Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!

6 min read

Ini bakalan agak serius…. 

Charm Girls, bukannya mau nakut-nakutin; tapi menjadi anak perempuan butuh banget untuk melindungi diri sendiri. Kejahatan emang ada di mana-mana dan mungkin saja kamu adalah sasarannya. Sedih juga sih, kalo tahu bahwa selalu dilihat sebagai makhluk yang lemah. Namun hal itu bukan berarti bahwa perempuan harus ngalah saja, nyerah sama keadaan. 

Ini adalah waktu yang bagus untuk kamu belajar tentang cara melindungi dirimu sendiri, Charm Girls. Nggak perlu khawatir. Menjaga diri tak harus tentang belajar pukul-pukulan dan kekerasan, Charm Girls; tapi tentang merawat diri agar jauh dari bahaya. Bukan untuk orang lain tapi untukmu sendiri.

Baca Juga : Mendukung BFFku yang baru menstruasi pertama kali - Charm Girl's Talk

Apalagi setelah kamu mengalami pubertas, mengalami masa menstruasi dan menjadi dewasa yang nggak bisa selalu bergantung pada orang lain; karena ini merupakan tanggung jawab, bentuk bersyukur dan self-love masing-masing orang. Mari kita lihat bagaimana sih cara menjaga diri untuk anak perempuan seperti kamu!

Jagalah tubuhmu, jagalah kesehatanmu
Charm Girls, sadarkah kamu bahwa tubuhmu hanya ada satu yang akan ada bersamamu sampai nanti? Kamu nggak bisa mengganti tubuhmu atau membeli bagiannya! Kalo bisa, juga gimana caranya? Serem, hi! Tubuhmu bakal jadi temanmu sepanjang usia. Jadi, kamu wajib banget nih untuk menjaga tubuhmu dengan cara memperhatikan kesehatannya.

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!
Makanan Sehat

1. Berikan tubuhmu makanan yang sehat 

Ini emang saran yang pasti udah kamu sering temukan, namun ngejaga makanan yang masuk ke dalam tubuhmu adalah cara yang paling ampuh dan terbukti. Tubuhmu bakalan butuh banget makanan-makanan tersebut untuk tumbuh serta berkembang. Kalo nggak, tubuhmu nanti mudah sakit dan nggak bisa bekerja dengan maksimal.


 

 

 

2. Bergerak aktif setiap hari 

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!
Olahraga

 

Godaan untuk rebahan itu nggak ada duanya. Tapi, tubuh diciptakan untuk digunakan dengan aktif. Jangan sampe tubuhmu menjadi kaku. Caranya bebas, mau diajak berolahraga seperti lari, senam, atau berenang; menari ala-ala K-Pop atau membereskan rumah pun nggak masalah. Asalkan tubuhmu selalu aktif bergerak!

 

 

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!
Tidur Cukup

 

 

3. Tidur yang cukup. No begadang, no kebanyakan tidur 

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!
Bersihkan Diri

Efek begadang nggak ada yang bagus-bagusnya bagi tubuh; diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung bisa mengintaimu. Begitu juga kalo kamu kebanyakan tidur, menjadi pemalas tuh nggak enak, Charm Girls. Banyak hal bisa terlewatkan olehmu.





 

4. Mandi 

Membersihkan diri dari ujung rambut, wajah, gigi, seluruh tubuh hingga kuku kaki memberikan kamu banyak manfaat. Kamu juga terhindar dari kuman dan virus-virus jahat!









Menjaga bagian terpenting, organ Intim kamu!

Menjaga reproduksi sama pentingnya dengan menjaga tubuh secara menyeluruh. Organ intim yang nggak dijaga dan dirawat dengan baik, bakal jadi masalah. Dari masalah kesehatan, hingga masalah sosial, Charm Girls! Wah segitunya? Pengetahuan reproduks ini penting banget mencegah berbagai penyakit seksual, serta baik untuk masa depannya kelak.

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!

1. Cari tahu tentang dirimu 

Di Charm Girl’s Talk, banyak banget konten yang bisa kamu baca sendiri atau bersama orang tuamu untuk mengetahuinya bagaimana tubuhmu dan organ intim kamu bekerja; hindari baca-bacaan hoax di internet juga ya! Kamu bisa juga mempelajari hal ini dengan aktif langsung bertanya dengan orang di rumah. Nggak ada yang salah untuk mengetahui hal ini, so, nggak usah malu, Charm Girls!

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!
Gunakan Pakaian Dalam



2. Gunakan pakaian dalam yang nyaman 

Gantilah pakaian dalam minimal dua kali sehari dengan bahan yang mudah menyerap keringat, Charm Girls.

 

 

 


 

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!
Bersihkan dengan Air dan Keringkan

3. Membersihkan setelah buang air 

Caranya gampang banget, basuh menggunakan air bersih dari arah depan ke belakang, supaya kuman yang dari anus tidak masuk ke dalam organ intim. Lalu sebelum menggunakan pakaian dalam, jangan lupa keringkan ya!


 

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!
Berani Katakan Tidak

 




4. Jangan biarkan orang lain menyentuh organ intim kamu. JANGAN! 

Beranilah untuk katakan “tidak” kepada orang lain, bahkan mereka yang terdekatmu nggak punya alasan untuk menyentuhmu. Kalo dibiarkan kamu bisa terkena kejahatan seksual! Segera bilang sama orang tuamu jika ada yang melakukan hal ini, Charm Girls.



Dan hal-hal lainnya yang nggak kalah penting
Cie, kamu sudah tau menjaga apa yang terlihat oleh mata. Ini waktunya menjaga yang nggak terlihat oleh mata! Beberapa hal ini juga perlu diperhatikan, supaya kamu bisa dapat selalu fokus melakukan hal yang penting dalam hidupmu:

1. Positive vibe, Charm Girls! 
Kalo kamu memandang dirimu dan hidup dengan negatif, maka kamu bakal merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, kalo membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis.

2. Bersyukur 
Tuliskan dan ingat apa saja yang membuatmu senang. Lalu menikmati perasaan tersebut dalam hatimu, Charm Girls.

3. Pilih teman yang suportif 
Yes, kamu boleh kok pilih-pilih teman! Kamu akan bertemu banyak tipe orang di dunia. So, pastikan temanmu dapat membuatmu tertawa, memberikan energi positif dan membuatmu lebih baik, Charm Girls.

Harus tahu, ini dia cara cewek menjaga diri!
Positive Vibe dengan Teman Suportif

4. Pelajari hal baru setiap hari 
Ingatlah bahwa dunia sangatlah luas dan terlalu banyak hal baru untuk terus dieksplorasi dan dipelajari setiap hari. Banyak sekali hal yang dapat memberikan kebaikan untuk pengembangan diri. Terlebih untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu, Charm Girls.

5. Latihan bela diri 
Biar kamu punya pertahanan diri yang kuat, cobain deh mempelajari teknik bela diri khusus untuk menjaga diri dari bahaya pelecehan seksual. Kamu tidak perlu mempelajari ilmu bela diri sampai sabuk hitam atau tingkatan yang paling tinggi tetapi cukup tahu teknik yang tepat dan mudah diaplikasikan untuk menjaga dirimu.