Bagaimana ya tubuh perempuan dan laki-laki bekerja?

Bagaimana ya tubuh perempuan dan laki-laki bekerja?

3 min read

Hormon membuat tubuh perempuan menjadi lebih kewanitaan dan tubuh laki-laki lebih jantan. Perubahan ini tidak hanya terjadi di luar tubuhmu tetapi juga di dalamnya. Yuk.. kita lihat bagaimana tubuh perempuan dan laki-laki bekerja, dan perbedaannya seiring dengan pertumbuhanmu. 

Ini dia perubahan pada tubuh perempuan dan laki-laki 

Hormon wanita yang dikeluarkan dari ovarium pada tubuh perempuan membantu rahim berkembang secara bertahap dan membuatnya terlihat lebih kewanitaan.

Baca Juga : Kenapa sekarang banyak bulu tumbuh di tubuhku?

Bagaimana ya tubuh perempuan dan laki-laki bekerja?

❶Payudara membesar, dan tumbuh rambut halus di bawah lengan 
❷Panggul membesar, pantat membulat, dan rambut kemaluan tumbuh 
❸ Organ seks internal berkembang dan keputihan serta menstruasi dimulai 

 

 


Hormon pria yang dikeluarkan dari testis pada tubuh anak laki-laki membantu tubuhnya terlihat lebih jantan. 

Bagaimana ya tubuh perempuan dan laki-laki bekerja?

❶ Otot dan tulang berkembang, membuatnya lebih kuat 

❷ Suara berubah, dan jakunnya membesar

❸ Rambut tumbuh di bawah lengan dan di kaki, dan rambut kemaluan tumbuh 

❹ Organ seks berkembang dan anak laki-laki mengalami ejakulasi pertama 

 

Ini dia perbedaan organ seks anak perempuan dan laki-laki 

Di dalam tubuh anak laki-laki dan perempuan, organ seks berkembang dengan cara yang sama dengan organ lainnya, seperti otak dan jantung. Organ seks memiliki bagian-bagian yang bisa dilihat di luar tubuhmu, dan memiliki bagian-bagian yang tersembunyi di dalam tubuhmu. Yuk.. kita cari tahu perbedaan tentang organ seks ini 

Organ seks anak perempuan

Bagaimana ya tubuh perempuan dan laki-laki bekerja?

❶Uterus/Rahim 

Setelah hamil, ruang yang sangat penting ini melindungi bayi hingga ia lahir. Selaput endometrium di dalam rahim adalah sejenis tempat tidur yang memungkin kan bayi tidur dengan nyenyak. 

❷Telur 

Inilah sumber kehidupan baru. Sekitar sebulan sekali, satu telur dibuat. Telur yang bertemu sperma menjadi telur yang dibuahi. 

❸Vagina 

Area ini menghubungkan rahim ke bagian luar tubuhmu. Bayi keluar melalui area ini saat dilahirkan. Dari sini juga darah menstruasi berasal selama menstruasimu berlangsung. 

❹ Ovarium 

Nah, di sinilah telur disimpan setelah kamu lahir. Terdapat dua bagian, satu di kiri dan satu di kanan. Ovarium membuat telur dan mengeluarkan hormon wanita saat otakmu memerintahkannya. 

❺Tuba Fallopi 

Saluran ini membawa sperma dari vagina ke rahim dan menangkap sel telur yang dilepaskan dari ovarium. Sel telur yang telah dibuahi kemudian dibawa ke rahim melalui saluran ini lho. 

Organ seks anak laki-laki 

❶Testis

Bagaimana ya tubuh perempuan dan laki-laki bekerja?

Ini adalah bagian yang membuat sperma dan hormon pria. Terdapat dua bagian, satu di kiri dan satu di kanan, disimpan dengan aman oleh kantong yang disebut skrotum. Nah, setiap hari puluhan juta sperma baru dibuat di testis. 

❷Penis 

Sperma keluar dari tubuh melalui tabung di penis yang disebut uretra. Inilah yang disebut ejakulasi, dan ejakulasi pertama disebut semen Arche

❸Duktus Seminalis 

Ini adalah tabung yang menghubungkan testis ke uretra. Diameternya sekitar dua sampai tiga milimeter, dan panjangnya sekitar 30 cm lho. 

❹Sperma 

Sperma berbentuk seperti kecebong dan berukuran sekitar 0,06 mm. Mereka melewati vagina perempuan, melewati rahim, dan menunggu di ujung saluran tuba fallopi untuk mencari sel telur. Jika sperma menemukan sel telur, ini akan membuahi sel telur. 

Mengapa tubuhmu tumbuh selama masa pubertas? 

Sperma dalam tubuh laki-laki dan sel telur dalam tubuh wanita diperlukan lho untuk mengandung seorang bayi. Saat pubertas tubuh anak laki-laki siap menghasilkan sperma dan tubuh anak perempuan siap membuat sel telur untuk mempersiapkan sebuah kehamilan. 

Nah, anak laki-laki mengalami ejakulasi pertama di rentang waktu yang sama dengan anak perempuan mendapatkan menstruasi pertama lho. Sebelum kamu menyadarinya, tubuh laki-laki maupun perempuan mulai tumbuh dewasa. Yuk.. pahami dengan benar berbagai perubahan yang terjadi di dalam tubuhmu. :)