Penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat

Penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat

4 min read

Tanda-tanda menstruasi pada Anak!  

Selamat Parents, kini putri kecil Anda sedang menuju proses pendewasaan. Sebagai proses awal  putri kecil Anda menjadi dewasa, hal yang perlu diperhatikan adalah tanda-tanda menstruasi  pada anak. Biasanya menstruasi pertama kali terjadi direntang usia 10 hingga 15 tahun.  Sebelum datang bulan, secara fisik ada beberapa perubahan yang dapat Anda lihat. Lalu apa  saja perubahan itu ? Berikut ini penjelasannya. 

1. Pertumbuhan dan perubahan bentuk tubuh 

Perubahan fisik pada masa pubertas terjadi pada kecepatan yang jauh lebih cepat daripada  yang Anda bayangkan! Lengan dan tulang kaki anak juga akan tumbuh, bahkan bisa jauh lebih  tinggi dari para orang tua, dan bentuk tubuh anak bisa berubah, terutama di bagian pinggul. Akan terasa canggung, namun setelah mencapai bentuk yang lebih proporsional, dan anak akan  kembali merasa seperti menjadi diri sendiri lagi.

2. Payudara membesar 

Pada awalnya, buah hati Anda akan merasakan kuncup payudara kecil atau bengkak di bawah  puting. Setelah itu, perlahan-lahan payudara akan membesar dan terlihat lebih berisi.  Kebanyakan, tanda-tanda menstruasi pada anak terlihat saat kuncup payudara muncul, maka  menstruasi pertama terjadi 2-3 tahun setelahnya. Jadi, bila kuncup payudara terlihat di usia 9  tahun, maka saat usia 11 atau menuju usia 12 tahun menstruasi pertama terjadi. 

Baca Juga : Ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang! 

 3. Tumbuh jerawat 

Wajah anak yang tadinya mulus mungkin akan mulai berjerawat. Tak hanya pada wajah, bagi  beberapa anak perempuan jerawat tersebut bahkan terdapat pada punggung atau bagian  tubuh lainnya.  

Jerawat terjadi karena ada perubahan homon, namun terkadang jerawat bisa muncul karena  kurang bersih saat mencuci wajah atau saat mandi. Terlebih aktifitas anak yang banyak di  outdoor harus bisa lebih extra dalam bersih-bersih. 

Penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat
Tanda-tanda Menstruasi pada Anak Telat Terjadi 

4. Rambut atau bulu-halus mulai terlihat 

Tanda-tanda menstruasi pada anak dapat terlihat juga saat tumbuh bulu halus di beberapa  bagian tubuhnya. Menumbuhnnya bulu halus terlihat pada ketiak, lengan, kaki atau pun pada  daerah kemaluan. 

Setelah melihat tanda-tanda menstruasi pada anak di atas, apakah saat ini putri Anda sudah  berusia 10-15 tahun? Apakah tanda secara fisik yang disebut di atas sudah muncul? Tapi belum  juga mendapatkan menstruasi pertamanya? Atau malah tanda-tanda secara fisik di atas juga  belum muncul? 

Berikut ini penjelasan penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat terjadi. Ada beberapa  faktor yang mempengaruhi, berikut ini penjelasannya:

Baca Juga : 5 reaksi saat menstruasi pertama kali, kamu yang mana? 

1. Stres yang berlebihan 

Salah satu faktor terbesar yang bisa menyebabkan keterlambatan menstruasi pertama adalah  stres. Stres yang dialami pada masa pubertas biasanya disebabkan oleh tuntutan sekolah,  masalah keluarga ataupun masalah pertemanan! Sering berkomunikasi dengan putri Anda dan  mendengar permasalahan yang dihadapi, dapat membantu menenangkan dan mengurangi  stres yang dihadapi. 

Penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat
Stress Berlebihan 

2. Berat badan tidak ideal 

Penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat terjadi bisa disebabkan oleh berat badan  yang rendah. Menstruasi berhubungan erat dengan hormon. Saat berat badan anak di bawah  umumnya, level hormon bisa terpengaruh, sehingga menghambat anak mendapat menstruasi  pertamanya. Sama halnya dengan berat badan rendah, kelebihan berat badan juga bisa memicu  terlambatnya haid pertama. Untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal, tubuh  memerlukan level lemak yang normal pula. 

Penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat
Berat Badan Tak Ideal

3. Riwayat Menstruasi Keluarga  

Riwayat menstruasi keluarga juga bisa menjadi tolok ukur telat atau tidaknya menstruasi  pertama pada anak perempuan. Bila ibu mengalami menstruasi pertama yang telat, maka  bukan tidak mungkin anak mengalami hal yang serupa. 

Penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat
Riwayat Haid Keluarga 

4. Masalah pada Organ Tubuh 

Tanda-tanda menstruasi pada anak telat terjadi, bisa karena ada kelainan pada organ intim.  Sebut saja kelainan atau masalah pada vagina, ovarium, tuba falopi, atau uterus. Meskipun  sangat jarang terjadi, tetapi jika anak memiliki kelainan pada bagian tersebut, maka  kemungkinan ia akan mengalami telatnya menstruasi pertama. 

Penyebab tanda-tanda menstruasi pada anak telat
Kelainan pada Organ Tubuh 

 Bila putri Anda belum juga datang bulan, tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang dapat  dilakukan untuk mendorong menstruasi pertama. Cobalah terapkan pola hidup sehat untuk  menjaga berat badan. Selain itu, disarankan untuk mengonsumsi minuman dan makanan yang  kaya kalsium, seperti susu, yoghurt, bayam, tahu, dan jus jeruk. 

Apabila hingga usia 16 tahun anak perempuan Anda belum mengalami menstruasi pertama,  sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan  untuk mencari tahu penyebabnya, serta memberikan penanganan bila diperlukan!