Mekanisme tubuh anak perempuan

Mekanisme tubuh anak perempuan

4 min read

Tahukan Anda bahwa ada lebih dari 100 jenis hormon di dalam tubuh yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Hormon wanita mengontrol menstruasi dan tubuh perempuan, sementara hormon keseimbangan hormonal memiliki pengaruh signifikan terhadap kesehatan wanita, lho.

Sebaiknya pelajari tentang cara kerja hormon wanita ini untuk mendapatkan pemahaman yang tepat saat putri Anda mengatakan bahwa mereka merasa tidak enak badan. 

Dimanakah hormon wanita ini dibuat? 

Mendapatkan pertanyaan seperti ini langsung dari buah hati memang sedikit merepotkan, karena singkatnya hormon ini dibuat di ovarium. Hipotalamus, bagian kendali otak akan meminta kelenjar pituitari untuk melepas hormon wanita yang pada akhirnya menjadi hormon ovarium (estrogen) dan hormon luteal (progesteron).

Hipotalamus akan memutuskan untuk mulai melepaskan hormon tersebut berdasarkan tandatanda yang ditemukan di dalam darah karena pada dasarnya otak mampu mengenali status hormonal dari darah dan mengambil keputusan berdasarkan informasi tersebut. Rantai perintah untuk melepaskan hormon bekerja sesuai urutan. Dimulai dari hipotalamus, kemudian menuju kelenjar pituitari, dan terakhir di ovarium. 

Namun, perintah tersebut tidak hanya dapat dikeluarkan oleh hipotalamus, lho. Jika nantinya terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon wanita, ovarium dapat menyampaikan informasi ini ke otak. Dengan cara itulah hipotalamus dan ovarium dapat bekerja sama untuk mengatur keseimbangan hormon.

Dua hormon wanita yang mempengaruhi kesehatan 
Ada dua jenis hormon wanita, hormon ovarium (estrogen) dan hormon luteal (progesteron). 
Hormon ovarium akan dikeluarkan dalam jumlah besar dan membuat anak perempuan tampak lebih feminin serta mengubah tubuh gadis puber menjadi wanita dewasa. Sebagai orang tua, ada baiknya jika beritahu putri Anda bahwa perubahan yang terjadi pada tubuhnya adalah hal wajar. 

Hormon luteal adalah hormon yang mempersiapkan tubuh wanita untuk kehamilan. Hormon ini membantu mempersiapkan membran endometrium untuk implantasi sel telur yang telah dibuahi. Bagi banyak perempuan, hormon ini menyebabkan perubahan emosional termasuk membuat mereka merasa tidak stabil dan mudah tersinggung.

Hormon ovarium (estrogen)Hormon luteal (progesteron)
Menjaga kelembapan kulitMengatur selaput endometrium dan otot rahim
Memperkuat pembuluh darahMengembangkan kelenjar susu
Memperkuat tulangMenyeimbangkan gula darah
Membuat rambut berkilauMenjaga kadar air di dalam tubuh
Meningkatkan memoriMemiliki efek diuretik
Meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahatMeningkatkan nafsu makan pada tubuh
Meningkatkan metabolismeMenyebabkan kantuk
Mencegah obesitas (menekan regenerasi lemak subkutan)Menjadikan mood mudah tersinggung dan tertekan

Seperti yang terlihat pada tabel, kedua hormon tersebut akan membuat tubuh anak perempuan menjadi lebih feminim. Hormon memang dapat memberikan hasil yang baik bagi tubuh, tetapi tidak selalu demikian. 

Meskipun siklus menstruasi stabil dan lebih mudah dihadapi ketika seorang perempuan dewasa, siklus ini tetap tidak stabil selama masa pubertas. 

Hal ini mungkin membingungkan bagi putri Anda karena Ia tidak dapat mengendalikan tubuh dan emosinya, karena itulah selalu ada dan siap untuk membantunya menjadi hal yang terpenting ya, Parents!

Bagaimana organ seks internal wanita bekerja

Organ intim perempuan memiliki bagian yang dapat dilihat di luar dan yang tersembunyi di dalam tubuh; termasuk rahim yang mampu berkembang berkat adanya hormon wanita. Agar mempermudah pemahaman sang buah hati, Anda dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian organ intim tubuh tersebut menggunakan ilustrasi sebagai berikut!

Rahim 
Ini adalah ‘ruangan’ di mana cikal bakal bayi atau fetus akan tumbuh. Lapisan endometrium di dalam rahim adalah sejenis tempat tidur yang memungkinkan bayi tidur dengan nyenyak. 

Leher rahim 
Bagian ini menghubungkan bagian bawah rahim ke vagina. 

Tuba Fallopi 
Saluran berupa tabung di sisi kiri dan kanan rahim berfungsi untuk menangkap sel telur yang dikeluarkan dari ovarium dan kemudian mendorong keluar sel telur yang telah dibuahi ke dalam rahim. 

Ovarium 
Organ di kiri dan kanan ini terkadang disebut 'gonad'. Mereka memegang sel telur saat tumbuh dan mengeluarkan hormon ovarium dan hormon luteal saat otak memerintahkan mereka. 

Sel Telur 
Inilah awal kehidupan baru. Ketika sel telur bertemu sperma akan terjadi pembuahan. 

Vagina 
Area ini menghubungkan rahim dengan bagian luar tubuh. Bayi akan melalui area ini saat dilahirkan dan dari sinilah darah akan keluar selama menstruasi.

Bagaimana hormon wanita bekerja 
// 
Bagaimana tubuh perempuan dan laki-laki bekerja

Hal yang harus diingat! 

Karena hormon wanita mengontrol tubuh perempuan, sebaiknya Anda pelajari tentang cara kerja hormon wanita ini untuk mendapatkan pemahaman yang tepat saat sang buah hati mengatakan bahwa mereka merasa tidak enak badan. 
// 
Hormon wanita akan menyebabkan perubahan tubuh dan emosional, karena itulah selalu ada dan siap untuk membantu putri Anda melewati masa ini menjadi hal yang terpenting ya, Parents! Penting untuk Anda memahami bagian-bagian organ intim dan bagaimana caranya bekerja.