Charm Girls ini 7 cara agar tidak boros kuota saat sekolah online!

Charm Girls ini 7 cara agar tidak boros kuota saat sekolah online!

4 min read

Charm Girls, di balik perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan; sebagai seorang anak muda, kamu punya suatu kewajiban untuk terus belajar di apapun kondisinya. Apalagi sekarang banyak banget di antara Charm Girls yang menjalani sekolah online

Kebutuhan internet emang nggak bisa dihindari lagi, dulu sih paling cuma buat scrolling-scrolling sosial media atau bikin tugas. Nah, kalo sekarang? Kamu harus bertemu guru untuk belajar dan teman-teman untuk ngobrol melalui aplikasi atau website seperti Zoom atau Google Meet, kan?

Memang butuh waktu untuk beradaptasi agar belajar lewat internet bisa tetap efektif, namun kamu sadar nggak sih tentang penggunaan kuota yang jadi boros banget? Ditambah kalo lagi masa menstruasi, pasti suka rebahan sambil internetan.

Baca Juga : Menurut zodiak, ini cara berteman sama orang asing di internet

Kalo kamu punya wifi di rumah tentu akan mudah untuk mengatur pemakaian internet… Nah, kalo kamu masih pakai kuota, berikut ini ada tips yang bisa banget kamu coba biar kuota bisa tetap hemat dan nggak bikin jatah jajan menipis! Langsung aja dicek-cek, Charm Girls!

Charm Girls ini 7 cara agar tidak boros kuota saat sekolah online!
Mengubah Fitur Maps Menjadi Mode Offline

1. Matikan fitur Maps
Charm Girls, siapa yang sering pakai fitur Maps buat check-in di suatu tempat; misalnya update Instagram Stories pas kamu lagi main di cafe lucu atau share location ke mama/papa? Nah, ternyata fitur ini cukup menguras kuota, lho! Untuk itu, kita bisa menghemat kuota internet pas sekolah online dengan mengubah fitur Maps ini menjadi mode offline di setting smartphone kamu. Gampang khan?

2. Membatasi background apps
Siapa yang punya banyak aplikasi di smartphone? Mulai dari aplikasi sosial media, game, sampai aplikasi belanja online. Nah, siapa sangka kalo ternyata ada beberapa aplikasi yang tetap memakai kuotamu walaupun nggak dipakai.

Nah, coba atur saja di smartphone kamu lalu pilih sekiranya mana aplikasi yang beneran sering kamu pakai atau engga. Pasti ada beberapa aplikasi yang kamu asal instal. Kalo memang nggak kepakai kan bisa sekalian kamu hapus. Hemat kuota, memori smartphone juga jadi lowong deh, Charm Girls!

3. Pilih kualitas video yang nggak HD
Kalo ternyata sekolahmu suka pake Zoom, ini ada triknya. Kamu bisa menentukan kualitas video mana yang ingin ditampilkan. So, sebaiknya kamu jangan gunakan resolusi HD untuk tampilan video biar hemat kuota.

Charm Girls ini 7 cara agar tidak boros kuota saat sekolah online!
Tidak Menggunakan Resolusi HD

Oh ya, trik ini juga bisa dipakai kalau kamu mau hang out virtual bareng bff kamu, biar tetap hemat tapi gaul!

4. Matikan video saat tidak diperlukan
Saat kamu sedang berada di dalam pelajaran yang tidak mewajibkan menyalakan kamera, sebaiknya kamu matikan saja kamera di Zoom. Kuota internet bakal lebih hemat kalo kamera mati~ Hey, awas ya! Mentang-mentang kamera mati bukan berarti bisa bebas ya, tetap fokus dengan pelajaranmu, okay?

Charm Girls ini 7 cara agar tidak boros kuota saat sekolah online!
Matikan Kamera

5. Nyalakan peringatan dan pembatasan pemakaian kuota
Biar nggak bablas dari jatah internet bulanan kamu, lebih baik kamu batasi pemakaiannya menggunakan notifikasi yang rajin mengingatkan berapa banyak kuota yang sudah dipakai, Charm Girls! Biar lebih aware aja, gitu!

6. Sebaiknya matikan fitur update otomatis
Cek lagi deh aplikasi di smartphone, apakah ada yang suka tiba-tiba update sendiri. Nah, cara hemat kuota lainnya adalah cukup dengan mematikan fitur update otomatis yang kadang bisa memakan kuota cukup banyak, lho. Atur update jika terhubung WiFi saja, ya, Charm Girls.

Charm Girls ini 7 cara agar tidak boros kuota saat sekolah online!
Matikan Fitur Update

7. Pakai Ad-Blocker 
Suka nyadar nggak sih di beberapa website atau pas nonton video, selalu ada iklan yang berdurasi 6 detik sampai 1 menit atau poster-poster digital gitu. Ini juga bisa makan kuota kamu cukup banyak, apalagi kalau kamu harus nonton video cukup lama, pasti bakal ada lebih dari 1-2 iklan. 

Ad-blocker bisa bantu kamu dari iklan yang menghabiskan kuota itu, Charm Girls!
-
Nah, itu dia beberapa cara hemat kuota saat belajar online. Sebagai cewek, kamu harus pintar-pintar atur per-kuota-an! Tetap semangat menjalani masa sekolah ya, Charm Girls!

Charm Girls ini 7 cara agar tidak boros kuota saat sekolah online!
Gunakan Ad-Blocker