Kembali

Edukasi

Mengenal Lebih Tentang Kista Nabothi

Mengenal Lebih Tentang Kista Nabothi


Charm Girls tahu enggak, bahwa di area intim wanita terdapat kelenjar yang berperan penting dalam menjaga kelembapan dan kelancaran hubungan seksual? Kelenjar Bartholin, namanya. 

Namun, kelenjar ini pun tak luput dari masalah, salah satunya adalah terbentuknya kista nabothi. Kista nabothi adalah kista yang terbentuk di permukaan serviks atau mulut rahim. Kista di mulut rahim ini berisi cairan yang berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. 

Kista nabothi biasanya tidak menimbulkan gejala dan tidak berbahaya, tapi untuk beberapa orang juga bisa jadi agak mengganggu kenyamanan. Untuk mengenal lebih jauh tentang kista nabothi, kita juga harus tahu tentang kelenjar Bartholin karena hubungan keduanya yang sangat erat. 

Apa hubungannya kelenjar Bartholin dengan kista nabothi?

Kelenjar bartholin adalah sepasang kelenjar yang terletak di sisi kanan dan kiri pintu masuk vagina. Kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan lendir yang membantu menjaga kelembapan dan kebersihan vagina. Lendir ini juga berperan dalam proses reproduksi, karena membantu mempermudah pergerakan sperma menuju sel telur.

Nah, kelenjar bartholin bisa mengalami penyumbatan akibat infeksi, iritasi, atau peradangan. Penyumbatan ini menyebabkan lendir tidak bisa keluar dan menumpuk di dalam kelenjar. Jika lendir ini mengalir ke permukaan serviks, maka bisa terbentuk kista nabothi. 

Kista nabothi adalah kantung kecil berisi cairan yang menonjol di permukaan serviks. Kista di mulut rahim ini biasanya berwarna putih, kuning, atau abu-abu, dan berukuran antara 2-10 mm tapi bisa membesar hingga berdiameter 4 cm.

Apa yang menyebabkan kista nabothi?

Penyebab utama kista nabothi adalah penyumbatan kelenjar bartholin. Nah, penyumbatan ini bisa dipicu oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Peradangan serviks (servisitis) 

Infeksi menular seksual (IMS) atau iritasi karena zat kimia dari pembersih atau pelumas kondom dapat menyebabkan peradangan pada serviks, yang meningkatkan kemungkinan terbentuknya kista nabothi.

  • Trauma serviks

Proses persalinan dapat menyebabkan trauma pada serviks, yang berpotensi menyumbat kelenjar Bartholin. Saat persalinan, leher rahim bisa terluka. Selama proses penutupan luka tersebut, jaringan bisa saja tumbuh berlebihan hingga menutupi kelenjar serviks tersumbat dan membentuk kista nabothi.

  • Operasi

Charm Girls pernah mengalami cedera atau operasi pada area serviks? Itu juga bisa jadi salah satu faktor penyebab kista nabothi, lho.

Ciri-ciri kista nabothi

Seram juga ya, Charm Girls? Lantas, apakah ada cara untuk mengetahui apakah kamu mengalami kista nabothi atau tidak? Apa ciri-ciri kista nabothi yang bisa kamu perhatikan?

Sayangnya, kista nabothi umumnya tidak menimbulkan gejala dan tidak mengganggu kesehatan. Kista ini juga bukanlah penyebab kanker rahim, tenang saja Charm Girls.

Dalam banyak kasus, kista ini ditemukan secara tidak sengaja saat pemeriksaan Pap smear, pemeriksaan panggul rutin, CT scan, atau MRI. Namun, dalam beberapa kasus, kista nabothi bisa menimbulkan gejala, seperti:

  • Rasa tidak nyaman, gatal, atau nyeri pada vagina atau serviks
  • Vagina terasa penuh atau seperti ada tekanan ringan
  • Keputihan yang berlebihan, berbau, atau berwarna tidak normal diakibatkan cairan kista nabothi yang pecah
  • Kesulitan atau nyeri saat berhubungan seksual
  • Benjolan di mulut rahim yang terasa saat pemeriksaan panggul

Bagaimana cara mengatasi kista nabothi?

Kista nabothi yang tidak menimbulkan gejala dan tidak berbahaya biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Kista ini bisa hilang dengan sendirinya atau tetap ada tanpa menimbulkan masalah. 

Namun, jika kista nabothi menimbulkan gejala seperti di atas, sebaiknya Charm Girls mengunjungi dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan serviks berupa kolposkopi, USG kandungan dan transvaginal, CT scan atau MRI panggul, dan biopsi kista.

Jika hasilnya positif, maka dokter bisa memberikan beberapa pilihan pengobatan, seperti:

  • Pembedahan atau eksisi: Kista dipotong dan dikeluarkan dari serviks.
  • Ablasi elektrokauter: Kista dibakar dengan menggunakan arus listrik.
  • Cryotherapy: Kista dibekukan dengan menggunakan nitrogen cair.

Kesimpulannya, kista nabothi adalah kista jinak yang umumnya tidak berbahaya. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang kista nabothi, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pilihan pengobatan yang tepat, ya!

Charm Girls sudah tahu mengenai kista nabothi dan cara mengatasinya, tetapi apakah kamu juga tahu bahwa produk pembalut yang kamu gunakan bisa mempengaruhi kesehatan organ intim? Oleh karena itu, kamu perlu memilih pembalut yang aman, nyaman, dan berkualitas.

Sudah pernah coba pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal? Pembalut ini merupakan pembalut herbal yang diformulasi spesial dengan daun sirih, manjakani, kunyit, jahe, dan lidah buaya yang kaya manfaat. Salah satunya sebagai antiseptik alami yang mampu memberikan perlindungan higienis, cegah bau.

Kemampuan pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal enggak sampai di situ saja, Charm Girls. Pembalut ini juga memiliki pori serap ekstra yang mampu memberikan absorbansi maksimal, mengunci cairan di dalam. Cegah bocor meski banyak bergerak!

Pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal ini tersedia dalam tiga varian, yakni Wing 23 cm, Non Wing 23 cm, dan Wing 26 cm. Kamu tinggal pilih saja yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Coba pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal dan rasakan perbedaannya!

kista nabothi adalah
kista di mulut rahim
Komentar (0)
A

floating-icon