Apa itu pembalut?

Apa itu pembalut?

2 min read

Kamu mungkin tahu kalau orang-orang menggunakan pembalut ketika sedang menstruasi, tapi apakah kamu mengerti apa yang dimaksud dengan pembalut? Yuk, kita cari tahu apa itu pembalut dan bagaimana mereka bekerja, karena nantinya kamu akan menggunakannya juga, lho!

Apa sebenarnya pembalut itu? 

Pembalut adalah produk kebersihan wanita yang menyerap darah selama menstruasi untuk menjaga kebersihan pakaian dalam dan baju. Pembalut akan membantu agar darah menstruasi tidak bocor ke luar. Pembalut adalah hal yang penting dan bikin hidup kamu lebih nyaman saat menstruasi. Jika kamu sudah mempersiapkan pembalut lebih awal, kamu bisa menggunakannya dengan baik tanpa khawatir saat menstruasi datang. 

Bagaimana cara pembalut bekerja?

1. Penyerap: Pembalut punya inti penyerapan yang mencegah darah menstruasi bocor. Setelah menyerap, inti penyerapan itu akan mengunci cairan, mencegah agar darahmu tidak keluar lagi. 

2. Gather atau Pelindung Samping: Dibuat sesuai dengan garis tubuhmu, mereka mencegah darah menstruasi keluar dari celah bagian samping. Bagian ini sangat berguna untuk menjaga celah yang cenderung terbuka saat kamu bergerak ketika tidur. Tapi, harus dilihat lagi, karena tidak semua pembalut memiliki fitur ini, tergantung dengan jenis dan ukurannya. 

3. Surface atau Lapisan Penyerap: Ini adalah bagian yang menyentuh kulitmu. Kamu dapat memilih dari berbagai jenis yang sesuai dengan kesukaanmu. Ada yang empuk, ada yang mampu menyerap darah dari permukaan, hingga yang bertekstur lembut. 

4. Wing atau Sayap: Beberapa pembalut memiliki sayap yang merekatkan pembalut dengan aman ke pakaian dalam. Jadi, pembalutmu tetap ada di tempatnya bahkan saat tubuhmu bergerak. 

5. Tape: Sisi belakang pembalutmu memiliki lem sehingga bisa menempel di celana dalam.