Kembali

Edukasi

Mempersiapkan mental dan diri sendiri

Mempersiapkan mental dan diri sendiri


Jika Anda belum siap namun menstruasi sang buah hati sudah datang secara tiba-tiba, Ia mungkin akan mengalami kesulitan. Jadi, cara terbaik yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah mempersiapkannya jauh-jauh hari sehingga Anda memiliki semua yang diperlukan; tidak peduli kapan menstruasi pertamanya datang. Ya, membantu putri Anda untuk memilih pembalut yang tepat adalah langkah penting.

Baca Juga : Cemilan enak ini, bisa Charm Girls bikin sendiri lho! - Charm Girl's Talk

Mari kita siapkan kebutuhannya bersama-sama! 
Hal-hal yang harus siap jauh sebelum menstruasi tiba 

● Pantyliner (Pembalut khusus keputihan) Terkadang keputihan yang terjadi sekitar satu tahun sebelum menstruasi pertama putri Anda benar-benar dimulai dapat menjadi tanda untuk bersiap-siap, termasuk menyediakan pantyliner di rumah. Selain itu, persiapan yang paling baik dilakukan saat Anda merasa adanya perubahan pada tubuh mereka, seperti dada yang berkembang dan lainnya.

Mempersiapkan mental dan diri sendiri

Hal-hal yang harus siap saat menstruasi tiba 
● Pembalut

Mempersiapkan mental dan diri sendiri

● Pakaian dalam

Mempersiapkan mental dan diri sendiri

Pouch

Mempersiapkan mental dan diri sendiri

● Pencatat siklus menstruasi, seperti diary atau aplikasi

Mempersiapkan mental dan diri sendiri

Pada usia berapa kamu akan mendapatkan menstruasi pertama dan bagaimana kamu harus mempersiapkan diri lalu apa yang harus Anda lakukan?
// 
Memahami periode menstruasi, jumlah, siklus menstruasi, dan nyeri

Memilih produk khusus wanita yang tepat untuk putri Anda

Sekarang, ada banyak sekali jenis produk khusus kebersihan wanita dibandingkan waktu dulu, seperti pembalut, celana khusus menstruasi, dan pantyliner. Produk-produk tersebut memiliki pilihan dimulai desain fungsional, bagaimana rasanya saat digunakan, ukuran, hingga ketebalan, dan lainnya. Orang dewasa saja dapat merasa kewalahan dengan banyaknya pilihan, apalagi buah hati Anda. Jadi pastikan Anda ada untuk memberikan mereka bantuan ekstra, ya. 

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah, termasuk di kelas, pada pelajaran olahraga, dan kegiatan ekstrakurikuler. Meskipun mereka dapat menggunakan produk kebersihan wanita yang sama seperti orang dewasa, memilih pembalut dan celana menstruasi yang tepat dengan aktivitas anak sehari-hari dapat membantu mempermudah menstruasi mereka, Parents

Jika kita menghitung, seorang perempuan akan menstruasi selama empat puluh tahun sejak menstruasi pertamanya. Setidaknya selama hidupnya, Ia akan menghabiskan sekitar enam tahun sembilan bulan untuk mengalami menstruasi. Waktu yang sangat panjang bukan? Sebaiknya beritahu putri Anda bahwa Ia harus memilih produk kebersihan wanita yang Ia sukai untuk mempermudah menstruasinya. Pastikan Anda ada bersamanya saat Ia pertama kali memilih pembalut, ya!

Apakah harus menunggu hingga mental Saya siap?

Putri Anda mungkin telah mengetahui tentang menstruasi pertama di sekolah, mendengarnya dari teman atau seseorang lain di rumah dan hanya menunggu sampai gilirannya datang. Mereka akan menyadari perubahan tubuhnya dan bertanya-tanya “Kapan saatnya tiba” atau “Kok aku belom ‘dapet’ juga” 

Tentunya, putri Anda akan merasa was-was ketika dirinya belum mengalami apa yang sudah dialami oleh teman-temannya. 

Ingatlah, setiap orang mengalami menstruasi pertama mereka pada waktu yang berbeda, ada yang lebih awal atau bahkan terlambat. Cobalah untuk menenangkan pikiran mereka saat mereka belum mengalami menstruasi dan pastikan Ia tahu bahwa setiap orang memiliki siklus yang berbeda. Jika dia masih belum mendapatkan menstruasi pertama pada usia 15 tahun, mungkin ada baiknya untuk mengunjungi dokter kandungan.

Hal yang harus diingat!

Memilih pembalut, celana menstruasi, pantyliner, dan kantong bersama dengan putri Anda adalah cara yang baik untuk mempersiapkan menstruasi pertamanya dan membuatnya tetap sadar kapan datangnya menstruasi atau keputihan. 
// 
Sangat penting untuk memilih produk kebersihan wanita yang disukai sang buah hati Anda agar menstruasi pada enam tahun sembilan bulan selanjutnya selama hidupnya menjadi lebih mudah.

Komentar (16)
A

AA
Asyifa Arminta Putri Buana
thanks infonya min, sangat bermanfaat
2 years ago
Balas
Gd
Ghina dwi romadhanti
ini penting banget kak, makasih infonya
2 years ago
Balas
ti
tieah
thanks
2 years ago
Balas
floating-icon