Ini penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasinya!

Ini penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasinya!

5 min read

Apa sih yang suka kamu rasain sebelum dapet? 

Nyeri menstruasi biasanya dirasakan setiap wanita minimal sebulan sekali sebelum menstruasi  dateng atau paling enggak 3-4 hari. Merasakan kram di perut, perut kembung, atau tiba-tiba  diare, sampai merasakan badan terasa pegal-pegal. Untuk cewek, saat nyeri menstruasi datang,  rasanya bisa sakit banget sampe bikin hati jadi sedih. Setuju nggak? 

Sebenarnya, rasa sakit ini masih wajar; tapi kalo kamu merasakan nyeri menstruasi berlebih,  sampai kamu nggak bisa bangun atau melakukan aktifitasmu itu namanya dismenorea. Tapi,  karena tingkat rasa sakit yang dapat ditoleransi oleh tiap cewek itu beda-beda, dismenorea  adalah gangguan yang sangat subjektif ya Charm Girls.

Penyebab Nyeri Menstruasi 
Terdapat 2 jenis dismenorea, yaitu primer dan sekunder. Dismenorea primer sih diduga karena  jumlah hormon prostaglandin yang berlebihan, yaitu hormon yang bikin rahim jadi aktif  banget bergerak pas menstruasi dan melahirkan. 

Hal lainnya yang dapat membuat rasa sakit dismenore primer termasuk uterus posisi  retrofleksi, menstruasi nggak teratur, jarang olahraga, stres psikologis atau sosial, merokok,  minum alkohol, kelebihan berat badan, riwayat keluarga dismenore, dan mulai menstruasi  sebelum usia 12 tahun. 

Baca Juga : Darah haid ada aromanya?! Kenali ciri-cirinya!

Ini penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasinya!
Penyebab Nyeri Menstruasi

Kalo dismenore sekunder sendiri itu disebabkan oleh beberapa kondisi, termasuk tumor jinak di  dalam rahim, infeksi, endometriosis, penyakit radang panggul (PID), kista atau tumor ovarium,  Charm Girls! Ini sih pasti penyebab nyeri haid yang tidak normal. 

-

Seberapa sakit nyeri menstruasi tuh? 

Beberapa cewek kadang sampai nggak bisa bangun dari kasur karena nyeri menstruasi yang  dirasakannya! Parah banget ya. Untuk mempermudah kamu mengerti rasa nyeri menstruasi,  bisa dibagi 3: 

a) Nyeri menstruasi ringan 

Rasa sakit yang kamu rasakan cuma berlangsung sesaat. Cukup dengan istirahat sebentar saja  bisa membuat nyeri menstruasi hilang. Nyerinya nggak bakal mengganggu aktivitas kamu dan  hanya di bagian perut saja! 

b) Nyeri menstruasi sedang 

Pada "level" ini kamu memerlukan obat pereda rasa nyeri tapi nggak sampai meninggalkan  aktivitasmu dan sakitnya di bagian perut hingga ke bagian bawah.

Baca Juga : Apakah obat pereda nyeri menstruasi aman untukku?

c) Nyeri menstruasi berat 

Wah, kalo butuh istirahat total bahkan sampai meninggalkan aktivitas selama satu hari atau  lebih dan disertai dengan pusing, sakit kepala, muntah atau diare; berarti kamu mengalami  nyeri menstruasi yang berat nih, Charm Girls.

Bisa nggak nyeri haid disembuhkan? 

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi nyeri menstruasi; tapi memang agak mustahil  buat menghilangkannya dengan total, tapi seenggaknya bisa lebih ringan kok! Faktanya, cara  mana yang dipilih tuh tergantung sama kesenangan dan kenyamanan kamu sendiri karena tiap  cewek punya pilihannya masing-masing. 

Nah, beberapa cara ini bisa kamu lakukan biar menstruasi jadi lebih nyaman. 

1. Pakai koyo atau kompres air hangat 

Ternyata panas bisa bikin otot rahim dan organ di sekitarnya jadi auto lebih rileks yang dan  meredakan kram dan ketidaknyamanan. Caranya gampang banget kamu tinggal menempel  koyo atau botol berisi air hangat ke perut.

Ini penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasinya!
Cara Hilangkan Nyeri Menstruasi

Jangan menggunakan koyo yang terlalu panas ya, nanti kulitmu bisa kebakar. Kalo pakai botol,  pilih botol yang cukup tebal dan nggak gampang bocor; nanti kamu malah ke siram air panas!

2. Olahraga ringan 

Kata siapa olahraga harus dihindari saat nyeri menstruasi? Kamu salah besar nih! Faktanya,  olahraga malah bagus banget untuk meringankan rasa nyeri kamu loh! Nggak harus olahraga  berat, tetapi peregangan ringan, berjalan-jalan atau melakukan yoga bakalan ngebantu banget.  Dengan olahraga, kamu akan melepaskan endorfin yang merupakan hormon penghilang rasa  sakit alami, Charm Girls. 

Ini penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasinya!
Olahraga Hilangkan Nyeri Haid

3. Pakai minyak essensial atau kayu putih 

Cobain deh mencampur minyak esensial seperti kayu manis, cengkeh, lavender, dan mawar  dalam basis minyak almond ataupun yang kamu suka ke bagian perut. Wangi-wanginya bisa  membuat tubuhmu lebih rileks; tubuh rileks, sakit menstruasi pasti lebih ringan! 

Ini penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasinya!
Minyak Essential Oil untuk Hilangkan Nyeri Haid

4. Istirahat Cukup 

Siapa sih yang nggak suka rebahan sambil nggak ngapa-ngapain? Ternyata, istirahat yang cukup  juga menjadi kunci membuat tubuh kembali bugar saat menstruasi. Melatonin, hormon malam  hari dapat meningkatkan ovulasi dan sumber kesuburan dan mengobati nyeri panggul kronis  pada endometriosis.

Ini penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasinya!
Atasi nyeri dengan istirahat cukup

5. Lakukan apa yang kamu suka! 

Emang sih banyak cara, tapi kalo kamu punya cara tersendiri, ya nggak masalah? Siapa tahu  mendengarkan lagu, nonton drakor atau main mobile games ternyata bisa bikin kamu rileks dan  lupa sama nyeri menstruasi? Creambath atau luluran juga mood booster banget, me time ~  Charm Girls.

Ini penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasinya!
Dengarkan lagu hilangkan nyeri menstruasi

Nah, kalo cara-cara tersebut tidak meringankan nyeri menstruasimu juga; segera beri tahu  orang tua dan minta mereka untuk pergi ke dokter ya, Charm Girls!