gumpalan darah? Gumpalan darah adalah darah yang berbentuk lebih kental seperti lendir. Gumpalan darah tersebut biasanya dipengaruhi oleh senyawa antikoagulan yang tidak bekerja maksimal, sehingga tidak bisa mengencerkan darah pada saat lapisan rahim meluruh. Nah, hal itulah yang membuat darah menstruasimu menjadi bergumpal dan berwarna merah atau merah tua kecoklatan.
Gumpalan Darah


Sebenarnya, gumpalan darah yang keluar di pembalutmu adalah hal normal sih, kecuali kalau kamu sering banget menemukannya dengan ukurannya yang besar! Bisa jadi, itu adalah pertanda bahwa hormonmu sedang tidak stabil atau beberapa penyakit yang lebih berbahaya seperti:
 

  • Miom
    Miom atau fibroid, biasa dibilang seperti tumor non-kanker yang tumbuh pada dinding rahim. Walaupun terdengar mengerikan, miom tidak terlalu berbahaya. Tapi, dapat mengganggu masa suburmu saat kamu dewasa nanti.
  • Endometriosis
    Endometriosis adalah kondisi ketika jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Duh, takut banget; apalagi penyebab Endometriosis tuh sering sekali tidak diketahui dan berbahaya kalau terjadi komplikasi.
  • Kanker
    Ini sih yang paling seram, Charm Girls. Kanker serviks adalah salah satu penyebab mengapa darah bisa menggumpal. Kanker serviks ini adalah tanda bahwa virus HPV (Human Papilloma Virus) sedang menyerang dirimu.
Darah Deras


2. Banyak banget darah yang keluar
Memang untuk hari pertama dan kedua menstruasi pasti darah bakal banyak-banyaknya, tuh, Charm Girls. Untuk mengatasi darah yang deras, kamu juga bisa banget memakai pembalut Charm! Banyak banget pilihan yang bisa kamu pakai sehari-hari, baik itu pembalut siang dan pembalut malam, ada yang pembalut biasa serta pembalut bersayap.

Nah, tapi perhatikan deh… Kalau ciri-ciri darah haid kamu mulai aneh, seperti darah yang keluar banyak banget. Sampai-sampai kamu harus mengganti pembalutmu sejam sekali. Nah, kondisi ini disebut menorrhagia, Charm Girls. Si menorrhagia ini kalau dibiarkan bisa menyebabkan anemia yang membuatmu semakin lemas.

Pastikan kamu makan makanan yang bergizi dan mengandung banyak zat besi untuk menjaga metabolisme tubuh dan memproduksi sel darah merah. Sehingga banyaknya darah merah yang keluar akibat menstruasi bisa tergantikan. Makanan yang kaya akan zat besi bisa kamu dapatkan pada sayur bayam, brokoli, kerang, ikan, daging-dagingan dan… Dark coklat yang enak itu, juga termasuk lho, Charm Girls. Jadi kamu harus banyak memakannya yaa...

3. Masa menstruasi lama banget!
Normalnya sih, masa menstruasi normal bisa berlangsung antara 4-7 hari. Tapi, kalau masa menstruasi kamu tiba-tiba menjadi lebih cepat, ini bisa saja menjadi tanda dari beberapa penyakit, lho Charm Girls. Misalnya ketidakseimbangan hormon, miom atau fibroid yang sudah dibahas di poin sebelumnya, atau polip.

Stres dan gaya hidup kamu juga bisa mempengaruhi panjang dan pendeknya masa menstruasi, Charm Girls. Jadi, cobain untuk rileks sejenak dan lakukan gaya hidup sehat, okay?


4. Demam dan Meriang
Siapa yang pas lagi dapet suka merasa lemas dan pengen ingin rebahan seharian? Tenang, semua anak perempuan juga seperti itu Charm Girls. Tapi kalau tiba-tiba merasa demam dan meriang diiringi sakit perut, kamu harus waspada nih. Bisa jadi itu disebabkan oleh infeksi di area pelvik yang hanya bisa disembuhkan dengan pengobatan.

5. Kram Perut Hebat
Saat masa menstruasi, rahim kamu bakal aktif banget untuk melepaskan dinding rahim yang berarti menimbulkan sedikit rasa kram. Banyak kok anak perempuan yang merasakan sakit perut atau kram perut saat haid yang biasanya akan hilang saat dikompres dengan air hangat, tapi jika kamu sudah melakukannya tapi kram perut gak juga hilang dan terus merasa sangat sakit bahkan ada yang sampai pingsan. Kamu mungkin bisa memiliki gejala fibroid, endometriosis, adenomyosis, penyakit radang panggul (PID), dan penyakit menular seksual (PMS).
 

 

 

 

 


Kira-kira seperti itulah tanda-tanda kalau ada yang salah sama masa menstruasi kamu. Jika kamu merasakan sesuatu yang ada dalam daftar di atas, bukan berarti harus panik, ya Charm Girls. Segera ceritakan masalah itu kepada orang tuamu atau orang di rumah, jadi mereka akan aware dengan apa yang terjadi dan bisa membawamu langsung ke dokter sebelum semuanya terlambat. Nggak perlu takut, kok! Just keep aware, Charm Girls!