4 cara belajar toleransi, biar Charm Girls miliki banyak teman

4 cara belajar toleransi, biar Charm Girls miliki banyak teman

4 min read

Masa sekolah merupakan masa yang tepat untuk bersosialisasi dan berteman dengan siapa pun. Apalagi saat memasuki masa pubertas, yang merupakan salah satu ciri-ciri perkembangan fisik laki-laki dan perempuan, pasti kamu butuh teman untuk sekedar saling bertukar cerita dan melakukan kegiatan produktif bersama.

Persahabatan yang kamu jalin selama di sekolah ternyata bisa membawa banyak manfaat loh! Percaya nggak sih. Kalau pertemanan semasa sekolah bisa mempengaruhi dirimu di masa depan? Yes, lingkungan pertemanan ternyata berperan penting untuk pembentukan karakter diri seseorang.

Cara kamu berinteraksi hingga menyelesaikan masalah dengan teman-temanmu bisa jadi bekal yang baik untuk beranjak dewasa. Apalagi jika teman-temanmu berasal dari beragam latar belakang budaya yang berbeda, kamu bisa belajar menjadi toleran, menghormati perbedaan, dan mudah bergaul dengan siapa saja!

Baca Juga : Apa yang harus Aku lakukan saat Aku suka Dia?

Nah, untungnya kamu tinggal di Indonesia! Negara kepulauan dengan 34 provinsi ini dipenuhi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang dengan budaya, agama, hingga bahasa yang berbeda-beda. Supaya bisa punya banyak teman dan bisa hidup berdampingan dengan mereka, kamu perlu sikap toleransi antara satu sama lain. Saling toleransi juga mengajarkan kamu untuk memahami dan menghargai teman-temanmu.

Memangnya apa aja sih manfaat memupuk toleransi dan bergaul dengan banyak teman?
 

4 cara belajar toleransi, biar Charm Girls miliki banyak teman
Belajar Toleransi untuk Anak
  • Membuka wawasan dan sudut pandang
    Teman-teman dari latar belakang yang berbeda punya budaya dan nilai-nilai hidup yang berbeda pula. Berteman dengan mereka maka akan mengajarkan kamu hal-hal yang mungkin nggak kamu temukan di sekolah maupun di rumah.
     
  • Mudah memahami orang lain
    Pertemanan multikultural juga mengajarkan kamu untuk berpikir terbuka dan berempati dengan perbedaan. Karena perbedaan itu bukan hal yang buruk loh, Charm Girls! Perbedaan itu indah dan justru yang menjadikan Indonesia kaya akan budayanya. Dengan sikap saling toleransi, kamu akan belajar menerima saling peduli tanpa memperhatikan perbedaan.
     
  • Hidup damai dan saling mendukung
    Salah satu keuntungan punya banyak teman adalah dukungan yang kamu dapatkan dari teman-teman kamu. Nah, sikap toleransi yang dipupuk sejak kecil bisa membantu kamu untuk hidup damai berdampingan dengan teman-teman dan saling mendukung saat susah maupun senang. Hal ini sangat dibutuhkan hingga dewasa nanti loh, Charm Girls!


Lalu gimana ya caranya belajar toleransi agar bisa bergaul dengan siapa aja? Coba simak tips berikut ini yuk, supaya kamu bisa mudah berteman dengan banyak orang dari berbagai latar belakang!

1.Sopan dan saling berbuat baik
Salah satu hal yang penting dari menumbuhkan sifat toleransi adalah bersikap sopan dan saling berbuat baik. Walaupun dengan teman sebaya di sekolah, kamu harus tetap bersikap sopan dan menghargai mereka. Percaya deh, kamu juga akan dibantu oleh orang lain jika bersikap sopan dan melakukan hal-hal yang baik terhadap sesama.

2.Jangan ragu untuk menolong
Orang yang baik adalah orang yang nggak ragu untuk menolong sesama, apalagi jika sedang mengalami kesulitan. Pertolongan yang kamu berikan, walaupun sederhana, akan sangat berarti dan bisa kembali ke kamu suatu hari nanti. Misalnya, dengan memberikan pembalut saat teman memasuki masa menstruasi di sekolah, atau meminjamkan materi dari guru saat temanmu nggak masuk sekolah karena sakit.

4 cara belajar toleransi, biar Charm Girls miliki banyak teman
Belajar Tolong Menolong

3. Menerima perbedaan
Seperti yang sudah disebutkan di atas, perbedaan itu bukan hal yang buruk! Perbedaan agama, budaya, bahasa, hingga perbedaan fisik laki-laki dan perempuan bukanlah hal yang perlu dijadikan olok-olok. Terima perbedaan yang ada sebagai hal yang menjadikan masing-masing temanmu unik dengan cara mereka sendiri.

4. Ikuti kegiatan kelompok
Cara paling mudah untuk bergaul dengan teman-teman dari berbagai latar belakang adalah dengan mengikuti kegiatan berkelompok di sekolah, seperti ekstrakurikuler atau organisasi. Dengan bergabung di kegiatan tersebut, kamu bisa langsung mempraktikkan sikap toleransi terhadap sesama agar bisa bekerjasama dengan baik.

Nah, seperti itulah cara-caranya, Charm Girls. Kebahagiaan itu menular, lho berbeda dengan kesedihan atau kegalauan yang tidak dapat menular kepada orang di sekitarnya. Inilah kenapa ketika kita melihat orang lain tertawa maka secara tidak sadar kita pun bakal ikut tertawa. Apalagi, kalau kamu punya teman yang selalu positif dan mendukungmu! Hari-harimu pasti jadi lebih seru, Charm Girls!

4 cara belajar toleransi, biar Charm Girls miliki banyak teman
Manfaat Belajar Kelompok