Mengupas seluk beluk pantyliner

Mengupas seluk beluk pantyliner

4 min read

Saat putri Anda mulai mengalami keputihan, ini berarti adalah pertanda Ia akan menyambut menstruasi pertamanya. Pembalut khusus keputihan atau yang sering disebut dengan pantyliner sangat disarankan untuk menjaga kebersihan pakaian dalamnya.

Apakah Anda khawatir dengan keputihan sang buah hati? 
Apakah melihat pakaian dalam kotor putri Anda saat mencuci membuat hati menjadi khawatir? 

Pada umumnya perempuan menyadari hadirnya keputihan sekitar satu tahun sebelum menstruasi pertama, jadi ini adalah tanda bahwa menstruasi pertama putri Anda akan segera datang. Sebaiknya persiapkan hal-hal yang diperlukan juga mentalnya agar Ia dapat menangani menstruasi pertamanya yang bisa datang kapan saja. 

Mempersiapkan diri dan mental

Bicarakan dengan putri Anda

Saat mereka ditanya mengapa anak perempuan tidak berbicara dengan orang di rumah tentang keputihan, lebih dari setengah menjawab bahwa mereka malu atau tidak tahu harus berkata apa. 

Seperti yang dapat Anda lihat dari penelitian ini, para anak perempuan mengalami kesulitan berbicara dengan orang-orang di rumah meskipun mereka sendiri cukup cemas dengan keputihan. Banyak anak perempuan yang menyebutkan bahwa mereka tidak tahu harus berbuat apa tentang jumlah dan jenis keputihan setiap hari yang mengotori pakaian dalam mereka.

  • Kenapa anak perempuan tidak mau berbicara tentang keputihan?

Anak perempuan umumnya lebih peduli dan cenderung merasa gugup dan bingung saat menghadapi keputihan daripada yang keluarga mereka pikirkan. Anak perempuan semakin merasa khawatir karena mereka mengalami kesulitan untuk membicarakannya dengan orang tuanya. 

Jika Anda lebih memperhatikan putri Anda daripada biasanya, menyadari bahwa pakaian dalamnya kotor, atau merasa mereka khawatir tentang sesuatu, Anda dapat membantunya merasa lebih baik dengan menanyakan apa yang salah.

Bagaimana dan kapan Aku harus berbicara dengan putriku? 

Apa yang dimaksud dengan keputihan?

Keputihan adalah kumpulan sekresi dari berbagai bagian organ intim wanita. Termasuk lendir yang dikeluarkan dari lapisan endometrium dan saluran serviks, sel-sel lama yang mengelupas dari dinding vagina, serta kelenjar sebaceous dari vulva. 

Jenis keputihan yang dikeluarkan berubah seiring dengan siklus menstruasi dan biasanya paling banyak selama fase ovulasi. Sebelum ovulasi, keputihan sudah mengental dan kemudian menjadi lengket seperti lem. Jumlah cairan yang dikeluarkan juga berubah mengikuti usia seorang anak perempuan dan mulai meningkat saat Ia akan mendapatkan menstruasi pertamanya, tetapi ini akan meningkat dan menurun karena pelepasan hormon wanita tidak stabil saat ini. Hal ini mungkin akan dipengaruhi dengan kondisi fisiknya, Parents. Keputihan dapat menjadi barometer kesehatan buah hati Anda, lho. 

Keputihan mungkin menjadi penyebab kekhawatiran karena aroma yang dihasilkan dan menyebabkan pakaian dalam menjadi kotor, tetapi keputihan memiliki dua peranan penting dalam tubuh wanita.

Pertama, keputihan adalah pelindung tubuh untuk membersihkan diri agar kuman keluar dari vagina. Kedua, menjaga bagian dalam alat kelamin tetap asam dan bersih. Nah, peran lain dari keputihan yang kental adalah membantu sperma untuk masuk ke rahim.

Menggunakan pantyliner ketika keputihan datang

Pembalut adalah produk kebersihan wanita yang dirancang untuk menyerap darah menstruasi sedangkan tisu toilet adalah kertas yang dirancang untuk keperluan lain dan dapat menyebabkan kuman jadi harus dihindari. 

Nah, pantyliner adalah sebuah pembalut dengan ukuran kecil dan daya serap yang lebih rendah. Maka, dibandingkan menggunakan pembalut, pantyliner adalah solusi yang tepat ketika keputihan terjadi. Pada dasarnya, pantyliner untuk keputihan sama fungsinya dengan pembalut untuk menstruasi. Mempelajari cara menggunakan pantyliner dapat membantu putri Anda untuk menggunakan pembalut selama menstruasi.

Alasan kenapa pantyliner lebih nyaman digunakan

  • Pantyliner yang dirancang untuk keputihan ini sangatlah tipis, sehingga sang buah hati dapat menggunakannya seolah-olah tidak ada yang berbeda.
  • Pantyliner dapat menyerap sehingga membuat kulit tetap kering.
  • Meskipun menstruasi putri Anda tiba-tiba datang, Ia tidak perlu khawatir celana dalamnya kotor.
  • Menggunakan pantyliner adalah latihan praktik yang baik untuk putri Anda belajar mengganti pembalut saat Ia akan mengalami menstruasi pertama.
  • Pantyliner tidak akan menyebabkan penyakit seksual yang menular, ya Parents! Pastikan Anda dan putri Anda menggantinya dengan rutin.

Hal yang harus diingat!

  • Putri Anda mungkin mengalami kesulitan saat pertama kali mengalami keputihan. Bicaralah padanya jika Anda menyadari adanya kotoran pada pakaian dalam dan merasakan kekhawatirannya.
  • Keputihan memiliki dua peran penting, sebagai mekanisme pembersih diri dan membantu sperma untuk pembuahan kelak. Jumlah dan jenis keputihan dipengaruhi oleh siklus serta kondisi fisiknya. Meyakinkan putri Anda bahwa dirinya tidak sakit adalah tugas penting bagi Anda.
  • Gunakan pantyliner saat keputihan mulai keluar. Setelah putri Anda terbiasa menggunakan pantyliner, dengan mudah Ia akan menggunakan pembalut saat menstruasi pertamanya nanti.