Macam macam darah haid vs pola hidup sehat!

Macam macam darah haid vs pola hidup sehat!

5 min read

Macam-macam darah haid yang keluar dari bulan ke bulan memang bisa bervariasi. Mulai dari  warna, kekentalan dan jumlah darah yang keluar bisa berbeda tiap bulannya. Tubuh manusia;  khususnya tubuh cewek punya keunikannya tersendiri. Dimana secara normal setiap 25-38 hari,  tubuh akan mengeluarkan darah dari vagina dan setiap cewek punya siklus, cara dan merasakan  hal yang berbeda di setiap prosesnya. 

Nah bicara datang bulan, sebagian Charm Girls ada yang merasa jumlah darah haid yang keluar  tiap bulannya terasa banyak dan sebagian merasa jumlah darah haid yang keluar sangat sedikit.  Bila, jumlah darah haid yang keluar sedikit selama beberapa bulan. Ini bisa menandakan  adanya sebuah masalah pada tubuh kamu. 

Baca Juga : Darah haid ada aromanya?! Kenali ciri-cirinya! 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana melancarkan darah haid yang sedikit  dengan pola hidup sehat; apalagi darah haid yang sedikit ini suka bikin perut jadi lebih sakit!  Memang ngaruh yah dengan menjelaskan pola hidup sehat dengan kelancaran haid? Yuk, langsung bahas aja deh!

1. Cukup tidur 

Hal simpel namun sering abai untuk dilakukan adalah istirahat yang cukup. Beberapa hal yang  membuat macam-macam darah haid bisa berbeda tiap bulannya karena pola hidup sehat yang  tidak rutin dilakukan. 

Macam macam darah haid vs pola hidup sehat!
Menjaga Pola Hidup Sehat 

Stres pikiran dan capek fisik bisa bikin siklus haid berantakan. Haid bisa datang lebih cepat atau  lebih lambat dari seharusnya. Kegiatan paling ampuh untuk menghilangkan stres pikiran dan  capek fisik adalah dengan istirahat. Hindari stres , patuhi jam tidur 7 sampai 8 jam semalam  dan memastikan kualitas tidur membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, sekaligus menjaga  kerja hormon pengatur menstruasi tetap terjaga. 

Kurang-kurangin begadang buat scrolling sosial media atau nonton drakor, Charm Girls. Sayangi  tubuhmu yang harus kamu pake di pagi nanti! 

Baca Juga : Ritual sebelum tidur pas lagi masa menstruasi 

Kalo kamu ngerasa susah tidur, coba mulai dengan pergi tidur dalam keadaan bersih; mandi dan  skincare-an, matikan semua lampu dan simpan HP kamu agak jauh dari kasur. Jangan minum  minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh di malam hari, ya! Khawatir ini  menyebabkan kamu sulit tidur di malam hari.

2. Menjaga berat badan sehat 

Cobalah menjaga berat badan agar tetap ideal dengan makan makanan sehat dan berolahraga  secara teratur. Untuk mengetahuinya kamu bisa menghitung berapa sih BMI kamu. BMI adalah  Body Mass Index, kamu bisa menghitung dengan rumus berat badan (kg) dibagi tinggi badan  kamu (cm). Pastikan hasilnya normal yah. Untuk lebih detail kamu bisa baca artikel berikut. 

Macam macam darah haid vs pola hidup sehat!
Tetap Menjaga Berat Badan Ideal 

Agar darah haid yang sedikit itu lancar baiknya tubuhmu tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus.  Atau melakukan diet yang salah dan menyebabkan kamu kekurangan nutrisi. Bila ini terjadi  akan mempengaruhi hormon dalam tubuhmu. 

Melakukan olahraga bisa bantu menurunkan badan dengan cara yang sehat sekaligus menjaga  daya tahan tubuh agar tetap prima. Banyak makan sayur, buah, protein dan untuk karbohidrat  makan secukupnya yah, Charm Girls! 

Kurang-kurangin makan fast-food dan makanan atau minuman manis, tubuhmu nggak terlalu  butuh itu semua, kok! Sedikit boleh, kebanyakan jangan. 

Kalo ternyata kamu kesulitan untuk mencapai berat badan yang stabil, mintalah bantuan dokter  atau ahli gizi. Dokter biasanya punya metode paling tepat untuk membantu menaikkan atau  menurunkan berat badan kamu!

3. Minum vitamin D 

Penyerapan kalsium dalam usus bagus untuk kesehatan tulang. Selain itu, Vitamin D ternyata  juga bisa membantu menjaga macam-macam darah haid sehingga bisa melancarkan  menstruasi yang sedikit. 

Macam macam darah haid vs pola hidup sehat!
Konsumsi Vitamin D 

Untuk mendapatkan vitamin D, gampang banget Charm Girls! Yes, dari matahari pagi aja. Kamu  cukup berjemur di pagi hari antara jam 7 sampai 8 selama kurang lebih 15 menit setiap hari. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga terkandung dalam makanan dan minuman seperti  salmon, tuna, produk susu, dan sereal! 

4. Olahraga cukup dan tidak berlebihan 

Dengan kamu melakukan olahraga bisa jadi cara melancarkan darah haid yang sedikit, lho.  Namun, pastikan olahraga kamu juga nggak boleh terlalu berat dan terlalu tinggi intensitasnya.  Karena, terlalu banyak olahraga juga dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur,  tertunda, atau haid yang sedikit. Ini karena olahraga berat dapat menurunkan kadar estrogen  dan menyebabkan haid berhenti. 

Macam macam darah haid vs pola hidup sehat!
Olahraga yang Cukup

 Secukupnya aja; tapi pastikan tubuhmu bergerak dan tidak tegang. Minimal banget kamu  berolahraga 3 kali dalam seminggu. Hal paling mudah dengan berjalan kaki minimal 30 menit.  Btw, yoga termasuk salah satu cara efektif untuk melancarkan darah haid yang sedikit, lho!

5. Tetap happy, jangan stress! 

Terdengar aneh sih, namun di dalam jiwa yang sehat ada tubuh yang kuat, lho! Selain  kesehatan fisik, memiliki pikiran yang positif menjadi kunci untuk hidup sehat. Nikmatin semua  pikiran negatif, supaya kamu tahu cara untuk kembali berpikir positif. Nggak perlu overthinking;  cewek seperti kamu punya hal seru dan menarik untuk dilakukan, Charm Girls! 

Macam macam darah haid vs pola hidup sehat!
Kuncinya Tetap Bahagia

Jika kamu sehat dan bahagia, maka energi positif ini akan menular ke lingkungan sekitar kamu;  juga ke tubuhmu sendiri. 

Nah, bagaimana sudah jelas bukan bahwa mengatasi problem macam-macam darah haid, kini  bisa diatasi dengan pola hidup yang sehat. Pastikan dijalani setip saat yah, jangan saat  menstruasi aja.  

Tapi bila kamu sudah melakukan segala upaya. Namun haid kamu tetap sedikit dan  menyakitkan. Segera cerita sama orang tuamu ya, Charm Girls; ajak mereka untuk menemui  dokter agar kamu dapat penanganan yang tepat!