Make-up basic buat kamu yang masih remaja

Make-up basic buat kamu yang masih remaja

4 min read

Perkembangan fisik laki-laki dan perempuan pada saat pubertas tentunya berbeda. Untuk perempuan, pasti mulai memperhatikan wajah dan tertarik dengan make-up. Siapa Charm Girls di sini yang hobi nonton tutorial make-up dari beauty vlogger? Coba angkat tangan! Well, make-up memang nggak hanya untuk mempercantik tampilan wajah, tapi juga untuk mengekspresikan diri.

Menonton Tutorial Make-Up

Tapi buat kamu para remaja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih sebelum terjun ke dunia kecantikan! Pertama, beberapa sekolah juga biasanya punya peraturan yang nggak memperbolehkan kamu menggunakan make-up menor; paling hanya lip balm dan parfum saja. Selain itu, riasan wajah yang berlebihan bisa bikin wajah kamu terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya loh. Duh, nggak mau kan Charm Girls?

Pasalnya, kulit remajamu juga masih terbilang sensitif dan lebih rentan terkena masalah kulit. Sedikit bocoran aja nih, make-up memiliki banyak banget bahan kimia, lho. Misalnya, Formaldehida, Paraben, Petrolatum, Triclosan dan Sodium Lauryl Sulfate… Kalau wajahmu kena bahan-bahan ini terus-terusan, bisa bahaya!

Jadi, make-up seperti apa sih yang cocok untuk remaja? Nah, buat kamu yang tertarik belajar lebih lanjut tentang make-up, yuk intip tips berikut supaya riasan kamu tetap terlihat natural dan aman bagi kulit!

1.Gunakan base make-up yang ringan
Untuk mendapatkan look yang natural, kamu bisa menggunakan base make-up yang ringan seperti BB Cream atau CC Cream. Keduanya merupakan produk foundation namun dengan formula yang lebih ringan dan lembab, sehingga cocok untuk kamu yang masih remaja! Walaupun ringan, BB Cream dan CC Cream tetap berfungsi seperti base make-up pada umumnya, seperti meratakan warna kulit dan mencerahkan wajah.

Kedua produk tersebut juga mampu menutup noda jerawat yang timbul setelah atau selama masa menstruasi. Jangan lupa untuk memilih varian shades yang sesuai dengan warna kulitmu ya! Supaya tampilan riasmu tetap terlihat natural dan nggak belang dengan warna kulit asli kamu.
 

Gunakan Make-Up Ringan


2. Pilih warna blush on yang tepat
Supaya riasan wajahmu terlihat segar, jangan lupa gunakan blush on! Tapi jangan sampai salah pilih warna blush on karena bisa bikin make-up kamu terlihat lebih menor. Warna blush on yang tepat bisa disesuaikan dengan warna kulit kamu.

Kalau kulitmu cenderung berwarna putih cerah atau kuning langsat, kamu bisa memilih warna-warna pastel seperti pastel pink atau peach. Sedangkan untuk kamu yang berkulit sawo matang atau gelap, bisa menggunakan blush on dengan nuansa warna merah kecoklatan, seperti coral atau terracotta. Cukup aplikasikan tipis-tipis ke pipi dan baurkan di area tulang pipi untuk memberikan tampilan yang segar serta mempertegas bentuk wajah.

3. Lipstik, lip tint, atau lip gloss?
Walaupun kedengarannya mirip, ternyata lipstik, lip tint, dan lip gloss punya perbedaan dan ciri khas masing-masing loh, Charm Girls! Lipstik merupakan salah satu make-up bibir yang paling umum. Biasanya lipstik menghasilkan warna yang lebih intens dan vibrant, serta mampu menutup warna asli bibir kamu.

Nah, kalau lip tint merupakan pewarna bibir yang berbahan dasar air dan gel sehingga warnanya nggak terlalu intens dan terlihat menyatu dengan warna asli bibirmu. Sedangkan lip gloss adalah make-up bibir dengan warna natural yang bisa memberikan efek berkilau pada bibir serta melembabkan karena mengandung minyak.

Lalu mana yang cocok buat remaja ya? Ketiganya bisa digunakan tergantung keinginan dan kebutuhan kamu, Charm Girls! Lip tint atau lip gloss bisa digunakan untuk make-up sehari-hari yang terlihat natural. Tapi kamu juga bisa bereksperimen dengan lipstik berwarna lembut untuk membuat wajah lebih cerah dan merona.
 

Warna Make-Up Natural

4. Alis on-point tapi natural
Tampilan alis yang kece juga penting banget untuk mempertegas bentuk wajah kamu. Tapi supaya tetap terlihat natural, pilih warna yang sesuai dan nggak perlu dibentuk secara berlebihan ya, Charm Girls! Cukup sisir alis lalu isi bagian yang kosong dan bentuk bagian luar dengan pensil alis, setelah itu sisir kembali untuk meratakan warnanya.

5. Bersihkan wajah setelah menggunakan make-up atau sebelum tidur!
Walaupun make-up memang memberikan efek cantik dan segar secara instan, bukan berarti kamu nggak perlu merawat wajah kamu loh! Masalah kulit seperti kusam, jerawat, atau minyak berlebih biasanya muncul karena malas merawat wajah, pola hidup kurang sehat, hingga penggunaan make-up yang kurang tepat.

Kuncinya, kamu harus tetap merawat wajah kamu dengan menghapus make-up dan mencuci wajah dengan sabun pembersih sebelum tidur ya, Charm Girls!