Capcipcup, ini dia skincare yang cocok buat kamu

Capcipcup, ini dia skincare yang cocok buat kamu

6 min read

Nyadar nggak sih semenjak kamu mengalami masa menstruasi pertama, banyak banget hal yang terjadi sama tubuh kamu. Dari luar sih keliatan banget perbedaan fisik laki-laki dan perempuan, Charm Girls. Cobain deh, bercermin. Apakah kamu melihat bagaimana tubuhmu, misalnya pinggul yang mulai berisi, payudara yang juga tumbuh dan hadirnya jerawat! Oh, no! Iya, kamu nggak salah dengar kok.

Baca Juga : Make-up basic buat kamu yang masih remaja - Charm Girl's Talk
 

Karena sekarang kamu udah aware sama yang namanya tubuh sendiri! Walaupun kecil, masalah kaya komedo dan jerawat mulai bikin kamu sebel dan mulai mikir-mikir untuk mulai pake skincare. Skincare adalah serangkaian perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, Charm Girls. Keren sih, kamu sudah ada niat untuk menjaga diri sejak dini biar pas dewasa nanti, kulitmu bisa bagus!

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan banget soal skincare, nih, Charm Girls! Mending langsung kita cek yuk~

Capcipcup, ini dia skincare yang cocok buat kamu
Jenis Kulit Perempuan

1.Cari tahu seperti apa kulitmu

Sebelum kamu membeli skincare, ada satu yang wajib banget dilakukan yaitu menentukan jenis kulit. Ini penting banget, Charm Girls! Jadi, kulit setiap anak perempuan tuh berbeda, lho. Ada 5 jenis kulit secara umum, yaitu:

- Kulit Normal 
Jenis kulit seperti ini punya keseimbangan antara jumlah kandungan air dan minyak, jadi wajahmu terasa tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu berminyak. Charm Girls. Pasti nyaman deh kalau punya kulit yang normal seperti ini!

- Kulit Kering 
Wah, kalo kulitmu terasa kering dan mudah pecah-pecah berarti kamu punya kulit yang kering. Kulit ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik, usia, perubahan hormon, cuaca dingin, paparan sinar matahari, air panas atau efek samping obat-obatan.

- Kulit Berminyak 
Kebalikan dari kulit kering nih, Charm Girls. Kulit berminyak rajin banget ngehasilin minyak alias sebum. Sebenarnya, tujuan si kulit ini sih baik, karena pada umumnya minyak memang dibutuhkan oleh kulit biar nggak kering eh tapi malah kebanyakan. Kulit berminyak biasanya terlihat berkilau namun kusam. Memiliki pori-pori yang besar, komedo dan jerawat.

- Kulit Kombinasi 
Dari namanya aja udah jelas, jenis kulit kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak di area dagu, hidung dan dahi dan kulit kering di area pipi (T Zone).

- Kulit Sensitif 
Ini adalah jenis kulit yang peka banget. Gampang bereaksi dan menjadi merah serta perih. Apalagi jenis kulit seperti ini bakalan mudah berjerawat dan iritasi.

Bingung ya kulitmu masuk di jenis yang mana? Kamu bisa ikuti cara ini, Charm Girls.

a. Cuci wajahmu seperti biasa, gunakan air dengan suhu yang normal, ya. Untuk mengeringkannya jangan digosok, apalagi dengan kasar; cukup ditepuk-tepuk dengan tisu atau handuk yang lembut.
b. Setelah itu jangan gunakan apapun di wajahmu, biarkan saja wajahmu selama 30 menit, Charm Girls.
c. Lalu, coba tekan-tekan wajahmu dengan tisu atau blotting paper pada seluruh wajah. Mulai dari area pipi, kemudian dagu, hidung dan dahi, serta seluruh wajah kalian.
d. Jadi, kalo terlihat banyak minyak; berarti jenis kulit wajahmu adalah kulit berminyak. Kalo minyak lebih banyak di area dagu, hidung dan dahi berarti kamu memiliki kulit kombinasi. Kalo kulitmu terasa lembab dan baik-baik saja, berarti jenis kulitmu adalah normal… Dan, yang terakhir, jika minyaknya ada sedikit sekali berarti jenis kulit wajahmu kering.

2. Pas beli, pastikan itu adalah yang kamu butuhkan

Pas lagi scrolling-scrolling timeline, rasanya banyak banget influencer yang promosiin skincare. Mulai dari toner, serum, moisturizer, cream wajah dan lain-lainnya. Duh, rasanya bingung banget nggak sih harus pilih yang mana? Nah, ada baiknya kamu abaikan review-review yang belum tentu bisa dipercaya. Beneran deh, terkadang bahkan influencer tersebut bisa saja dibayar tuh, Charm Girls!

Skincare juga bukan hal yang murah, lho! Beberapa dari kamu juga harus menabung untuk membelinya. Mendingan, kamu sesuaikan saja dengan dirimu saja. Apalagi, di usiamu yang sekarang. Kamu belom membutuhkan skincare yang macem-macem banget kok. Harus diingat nih, tujuan skincare tuh untuk menjaga kulitmu agar tetap sehat, bukan berarti bisa cantik dengan waktu instan. Lagi pula, semua anak perempuan termasuk kamu akan menjadi cantik pada waktunya! Let it flow, okay?

Capcipcup, ini dia skincare yang cocok buat kamu
Skincare untuk Remaja

3. Basic skincare buat kamu!

Basic skincare adalah skincare dasar yang bisa kamu jadikan permulaan untukmu. Jenis dan urutan skincare untuk harus diperhatikan banget biar nggak ada kesalahan. Sayang banget kalo perawatanmu jadi nggak maksimal. Dari pada bingung, ini jenis dan urutan skincare yang bisa banget kamu jadikan acuan ya, Charm Girls.

- Sabun cuci muka 
Wajib punya banget nih, Charm Girls. Sabun cuci muka adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan saat memulai skincare baik di pagi hari atau pun di malam hari. Apapun jenis kulitmu, pilih sabun cuci muka yang ringan dan bisa bikin kotoran dan debu minggir dari wajah! 

Untuk mencuci muka sih, sebaiknya jangan terlalu sering dan menggunakan air dingin atau hangat-hangat kuku. Saat mengeringkannya juga jangan digosok kasar, cukup di tap-tap alias ditepuk-tepuk pelan dengan handuk lembut atau tisu. Next!

- Pelembab 
Wajah sudah bersih, waktunya kamu memakai pelembab. Pelembab sendiri nggak perlu dipakai banyak-banyak kok, cukup sebesar kuku dan oleskan ke seluruh wajah deh, Charm Girls. Pelembab sendiri bisa bikin kulit kamu terhidrasi dan terasa kenyal.

- Sunscreen 
Ini juga nggak kalah penting, manfaat sunscreen bakal kamu nikmatin beberapa tahun ke depan, Charm Girls. Walaupun kamu nggak kemana-mana, sinar matahari bersama UVA/UVB mungkin banget membuat kulit menjadi lemah; jadi gunakan sunscreen sebanyak 2 ruas jari untuk melindunginya, ya, Charm Girls.

- Lip balm 
Bibir juga perlu perawatan biar nggak terasa kering dan menjadi pecah-pecah,Charm Girls. Lip balm akan membantu melembabkan bibir agar tidak kerasa perih. Berbeda dengan lipstick, lip balm tidak memiliki warna; dan kalau adapun pasti natural. Jadi, Charm Girls bisa mengoleskannya pada bibir kapanpun saat diperlukan.

Capcipcup, ini dia skincare yang cocok buat kamu
Iritasi atau Alergi Kulit

4. Say no to skincare abal-abal
Di luar sana juga ada skincare yang berbahaya untuk kulitmu, Charm Girls. Janjinya sih bisa mengatasi kulitmu dengan waktu cepat, biar cantik instan. Mulai dari memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan glowing! Apalagi, krim wajah kayak gitu dijual dengan harga murah banget! Banyak juga yang mengaku krim tersebut adalah racikan dokter kulit ternama! Waduh, warning, Charm Girls! Kamu harus berhati-hati dan curiga terhadap kandungan dari produk tersebut.

Perhatikan setiap kandungan Hidroquinon, Merkuri. Asam Retinoat dan lainnya. Pokoknya untuk wajahmu, jangan pilih sembarangan ya, agar tidak terjadi iritasi atau alergi pada kulitmu! Kalo mau tahu lebih lanjut kamu boleh cek artikel di Charm Girls Talk lainnya yang ngebahas seputar skincare, lho!

5. Jangan ganti-ganti skincare
Terlalu sering berganti skincare tuh nggak bagus buat kulit karena hasil maksimal dari skincare biasanya membutuhkan waktu mingguan hingga bulanan. Proses perawatannya justru bisa terhambat dan kamu bakalan sulit menemukan hasilnya. Kalo kamu ingin menambahkan produk skincare lain di rutinitasmu, lakukanlah secara perlahan. Jangan semuanya sekaligus, ya Charm Girls.