Kembali

Edukasi

Siapa yang Masih Percaya Mitos Menstruasi? Cari Tahu Disini Yuk Charm Girls!

Siapa yang Masih Percaya Mitos Menstruasi? Cari Tahu Disini Yuk Charm Girls!


Menjadi perempuan banyak mengalami berbagai hal, mulai dari perubahan tubuh yang berbeda, pengalaman menstruasi mendengar berbagai fakta dan mitos tentang haid. 

Larangan saat haid, yang dikenal sebagai masa menstruasi, berkaitan dengan tradisi, kepercayaan, dan anjuran kesehatan. Meskipun banyak kultur memiliki pandangan berbeda, beberapa larangan umum selama masa haid mencakup aspek agama, sosial, dan kesehatan.

Ada anjuran kesehatan yang merekomendasikan beberapa larangan selama menstruasi loh Charm Girls. Salah satunya adalah larangan terhadap aktivitas fisik yang berat, karena tubuh dapat lebih rentan terhadap kelelahan dan ketidaknyamanan selama periode ini. Beberapa ahli kesehatan juga menyarankan untuk menghindari konsumsi makanan tertentu, seperti makanan pedas atau dingin, yang dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh.

Mitos seputar menstruasi sering kali menciptakan pemahaman yang keliru dan stigmatisasi terhadap kondisi alami perempuan loh Charm Girls, maka sebagai perempuan kita harus bijak mengelola informasi yang ada agar perjalanan menstruasi yang dilalui bisa menjadi kondisi yang baik bagi tubuh dan pikiran.

Mitos tentang haid yang tidak boleh dipercaya

  1. Darah haid adalah darah kotor

Darah menstruasi bukanlah cairan tubuh yang ditolak atau cara tubuh membuang racun. Ini adalah kombinasi dari darah sedikit, jaringan rahim, lendir, dan bakteri. Meskipun berbeda dari darah yang terus-menerus mengalir dalam pembuluh darah, darah menstruasi lebih encer dan memiliki lebih sedikit sel darah.

  • Menstruasi memalukan

Jika kita menghentikan pemikiran bahwa menstruasi adalah sesuatu yang menjijikkan, memalukan, dan kotor, mungkin itu tidak akan menjadi krisis kemanusiaan. Menstruasi adalah bagian dari tubuh kita dan pembicaraan normal. Stigma ini perlu diatasi, dan kita tidak seharusnya merasa perlu berbisik tentang kebutuhan tampon atau menyembunyikan tampon di lengan baju. Menstruasi bukan sesuatu yang luar biasa, dan pembicaraan tentangnya juga tidak seharusnya.

  • Keramas saat menstruasi

Salah satu mitos yang beredar di masyarakat adalah bahwa tidak boleh mencuci rambut selama menstruasi karena dapat menyumbat pembuluh darah. Pada kenyataannya ya Charm Girls, tidak ada hubungan antara mencuci rambut dan ketidakaturan menstruasi. Mencuci rambut dengan air hangat bertujuan untuk merilekskan otot kepala, sehingga diharapkan orang yang sedang menstruasi dapat menjadi lebih rileks.

  • Minum soft drink atau minuman bersoda

Mitos lainnya yang sering beredar adalah bahwa mengonsumsi minuman bersoda dapat membuat menstruasi menjadi lancar. Ini belum terbukti secara ilmiah loh Charm Girls. Menstruasi yang tidak lancar disebabkan oleh hormon yang mengatur menstruasi yang tidak seimbang, stres, dan pola makan. Untuk membuat menstruasi lebih lancar, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi, minum air cukup, dan berolahraga dengan rajin.

  • Minum yang dingin

Mitos lainnya adalah bahwa tidak boleh minum minuman dingin selama menstruasi nih Charm Girls. Mitos ini tidak benar. Pada kenyataannya, minum air dingin tidak memiliki efek untuk menunda menstruasi. Keterlambatan menstruasi dapat disebabkan oleh masalah dengan dinding rahim, masalah hormon, dan masalah psikologis seperti stres internal.

  • Tak boleh berenang

Salah satu mitos yang umum adalah bahwa tidak boleh berenang selama menstruasi. Pada kenyataannya, tekanan air di kolam renang tidak akan mencegah darah menstruasi keluar, sehingga berenang tidak akan menghentikan menstruasi.

  • Hindari olahraga

Mitos lain adalah harus menghindari aktivitas atau olahraga selama menstruasi. Ini adalah mitos. Faktanya, olahraga dapat mengurangi gejala menstruasi. Olahraga dapat membuat tubuh merasa lebih baik, fokus lebih mudah, dan memiliki lebih banyak energi. Olahraga juga dapat mengurangi rasa kram, nyeri punggung, dan sakit kepala yang dirasakan.

Apa saja yang bisa dilakukan saat haid

Penting untuk memahami bahwa mitos-mitos seputar menstruasi ini tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Menstruasi adalah bagian alami dari siklus reproduksi wanita, dan aktivitas sehari-hari, seperti mencuci rambut atau berolahraga, tidak akan memiliki dampak negatif pada menstruasi. 

Ada berbagai hal yang bisa perempuan lakukan saat haid, apalagi di momen ini perempuan melalui banyak tantangan seperti nyeri dan kondisi tubuh dan mood yang tak karuan. Menjaga kesehatan tubuh dan kondisi mental yang  baik jadi cara tepat melalui menstruasi dengan positif.

Salah satunya adalah mengoptimalkan waktu tidur, Istirahat malam yang baik memiliki dampak positif selama menstruasi. Beberapa wanita melaporkan gangguan tidur selama menstruasi, dan studi telah menemukan bahwa kekurangan tidur dapat meningkatkan kadar kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal yang dapat meningkatkan gula darah, yang mengganggu ovulasi dan menstruasi. Mengubah rutinitas sebelum tidur dapat membantu menciptakan istirahat yang konsisten dan mendukung siklus hormonal yang sehat.

Kemudian, tetap gerak yuk Charm Girls. Aktivitas fisik melepaskan endorfin yang dapat membantu siklus dan gejala PMS. Tak perlu yang berat, cukup gerakan ringan dengan berjalan kaki atau yoga dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres, mengatasi kram, sakit kepala, dan kecemasan.

Selain itu, pilih makanan yang baik bagi tubuh. Karbohidrat dan makanan manis seringkali menjadi keinginan umum selama menstruasi, tetapi terlalu banyak dapat menyebabkan kembung, penahanan air, konsentrasi buruk, dan iritabilitas. Wanita dengan menstruasi berat mungkin juga mengalami anemia defisiensi zat besi, yang dapat menyebabkan kebingungan, kelelahan, dan perubahan suasana hati. Makan dengan sehat, bersama dengan menjaga kecukupan hidrasi, dapat membantu mengurangi gejala buruk saat menstruasi.

fakta dan mitos tentang haid
fakta tentang haid
Komentar (4)
A

An
Anonymous
Ok
23 days ago
Balas
An
Anonymous
Ok
23 days ago
Balas
An
Anonymous
Ok
23 days ago
Balas
floating-icon