Oh, ini dia perbedaan fisik perempuan dan laki-laki

Oh, ini dia perbedaan fisik perempuan dan laki-laki

5 min read

Seperti yang kita semua tahu, Charm Girls. Manusia bisa berdiri, duduk, tidur, dan berlari dengan mudah. Walaupun perkembangan fisik laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan; seperti anak perempuan yang kedatangan tanda-tanda menstruasi pertama ataupun anak laki-laki yang mengalami mimpi basah, ada beberapa perbedaan fisik laki-laki dan perempuan yang dapat terlihat dari komponen tubuh.

Perbedaan fisik ini nggak hanya terlihat pada pubertas, tapi manusia secara keseluruhan lho, Charm Girls. Btw, ada satu hal nih yang harus kalian ingat, setidaknya harus tahu… Perbedaan fisik laki-laki dan perempuan ini bukan berarti ada salah satu yang lebih jagoan, Charm Girls. Perbedaan inilah yang membuat semuanya dapat saling melengkapi! Yuk, buruan kita cari tahu perbedaan fisik seperti apa saja sih yang ada!

1. Otot

Oh, ini dia perbedaan fisik perempuan dan laki-laki
Sistem Otot Tubuh

Manusia bisa bergerak karena adanya sistem otot, begitu juga dengan organ-organ dalam tubuhmu. Dari gerakan berat seperti berlari atau mengangkat beban sampai gerakan ringan seperti berkedip tuh membutuhkan otot, Charm Girls. Tapi, otot juga punya tugas lainnya, lho. Tak hanya sebagai penggerak tubuh; otot juga berperan penting untuk menjaga keseimbangan biar kamu nggak jatuh dan juga mengatur postur tubuh.

Nah yang ngebedain otot laki-laki dan perempuan adalah kuantitasnya. Keberadaan hormon testosteron yang dimiliki laki-laki tuh menentukan kuantitas otot, lho… Jadi inilah alasan mengapa laki-laki akan mempunyai banyak otot. Begitu juga sebaliknya; hormon testosteron hampir tidak dimiliki oleh perempuan, sehingga otot pada tubuh perempuan lebih cenderung kencang dan padat dibandingkan membesar seperti otot laki-laki. Dari 650 otot yang dimiliki manusia, otot perempuan hanya terdiri dari 35 persen dari tubuh, sedangkan untuk laki-laki ototnya memenuhi 45 persen di tubuhnya.

2. Lemak

Oh, ini dia perbedaan fisik perempuan dan laki-laki
Lemak Tubuh

 

Siapa yang bilang kalo tubuh itu nggak boleh punya lemak? Biarpun suka dianggap ganggu dan bikin penampilan jadi jelek; dalam jumlah yang pas, lemak menjadi nutrisi yang dibutuhkan banget oleh tubuh. Apalagi tubuh kita ternyata tidak bisa menghasilkan lemak sendiri. Kamu harus berterima kasih kepada lemak yang sudah membantu mencerna vitamin, menjadi sumber energi dan menjaga kamu biar nggak kedinginan, Charm Girls!

Nah, perbedaannya adalah perempuan mempunyai lebih banyak lemak di tubuhnya daripada laki-laki. Lemak yang terkandung pada tubuh perempuan terdapat sekitar 27 persen, sedangkan pada laki-laki hanya 16 persen dari seluruh tubuh. Wajar kok, lemak-lemak tersebut akan kamu temui di payudara serta panggul saat kamu dewasa nanti, Charm Girls.

3. Kulit

Oh, ini dia perbedaan fisik perempuan dan laki-laki

Hormon emang mengatur semua yang terjadi pada tubuh, ya Charm Girls. Nah, perbedaan kadar hormon pada tubuh laki-laki dan perempuan juga menimbulkan perbedaan antara ketebalan kulit wanita dan pria. Rata-rata kulit pria lebih tebal 20-25% dari kulit perempuan. Nah, karena memiliki kulit yang lebih tebal, kulit pria juga cenderung lebih kuat jika dibandingkan dengan kulit perempuan.

Kulit laki-laki juga punya kadar kolagen yang 25% lebih tinggi dan membuat mereka tampak lebih awet muda dibandingkan dengan perempuan, Charm Girls!

4. Rambut dan bulu-bulu halus
Selain rambut yang tumbuh di kepala, laki-laki punya rambut di wajah seperti kumis dan jenggot. Tentu saja berbeda kan sama perempuan yang wajahnya jarang sekali memiliki rambut. Begitu juga rambut dan bulu pada seluruh bagian tubuh. Rambut tubuh pada laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan terutama dalam hal tekstur dan tempat tumbuhnya. Tekstur rambut tubuh pada laki-laki cenderung lebih tebal dan terlihat lebih lebat. Apalagi di ketiak, kaki dan lengan.

Sebenarnya, perempuan juga punya rambut dan bulu-bulu di tempat tersebut namun nggak setebal itu kok, Charm Girls! Tumbuh bulu itu wajar banget lho Charm Girls! Bulu-bulu juga memiliki peranan; seperti bulu kaki yang menjaga suhu tubuh, bulu hidung dan alis mencegah debu masuk ke dalam tubuh, bulu ketiak yang menjaga gesekan kulit hingga bulu kemaluan yang menjadi tempat bakteri baik!

5. Alat reproduksi

Oh, ini dia perbedaan fisik perempuan dan laki-laki
Sistem Reproduksi Laki-laki dan Perempuan

Ini sih bagian yang paling membedakan, Charm Girls! Sistem reproduksi pada manusia, baik laki-laki dan perempuan, punya bagian serta tugasnya masing-masing untuk tujuan yang sama… Ya, untuk berkembang biak! Pastikan saat kamu membaca bagian ini, kamu ditemani orang tuamu ya! Jadi, yuk kita lihat perbedaannya.

Perempuan
Sistem reproduksi perempuan terdiri dari beberapa organ yang ada di dalam tubuh dan di sekitar panggul perempuan, dan bertugas terhadap proses reproduksi. Ada tiga bagian yang utama nih:
1. Vulva. Ini bagian yang mengarah ke vagina dan lubang vagina.
2. Rahim. Sebuah tempat yang menahan janin yang sedang berkembang.
3. Ovarium. Tempat sel telur diproduksi. (Baca juga artikel tentang Ovarium lainnya untuk lebih tahu fungsi Ovarium ya Charm Girls)

Laki-laki
Kebalikannya dari organ reproduksi perempuan, sistem reproduksi laki-laki berada di luar tubuh dan di sekitar panggul. Nih, tiga bagian yang utama, yaitu:
1. Penis. Saluran untuk sperma yang akan keluar dari dalam tubuh.
2. Skrotum. Kantong kulit yang menggantung pada pangkal penis. Kantong kecil dan berotot ini melindungi testis, serta saraf dan pembuluh darah.
3. Testis. Tempat kelenjar sperma dan hormon testosteron diproduksi.

Sebenarnya, masih banyak lagi yang harus kamu pelajari tentang organ reproduksi ini, Charm Girls! So, mampir terus ke Charm Girl’s Talk ya! Jangan malu untuk bertanya sama orang tuamu di rumah kalo ada yang kamu bingungkan ya!