Ini cara menghitung berat badan ideal dan manfaat untuk tubuhmu

Ini cara menghitung berat badan ideal dan manfaat untuk tubuhmu

4 min read

Kalo disuruh nyebutin ulang, perkembangan fisik laki-laki dan perempuan tuh emang beda banget, Charm Girls. Buat kamu yang penasaran kamu bisa cek lagi beberapa artikel yang ada di Charm Girl’s Talk yang ngebahas lebih detail tentang perbedaan fisik laki-laki dan perempuan. Nah, namun ternyata ada satu kesamaan soal tubuh manusia, lho; yaitu tentang konsep berat badan yang ideal.

Maksud kata ideal pada berat tubuh adalah titik dimana tinggi dan badan mencapai titik yang seimbang, Charm Girls. Nggak gendut, nggak kurus alias pas! Tahukah kamu bahwa punya berat badan berlebih atau obesitas bisa berdampak kurang baik terhadap kesehatanmu? Begitupula kalo tubuhmu terlalu kurus. 

Baca Juga : Girls, it's a consent! Mengapa konsen atas tubuh itu penting - Charm Girl's Talk

Jadi, setiap orang tuh pasti punya ukuran tubuh yang berbeda-beda dan jadi bagian unik tersendiri, Charm Girls. Berat badan ideal tuh nggak melulu soal cantik kok. Harus ditekankan nih, kita di sini bukan membahas soal tidak mencintai bentuk tubuh diri sendiri! So, berat badan ideal merupakan bentuk upaya untuk memiliki tubuh yang sehat. Sehingga, orang yang memiliki tubuh yang sehat bisa bebas beraktivitas dengan maksimal, gitu~

Gimana caranya tahu berat badan kita ideal atau nggak?

Body Mass Index
Berat badan ideal = berat badan yang proporsional.
So, berat badan yang ideal untukmu belum tentu bakal ideal bagi orang lain. Untuk mengetahui berat badan ideal, kamu bisa menghitungnya dengan rumus BMI atau Body Mass Index, dimana kamu menghitung berdasarkan tinggi badan. Hayo dicoba rumusnya.

Ini cara menghitung berat badan ideal dan manfaat untuk tubuhmu

Kayak belajar matematika, nih, Charm Girls. Nggak perlu pake jari ngehitungnya, bisa pake kalkulator kok. Misal, berat badanmu 40kg dan tinggi badanmu 150 cm, maka perhitungannya adalah seperti ini. Tinggal dimasukin aja angkanya, Charm Girls.

Ini cara menghitung berat badan ideal dan manfaat untuk tubuhmu
Ini cara menghitung berat badan ideal dan manfaat untuk tubuhmu
Cara Hitung BMI

So, angka yang keluar harusnya jadi seperti ini…

Ini cara menghitung berat badan ideal dan manfaat untuk tubuhmu

Eits, belum selesai, Charm Girls. Habis itu cocokin deh sama tabel berikut.

Ini cara menghitung berat badan ideal dan manfaat untuk tubuhmu

Wah, kalo angkanya yang muncul 17.7 berarti berat badanmu kurang dikit banget nih, Charm Girls! Gimana, mudahkan cara menghitungnya? Kalo kamu masih bingung, boleh banget minta tolong orang tua atau temanmu yang jago matematika hihihi.

Kalo indeks BMI kamu melebihi nilai ideal, berarti yang dimakan melebihi kebutuhan tubuh. Karena itu, porsi makan sebaiknya dikurangi. Begitupun kalo indeks BMI kamu kurang dari ideal, berarti asupan kalori lebih kecil dari yang dibutuhkan tubuh. Waktunya makan yang banyak. hehehe!

Tapi ingat ya, lakukan diet yang sehat, karena diet ekstrim juga bisa jadi berbahaya, Charm Girls. Untuk urusan makan banyak juga harus tetap pilih-pilih, bukan berarti kamu bisa makan seenak hati. Kalau bisa sih konsultasi dulu sama orang tua atau dokter gizi!

Ini cara menghitung berat badan ideal dan manfaat untuk tubuhmu
Lakukan Diet Sehat

Berapapun berat badanmu, ingat, yang paling penting adalah tubuh kamu harus tetap sehat dan ideal yah! Anggap saja badan bagus hanyalah bonus, karena dengan berat badan ideal harus dijaga karena tiga alasan utama.

1. Biar metabolisme nggak terganggu 
Metabolisme sangat membantu tubuh untuk bekerja. Kalo tubuhmu memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit salah satu zat, kamu bisa terkena penyakit, Charm Girls. Hormon dan kesehatanmu sudah pasti bakal terganggu tuh. Ssst, masa menstruasimu juga bisa bermasalah, lho.

2. Supaya penyakit bawaan nggak ‘bangun’ 
Banyak hal yang terjadi pada tubuh dan nggak ada yang tahu apabila ada sebuah penyakit yang sedang tidur. Ada kok gangguan tubuh yang nggak memiliki gejala dan merusak tubuh. Namun, apabila tubuhmu nggak di kondisi yang ideal, bisa saja bangun dan membuatmu sakit!

3. Serem banget, kematian dini Hadu… 
Pola makan dan gaya hidup emang sepengaruh itu dengan usia tubuh dan hormonmu. Makanya biar menstruasi kita subur dan teratur kita harus menjalani pola makan dan hidup sehat, Charm Girls. Karena bila tubuh terlalu kurus atau terlalu gemuk, badan bakal mengalami masa menstruasi tidak teratur, cepet ‘rusak’ dan berpotensi umur tidak panjang. Serem banget, Charm Girls.