Mati gaya saat mens? Yuk belajar DIY dari Youtube!

Mati gaya saat mens? Yuk belajar DIY dari Youtube!

3 min read

Duh, masa menstruasi di mulai lagi. Badan jadi mager, pengennya rebahan dan nyeri haid yang bikin bad mood seharian. No, no, no more~ Seorang Charm Girls harus tetap semangat dan produktif dong, ya nggak? Hehehe. Ada sebuah kegiatan yang asik banget untuk dilakukan tanpa harus menghabiskan banyak tenaga dan nggak perlu keluar rumah juga. Namanya D-I-Y!

Kamu tidak asing dengan istilah D-I-Y kan? Eits, ini bukan Daerah Istimewa Yogyakarta, lho. Hehehehe.

D-I-Y adalah Do It Yourself (DIY) atau kalau diartikan ke Bahasa Indonesia adalah ‘lakukan sendiri’. Ini salah satu kegiatan yang dilakukan dengan mudah dan nggak perlu bantuan dari orang jago serta menggunakan barang yang tak terpakai. Eh, tahukah kalo banyak banget hal di sekitar kita yang bisa kita manfaatkan dan ubah menjadi sebuah kerajinan bernilai seni, bisa jadi konten aesthetic sosial media kamu lagi Charm Girls. Yuk, kita cari tahu apa saja D-I-Y seru dan dapat kamu ikuti tutorialnya di YouTube!

1.Crochet dan Knitting
Crochet dan knitting sih kalau di Bahasa Indonesia sama-sama merajut, Charm Girls. Walaupun sama-sama merajut dan menggunakan benang sebagai medianya, crochet dan knitting itu berbeda pada alat dan tekniknya, lho Charm Girls. Crochet menggunakan alat yang disebut hook/hakpen/hakken, yang seperti jarum dengan ujung yang melengkung yang berfungsi untuk mengait benang. Kalau knitting sih kamu hanya perlu dua batang knitting needle/breien yang ujungnya lancip; seperti stick.

Crochet dan Knitting (Merajut)

Kira-kira kamu menyukai yang mana nih, Charm Girls? Semua balik lagi sama niat dan kenyamanan kamu sendiri! 

Ada beberapa channel YouTube yang punya tutorial asik dan mudah banget untuk diikuti nih. Bentuknya juga lucu-lucu dan kreatif banget! Gemas! 
a. Forthefrills 
b. Febe Andrian 
c. Brunaticality 
d. Anna Kallajian

2. Aksesoris Rambut, Scrunchies dan Bandana
Ikat rambut yang terkenal pada jaman dulu sekarang eksis lagi nih, Charm Girls! Artis-artis dan model terkenal sering menggunakan ikat rambut model scrunchies, seperti Bella Hadid, Miley Cyrus, Jennie Blackpink dan Hailey Bieber. Karena menggunakan kain yang lembut dan tidak menyiksa rambut, scrunchies jadi andalan banyak orang karena nggak membuat rambut cepat rusak dan rontok, Charm Girls.

Aksesoris Rambut

Begitu juga dengan bandana yang tiba-tiba hype lagi. Bandana ini punya banyak kegunaan lho, Charm Girls. Selain untuk melindungi kepala dari panasnya matahari, bisa untuk merapikan rambut yang tergerai dan semakin cantik deh.

Pengen pake scrunchies dan bandana terus bikin konten kece padahal lagi di masa menstruasi? Kedua aksesoris kece ini bikinnya gampang banget dan nggak perlu mesin jahit; nggak harus beli. Nih, beberapa YouTuber yang punya tutorial asik buat kamu, Charm Girls! 
a. HTTL handmade 
b. Sarah Ashley 
c. MEE YA

3. Lilin Aromaterapi yang Wangi
Di masa menstruasi, semua bagian dari tubuhmu akan lebih sensitif daripada biasanya; termasuk indra penciuman! Ada aroma nggak enak sedikit, kamu bisa langsung bete tuh. Kalau kamu seperti itu, cobain untuk bikin lilin aroma terapi sendiri di rumah, Charm Girls. Lilin aromaterapi bisa jadi solusi untuk membantu membuat otak lebih rileks.

Daripada beli, tak ada salahnya kamu mencoba membuatnya sendiri agar aroma lilin sesuai dengan yang kamu inginkan. Terlihatnya mungkin sulit, tapi mudah kok. Eh, karena membuat lilin membuatmu berurusan dengan api, ada baiknya kamu minta bantuan orang tua atau mereka yang lebih tua, ya. Sekalian ajak untuk bikin lilin bersama juga asyik, kok.

Nih, beberapa YouTuber yang rajin ngasih tutorial untuk bikin lilin aroma terapi. 
a. Cosy Owl 
b. Warm and Cozy 
c. Bramble Berry 
d. CandleScience