Kembali

Edukasi

Keluar Flek Coklat saat Hamil Muda? Begini Penjelasannya

Keluar Flek Coklat saat Hamil Muda? Begini Penjelasannya


Charm Girls saat perempuan mengalami flek coklat saat hamil muda hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran. Keluar flek coklat saat hamil muda bisa memiliki berbagai penyebab, dan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi ini dapat memberikan ketenangan bagi calon ibu.

Pertama-tama, penting untuk dicatat bahwa flek coklat pada awal kehamilan tidak selalu menjadi tanda yang membahayakan. Hal ini kerap disebut dengan pendarahan implantasi, yakni pendarahan ringan dari vagina yang terjadi pada beberapa orang 10 hingga 14 hari setelah mereka mengandung seorang bayi.

Seseorang mungkin menganggapnya hanya sebagai haid yang ringan, tetapi sebenarnya itu adalah tanda awal kehamilan. Ini tidak berbahaya, dan tidak memerlukan pengobatan ya Charm Girls.

Tetapi pendarahan berat (lebih banyak dari periode biasa) bisa menjadi tanda-tanda masalah. Gerakan sel telur dapat menyebabkan pendarahan ringan atau bercak, yang sepenuhnya normal dan seharusnya tidak memerlukan perhatian medis apa pun. Secara umum, sekitar sepertiga wanita hamil akan mengalami pendarahan implantasi. Meskipun waktu timbulnya mirip dengan periode menstruasi wanita, keduanya berbeda. Pendarahan implantasi lebih ringan daripada pendarahan menstruasi.

Khusus untuk pendarahan implantasi ada beberapa perbedaan dari menstruasi biasa:

  1. Bercak ringan atau aliran sangat ringan berbeda dari menstruasi biasa yang aliran pendarahannya deras dan memenuhi pembalut.
  2. Berwarna pink muda atau coklat sedangkan menstruasi merah terang atau merah gelap
  3. Berlangsung satu sampai dua hari, sedangkan menstruasi biasa bisa sampai tujuh hari
  4. Ada gejala nyeri sedikit, berbeda dengan menstruasi yang nyerinya bisa berat

Pendarahan implantasi dianggap sebagai bagian normal dari kehamilan. Sekitar 25 persen orang hamil akan mengalaminya. Beberapa orang yang mengalaminya mungkin bahkan tidak menyadarinya loh Charm Girls.

Penyebabnya

Beberapa kemungkinan penyebabnya keluar flek coklat saat hamil muda termasuk implantasi embrio, perubahan hormonal, atau gangguan ringan pada serviks.

1. Implantasi Embrio: 

Flek coklat seringkali terjadi saat embrio menempel pada dinding rahim, yang dikenal sebagai proses implantasi. Ini biasanya terjadi sekitar satu hingga dua minggu setelah pembuahan dan dapat menyebabkan keluarnya darah kecil, yang kemudian muncul sebagai flek coklat.

2. Perubahan Hormonal

Selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan hormonal yang signifikan. Peningkatan kadar hormon progesteron dan estrogen dapat memengaruhi pembuluh darah di rahim, menyebabkan keluarnya darah yang muncul sebagai flek coklat.

3. Gangguan Ringan pada Serviks

Pada beberapa kasus, flek coklat dapat disebabkan oleh gangguan ringan pada serviks, seperti iritasi atau peregangan. Ini mungkin terjadi akibat perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan.

Namun, perlu diingat bahwa flek coklat juga bisa menjadi tanda  peringatan bagi beberapa kondisi serius, seperti keguguran atau masalah plasenta. Oleh karena itu, penting untuk segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan apabila mengalami gejala tersebut.

4. Hubungan seksual

Perubahan hormonal dan fisik mungkin menjadi penyebabnya. Ini seharusnya berhenti dengan sendirinya.

5. Fibroid dan polip

Dokter mungkin melakukan beberapa tes untuk memeriksa pertumbuhan ini di uterus.

6. Infeksi

Penyakit menular seksual seperti trikomoniasis dapat menyebabkan pendarahan ringan serta masalah yang lebih serius. Memulai pengobatan sesegera mungkin akan menjaga kesehatan bayi.

7. Kehamilan ektopik

Ini terjadi ketika embrio menanamkan dirinya di luar uterus. Seseorang mungkin mengalami pendarahan dengan nyeri dan kram. Ini berbahaya dan memerlukan perawatan medis segera.

8. Keguguran

Sekitar 15 persen kehamilan yang diketahui berakhir selama beberapa bulan pertama. Pendarahan dan kram sering terjadi setelahnya. Segera hubungi dokter jika seseorang tahu bahwa saat hamil mengalami gejala ini.

Ciri saat hamil muda keluar flek coklat 

Pendarahan implantasi juga disertai dengan beberapa tanda awal kehamilan lainnya, termasuk:

  • Payudara atau puting sensitif dan bengkak
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Gangguan lambung
  • Muntah (mual pada pagi hari)
  • Perubahan mood
  • Sering buang air kecil dari biasanya

Cara mengatasinya

Keluar flek coklat saat hamil muda sangat umum dan berhenti dengan sendirinya ya Charm Girls. Salah satu cara untuk mengetahui itu adalah pendarahan implantasi adalah mungkin mengalami gejala awal kehamilan lainnya, seperti payudara sensitif atau mual.

Tunggu beberapa hari setelah pendarahan berhenti untuk melakukan tes kehamilan di rumah. Dokter dapat melakukan tes darah lebih awal untuk memberi tahu apakah seseorang itu hamil.

Saat flek keluar gunakan panty liner atau pembalut seperti biasa, jaga kesehatan kehamilan dan tetap perhatikan kondisi pendarahan.

Biasanya, pendarahan implantasi berlangsung satu atau dua hari. Terkadang hanya berlangsung beberapa jam. Jarang terjadi pendarahan implantasi berlangsung lebih dari tiga hari. Jika yang tampak sebagai pendarahan implantasi berlangsung lebih lama dari itu, kemungkinan bukan pendarahan implantasi. Itu mungkin adalah menstruasi reguler atau masalah lain. Hubungi dokter jika pendarahan tidak berhenti setelah beberapa hari atau jika khawatir tentang seberapa banyak darah keluar.

keluar flek coklat saat hamil muda
hamil muda keluar flek coklat
Komentar (0)
A

floating-icon