Aku sudah menstruasi duluan, jadi minder nih!

Aku sudah menstruasi duluan, jadi minder nih!

4 min read

Penasaran deh, coba yang udah dapat menstruasi pertamanya duluan dibanding temen-temen lain boleh ngacung dong? Charm Girls, pubertas tuh emang sebingungin itu kok! Banyak banget yang terjadi sama tubuhmu. Selain masa menstruasi yang siap nyamperin kamu kurang lebih sebulan sekali, membiasakan diri pakai mini-set karena payudara yang membesar dan bulu-bulu tumbuh di beberapa bagian tubuh.

Coba inget-inget deh, kaya gimana tanda-tanda menstruasi pertama kalian? Ada yang mengalami keputihan atau tiba-tiba langsung PMS? Ngerasain nyeri haid dan langsung berdarah? Tentu saja, pengalaman tiap cewek tuh beda-beda, Charm Girls. Ada yang pertama kali ‘dapet’ pas lagi di rumah, ada yang lagi di sekolah, ada yang dapet paling terlambat dan ada yang dapet duluan dibandingkan temen-temen.

Baca Juga : Di usia berapa kamu mendapatkan menstruasi pertama, bagaimana harus mempersiapkan diri, dan apa yang harus dilakukan saat itu terjadi? - Charm Girl's Talk

Huft, pubertas nggak asik nih. Pubertas dan menstruasi memang nggak bisa dibikin kompakan sama temen-temen kamu, Charm Girls. Banyak faktor yang mempengaruhi datangnya menstruasi sih, mulai dari genetik dan keturunan, gaya hidup, pola makan, aktivitas dan lainnya. Rasa minder tentunya menghampiri, padahal rasanya belom siap jadi dewasa. Mengalami menstruasi pertama dan duluan dari yang lain mungkin bikin kamu nggak percaya diri, ya takut darahnya bocor dan diomongin orang-orang, ataupun stigma lainnya tentang menstruasi.

Aku sudah menstruasi duluan, jadi minder nih!
Tenang dan Tarik Nafas

Kalo kamu ngerasa seperti itu, pas banget! Yuk, sama-sama kita tenang dan tarik nafas dan coba untuk memahami ini dan temukan kePD-anmu!

Pertama, ingatlah menstruasi adalah hal yang normal
Cepat atau lambat, apabila kamu dalam keadaan sehat; masa menstruasimu pasti akan datang! Namanya juga perempuan, kan? Menstruasi itu bisa dibilang adalah sesuatu yang harus dijalani, Charm Girls! Begitu juga dengan nyeri haid, PMS, mood-swing yang menyertainya. Kan waktu nggak bisa diulang juga, just let it flow, Charm Girls! Kamu nggak sendiri kok, ada ribuan bahkan jutaan anak perempuan yang merasakan hal yang sama denganmu.

Jadi, bisa dibilang langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menerimanya sepenuh hati! Keren juga, kalo kamu sudah pengalaman tentang masa menstruasi dibandingkan teman-temanmu; kamu bisa mendukung mereka yang belum; seperti yang ada di artikel di Charm Girl’s Talk berjudul Mendukung BFFku Yang Baru Menstruasi Pertama Kali. Kamu bakal keliatan keren banget!

Aku sudah menstruasi duluan, jadi minder nih!
Membuka Pintu Kedewasaan

Kedua, menstruasi akan membuka pintu kedewasaan 
Walaupun kamu akhirnya mengalami masa menstruasi, bukan berarti kamu sudah dewasa sepenuhnya Charm Girls. Tapi, setidaknya kamu sekarang akan belajar banyak hal. Nggak cuma tentang tubuhmu tapi juga dunia di sekitarmu. Siapa sih nggak pengen tumbuh jadi perempuan dewasa cantik nan pintar? Anggap saja siklus bulananmu ini adalah kesempatan untuk jadi dirimu seutuhnya!
 

Aku sudah menstruasi duluan, jadi minder nih!
Menyayangi Diri Sendiri

Terakhir, sayangi dirimu! 
Ini sih kayaknya udah tips yang paling ampuh deh! Mau tidak mau, menstruasi sudah menjadi bagian dari dirimu, Charm Girls! Nggak mungkin ada bagian dari dirimu yang harus kamu benci dong? Dengan menyayangi diri, kamu mampu menghibur diri saat terjadi kegagalan atau menyadari ada kekurangan dalam diri; dalam menstruasi juga mungkin ketika kamu mengalami kebocoran atau nyeri yang sakit banget!

Untuk memulai self-love ini kamu bisa kok coba bertanya sama diri sendiri dengan mengenal siapa kamu sebenarnya secara mendalam — seperti apa sikap, karakteristik, kebutuhan, keinginan, hingga apa yang kita suka dan nggak suka! Okay, Charm Girls? Kamu udah boleh menolak hal-hal yang membuatmu tidak nyaman yaitu konsen! Sebuah kata untuk melindungi dirimu dari hal-hal yang tidak diinginkan juga.

Nah, dengan melihat diri penuh rasa sayang meskipun ada hal yang kamu nggak suka tentang dirimu, bikin kamu semakin tangguh dan tabah dalam menghadapi kesulitan. Seiring berjalannya waktu, nanti kamu akan terbiasa kok!