Darah haid ada aromanya?! Kenali ciri-cirinya!

Darah haid ada aromanya?! Kenali ciri-cirinya!

4 min read

Charm Girls pasti sering bertanya-tanya, kenapa ya aroma darah menstruasi berbeda dengan darah biasa? Jangan-jangan, ada yang salah sama tubuh kita? Eits, nggak perlu takut! Darah yang keluar selama masa menstruasi memang bervariasi. Walaupun darah haid memang cenderung menyengat dan kurang sedap, ternyata hal itu wajar loh! Kok bisa?

Baca Juga : Mengenal warna-warni darah menstruasi - Charm Girl's Talk

Alasannya karena darah menstruasi nggak berasal dari pembuluh darah seperti darah yang keluar saat kita jatuh dan terluka. Melainkan darah tersebut bersumber dari peluruhan dinding rahim. Selain itu, darah menstruasi juga membawa berbagai macam bakteri dan juga lendir vagina yang menyebabkan bau kurang sedap. Jadi, aroma yang berbeda merupakan ciri-ciri darah haid yang normal, lho.

Tapi, ada beberapa jenis bau darah menstruasi yang perlu kamu ketahui nih, Charm Girls! Pasalnya, beberapa jenis aroma ini mungkin menandakan hal yang salah dalam tubuh kamu. Penasaran, kan? Yuk, kita simak penjelasannya.

Darah haid ada aromanya?! Kenali ciri-cirinya!
Bau Metalik, Bau Tubuh, Bau Busuk, dan Bau Amis

1.Bau metalik atau logam
Darah haid yang berbau metalik atau logam merupakan bau yang umum terjadi saat haid. Kok bisa ya? Soalnya, darah yang keluar pada masa menstruasi mengandung banyak zat besi yang ikut dikeluarkan dari tubuh. Jadi kalau kamu mencium aroma seperti ini pada saat menstruasi, nggak perlu khawatir ya, Charm Girls!

2.Bau tubuh atau ketiak
Kalau kamu mencium aroma kurang sedap seperti bau tubuh atau ketiak pada darah haid, hal itu juga termasuk aroma yang wajar loh! Hal ini dikarenakan vagina kita mempunyai kelenjar keringat bernama apokrin. Nah, darah yang bercampur dengan bakteri dan kelenjar ini menyebabkan bau seperti bau keringat di tubuh atau ketiak.

Namun jika baunya menyengat, bisa jadi kamu belum membersihkan vagina dengan benar sehingga menghasilkan keringat berlebih. Kalau dibiarkan, bisa muncul rasa gatal atau infeksi. So, perhatikan kebersihan vagina kamu ya, Charm Girls!

3. Bau busuk
Bau busuk yang tercium dari darah haid biasanya timbul karena jarang mengganti pembalut. Hayo ngaku deh, siapa di sini yang malas mengganti pembalut secara rutin? Jangan dibiasakan ya! Selain menimbulkan bau busuk, pembalut yang dibiarkan terlalu lama pada masa menstruasi juga bisa membuat kondisi vagina terlalu lembab, sehingga berpotensi menimbulkan gejala gatal, perih, hingga infeksi pada vagina. Jadi, jangan lupa mengganti pembalut secara rutin saat sudah penuh atau setiap 3-4 jam sekali ya, Charm Girls!
 

Darah haid ada aromanya?! Kenali ciri-cirinya!
Menjaga Kebersihan Wanita

4. Bau amis
Banyak yang bilang kalau darah haid yang beraroma amis seperti bau ikan merupakan hal yang wajar. Kira-kira benar nggak ya, Charm Girls? Seperti yang sudah disebutkan di atas, darah yang keluar pada masa menstruasi memang mengandung bakteri sehingga bisa menimbulkan bau nggak sedap seperti aroma amis. Tapi kalau aromanya sangat menyengat, bisa jadi vagina kamu terinfeksi dengan bakteri vaginosis.

Infeksi bakteri vaginosis ini terjadi karena penumbuhan bakteri jahat yang melebihi bakteri baik sehingga mengganggu keseimbangan pH alami pada vagina. Selain menyebabkan darah haid yang berbau amis, infeksi ini bisa juga menyebabkan rasa gatal dan nyeri. Nah, kalau kamu mengalami hal ini, sebaiknya langsung beritahukan orang tuamu agar segera diperiksakan ke dokter ya!

Itu dia beberapa macam-macam darah haid dan jenis aroma yang muncul. Walaupun wajar, aroma yang kurang sedap dari darah haid memang cukup mengganggu. Yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi aroma ini adalah dengan menjaga kebersihan vagina dengan benar. Selalu ganti pembalut dan celana dalam secara rutin serta bersihkan vagina dengan air bersih. Kamu juga nggak perlu menggunakan produk tambahan untuk menghilangkan bau darah loh, karena justru produk tersebut bisa menimbulkan iritasi.

Intinya, selama aromanya masih wajar dan nggak ada keluhan lainnya, Charm Girls nggak perlu khawatir ya! Namun kalau ada hal yang mengganggu, seperti rasa gatal dan nyeri di area vagina, ada baiknya kamu berkonsultasi ke orang tua untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk menghindari bau yang nggak enak, kamu bisa cobain pembalut yang memiliki fitur kece dari Charm, yaitu Charm Cooling Fresh. Dengan ekstrak daun mint, kamu bakalan merasakan sensasi dingin menyegarkan dan juga aroma segarnya yang soft banget. Bye-bye bau deh! Tenang aja, pembalut Charm Cooling Fresh ini sudah memiliki izin dari Depkes, kok, Charm Girls.