Kembali

Edukasi

Berikut Ciri-ciri Payudara Tumbuh Pada Wanita

Berikut Ciri-ciri Payudara Tumbuh Pada Wanita


Memasuki masa remaja, banyak dari kita cewek-cewek yang mulai menyaksikan dan merasakan berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh. Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dan kadang kala menyebabkan kecemasan adalah pertumbuhan payudara. Ngaku deh, Charm Girls pasti sering menantikan kemunculan ciri-ciri payudara tumbuh pada tubuhmu, kan?

Yap, ini adalah salah satu petualangan baru yang menandakan kita mulai beranjak dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Di tengah perubahan fisik yang cepat dan beragam, mungkin sulit untuk membedakan ciri-ciri pubertas yang normal dan mana yang tidak. 

Tenang saja, kamu tidak sendirian! Banyak remaja perempuan lainnya yang mengajukan pertanyaan seperti "Apakah ukuran payudara ku normal untuk umurku?" atau "Kenapa payudara ini terasa nyeri?". Kita jawab sama-sama, yuk!

Pertumbuhan Payudara sesuai Umur

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan signifikan seiring bertambahnya usia. Faktanya, payudara sudah mulai terbentuk sejak dalam kandungan. Pada masa bayi, puting dan sistem saluran susu sudah terbentuk.

Perubahan besar pertama terjadi saat pubertas. Hormon estrogen memicu pertumbuhan lobus (kelenjar susu) dan jaringan lemak di payudara. Hal ini menyebabkan payudara membesar dan sistem saluran susu berkembang.

Ada beberapa tahap pertumbuhan payudara yang harus dilalui wanita. Seperti apa ukuran payudara sesuai umur?

Masa Pra-remaja (8-13 tahun)

  • Tahap 1

Pertumbuhan payudara dimulai dengan penebalan di area dada yang disebut mammary ridge. Puting susu dan permulaan sistem saluran susu terbentuk. Pada tahap ini, ujung puting mulai terangkat.

Masa Remaja (13-18 tahun)

  • Tahap 2

Hormon estrogen diproduksi oleh ovarium, memicu pertumbuhan payudara dan sistem saluran susu. Payudara mulai membesar dan terasa lebih sensitif. Tunas payudara muncul dan area gelap di sekitar puting susu (areola) membesar.

  • Tahap 3

Jaringan kelenjar payudara mulai berkembang. Jaringan lemak akan membesar, bentuk payudara juga lebih besar dan bulat. Puting payudara belum terlihat, tapi area areola mulai menggelap dan bengkak.

  • Tahap 4

Puting dan areola mulai menonjol. Jaringan lemak payudara juga semakin tumbuh membuat payudara membesar dan semakin mengencang.

  • Tahap 5

Pada tahap akhir, payudara menjadi bulat dan matang dengan hanya bagian puting yang menonjol. Tahap kelima ini akan memakan waktu sekitar 3-5 tahun bahkan ada perempuan yang butuh waktu sampai 10 tahun.

Apa Saja Ciri-ciri Payudara Tumbuh?

Pernahkah kamu merasa bra-mu mulai terasa sesak dan tidak nyaman? Atau mungkin kamu mulai merasakan sensasi baru di area dada? Bisa jadi itu adalah tanda-tanda bahwa payudara kamu mulai tumbuh.

Selain sensasi tersebut, ada juga beberapa hal lain yang mungkin sudah sering Charm Girls alami dan menjadi salah satu ciri-ciri payudara tumbuh. Apa saja, ya?

  • "Benjolan" Misterius di Bawah Puting

Pernahkah Charm Girls merasakan benjolan kecil di bawah puting? Jangan khawatir, benjolan ini normal kok! Benjolan ini merupakan jaringan kelenjar susu yang mulai berkembang. Biasanya, benjolan ini terasa keras saat diraba dengan halus.

  • Gatal dan Lembut di Area Dada

Saat payudara mulai tumbuh, area di sekitar puting dan dada mungkin terasa gatal dan lebih lembek. Hal ini disebabkan oleh peregangan kulit akibat pertumbuhan jaringan payudara.

  • Nyeri Payudara

Beberapa remaja mungkin merasakan nyeri pada payudaranya saat disentuh. Nyeri ini disebabkan oleh hormon yang memicu pertumbuhan jaringan payudara.

  • Sakit Punggung

Pertambahan berat badan akibat pertumbuhan payudara dapat menyebabkan sakit punggung pada beberapa remaja.

  • Payudara Lebih Bulat dan Penuh

Ciri payudara tumbuh lainnya adalah payudara yang berbentuk lebih bulat dan terasa lebih penuh seiring perkembangannya.

  • Perubahan Puting dan Areola

Ciri payudara tumbuh selanjutnya, adalah area puting (areola) akan terlihat lebih gelap dan besar. Puting juga akan menjadi lebih menonjol.

  • Waktunya Pakai Bra!

Saat kamu mulai merasakan tanda-tanda di atas, ini adalah waktu yang tepat untuk mulai memakai bra. Bra akan membantu menopang payudara dan mencegah rasa tidak nyaman yang Charm Girls mungkin rasakan.

Bagaimana dengan Ciri Pubertas Lainnya?

Banyak orang mungkin hanya fokus pada pertumbuhan payudara atau menstruasi sebagai tanda pubertas pada anak perempuan. Tapi, tahukah kamu bahwa ada banyak ciri lain yang menandakan kamu mulai bertransformasi menjadi wanita dewasa?

  • Munculnya Rambut Halus di Area Tertentu

Perhatikan area ketiak, kemaluan, dan kaki. Jika kamu mulai menemukan rambut halus di area tersebut, itu tandanya hormon pubertas mulai bekerja! Jangan panik, ya! Rambut-rambut ini adalah hal yang normal dan akan terus tumbuh seiring waktu.

  • Bau badan

Remaja juga cenderung lebih mudah berkeringat akibat perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh, bahkan jika tidak beraktivitas yang terlalu berat. Ini juga merupakan salah satu ciri-ciri pubertas, lho. 

Tapi hati-hati, Charm Girls. Produksi keringat yang banyak ini juga jadi penyebab munculnya bau badan. Apalagi kalau kamu tidak rajin menjaga kebersihan diri dengan baik.

  • Menstruasi Pertama (Menarche)

Menarche adalah menstruasi pertama yang dialami anak perempuan. Biasanya terjadi antara usia 12-15 tahun, tapi bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Tanda-tanda menstruasi pertama bisa berupa kram perut, keluarnya flek darah, hingga perubahan mood.

  • Tumbuhnya Jerawat

Hormon pubertas juga dapat menyebabkan jerawat di wajah, dada, dan punggung. Jangan khawatir, jerawat ini normal dan bisa diatasi dengan perawatan kulit yang tepat.

  • Perubahan Bentuk Tubuh

Pinggul akan mulai melebar dan pinggang terlihat lebih ramping. Berat badan dan tinggi badan juga akan bertambah pesat (growth spurt). Hal ini dipengaruhi oleh growth hormone atau hormon pertumbuhan yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari di otak.

  • Perubahan Emosi

Perubahan hormon dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang lebih mudah naik turun. Kamu mungkin merasa lebih mudah marah, sedih, atau senang. Hal ini normal dan akan stabil seiring waktu.

Charm Extra Maxi-Z, Pembalut Tepat Saat Pubertas!

Buat Charm Girls yang sempat panik saat menstruasi pertama datang hingga merasa khawatir dan enggak nyaman karena takut bocor, kamu sama sekali enggak sendirian. Masa pubertas memang penuh dengan perubahan dan kejutan.

Tapi, jangan khawatir! Charm Extra Maxi-Z hadir sebagai teman setia untuk menemanimu melewati masa pubertas dengan nyaman dan percaya diri. 

Permukaannya yang lembut bersahabat banget buat kulit. Kamu bisa tetap nyaman beraktivitas tanpa harus merasa enggak nyaman atau khawatir iritasi.

Pembalut Charm Extra Maxi-Z juga dilengkapi teknologi saya pelindung yang mencegah pembalut bergeser dan teknologi Double Block Line, sehingga bisa memberikan perlindungan maksimal dari bocor. Lebih aman bahkan ketika diajak bergerak sepanjang hari.

Pembalut ini juga memiliki bantalan elastis sehingga tidak mudah berkerut. Aktivitas apa pun yang kamu lakukan, pembalut ini akan selalu kembali ke bentuk semula. Enggak lagi khawatir bocor, deh!

Jangan biarkan menstruasi menghalangi aktivitasmu! Gunakan Charm Extra Maxi-Z dan rasakan sensasi nyaman dan bebas sepanjang hari.

ciri ciri payudara tumbuh
ukuran payudara sesuai umur
Komentar (0)
A

floating-icon