Girls, it's a consent! Mengapa konsen atas tubuh itu penting

Girls, it's a consent! Mengapa konsen atas tubuh itu penting

4 min read

Cie, selamat buat kamu yang sedang beranjak dewasa! Gimana perasaanmu, Charm Girls? Perbedaan fisik laki-laki dan perempuan mulai terlihat, lho. Mulai dari pubertas, menstruasi pertama dan segala macam hormon yang naik turun emang bikin mood berasa campur aduk. Belum lagi tubuhmu yang tumbuh dengan cepat, aneh banget. Jerawat, bulu-bulu halus di ketiak dan pinggul yang berisi sepertinya jadi teman sehari-hari deh!

Nah, dibalik kedewasaan itu, sekarang kamu memiliki satu tanggung jawab yang penting banget; yang menjaga kamu dan masa depanmu, Charm Girls? Wah, kok kayaknya serius banget nih? 

Nggak perlu takut dan dibawa panik. Walaupun seserius itu, hal ini bisa kamu pelajari seiring berjalannya waktu kok, Charm Girls. So, jangan diskip. Lebih baik kita pelajari bersama yuk!

Konsen! Sebuah kata untuk melindungi dirimu dari hal-hal yang tidak diinginkan

Konsen adalah suatu persetujuan darimu untuk orang lain; khususnya bagi mereka yang ingin dekat dan memegang tubuhmu. Kamu bisa mengizinkan dan boleh banget menolak, apalagi saat kamu merasa tidak aman! Harus ditekankan nih, kamu boleh banget menolak! Untuk menaruh batasan yang jelas, kamu bisa menentukan sendiri apa yang membuatmu nyaman dan tidak, Charm Girls.

 

Melindungin Diri


Belajarlah untuk berkata “tidak” kepada orang lain

Urusan konsen ini benar-benar ada di tangan kamu, di masa ketika kamu sudah cukup dewasa, orang tuamu juga harus mengikuti peraturan dan batasan atas tubuhmu, lho Charm Girls.

Konsen tuh kayak gimana aja sih?

Bentuknya bisa bermacam-macam sih, Charm Girls. Untuk urusan tubuh secara langsung, misalnya kamu bisa menentukan bagian tubuh mana yang boleh dipegang oleh orang lain, kapan saja kamu boleh dipeluk dan lainnya. Ataupun yang secara tidak langsung seperti apakah orang lain boleh memposting foto kamu di sosmed atau tidak. Saat kamu konsen dengan tubuhmu, kamu juga akan belajar mengenai baju atau sepatu mana yang nyaman dan pantas dikenakan untuk melindungi tubuhmu.

Pokoknya apapun yang mengenai tubuhmu, kamu punya kendali penuh deh, Charm Girls.

Emang konsen tuh sepenting itu yah?

Betul sekali, Charm Girls. Sepenting itu, penting banget banget banget! Konsen tuh penting banget karena bisa membuat kamu jauh dari kejahatan seksual! Wah, kok bisa sehebat itu sih? Tentu saja, karena dengan menghargai diri sendiri serta mengatur batasan yang jelas antara kamu dan orang lain, mereka yang berniat jahat akan memikirkan tindakannya.

Tahukah kamu bahwa biasanya pelaku kejahatan seksual adalah orang terdekat! Hadu, serem yah. Jadi, disitulah peran konsen menjadi penting. It’s okay kalo kamu dibilang lebay dan galak soal tubuhmu sendiri, toh jika bukan sendiri yang melindungi tubuhmu, siapa lagi coba? Iya khan, Charm Girls.

Aku orangnya nggak enakan, gimana cara nolaknya yah?

Sekali lagi deh, biar Charm Girls pada ingat. Belajarlah untuk berkata “tidak” kepada orang lain. Caranya nggak harus selalu kasar dan membentak, kok. Saat ada orang lain yang mengganggu atau membuatmu dan tubuhmu tidak nyaman, kamu bisa bilang “Maaf, Aku nggak mau kamu terlalu dekat” atau “Permisi, bolehkah kamu menjauh?” bahkan “Tidak. Kamu tidak bisa seperti ini”! Boleh banget, lho, Charm Girls.
 

Belajar Berkata “TIDAK”

Kalau orang tersebut sudah keterlaluan; kamu boleh melakukan hal-hal lainnya, seperti beranjak pergi atau mendorong pelan orang mengganggumu tadi. Oh ya, kalau bisa ceritakan hal tersebut kepada orang tua atau orang terdekatmu jika ada yang ganggu kamu dan tubuhmu, ya, Charm Girls. Kita kan terkadang tidak tahu niat buruk orang lain.

Kamu juga harus memikirkan konsen orang lain!

Setelah tahu dan mengerti batasan-batasan untuk dirimu sendiri, kamu juga harus mikirin konsen orang lain. Mungkin saja batasan tubuh antara kamu dan temanmu tuh berbeda, ya khan, Charm Girls. Misalnya, sebelum kamu memeluk temanmu, kamu boleh banget bertanya “Kamu mau dipeluk nggak?” atau “Sini, duduk denganku mau?” dan sebagainya.

Ohya, apabila kamu mengalami penolakan. Itu adalah hal yang wajar banget, nggak perlu dibawa sedih! Orang lain juga sedang membuat batasan bagi dirinya. Kamu bisa tetap dekat dan akrab dengan kata-kata, nggak hanya dengan gestur tubuh seperti memeluk atau mencium saja!

Nah, seperti itulah konsen yang harus mulai kamu pelajari, Charm Girls. Seiring kamu tumbuh dan waktu berlalu, kamu pasti bisa kok menerapkan batas-batasan dan konsen yang baik untuk dirimu dan sekitar. Selalu jaga dirimu, ya, Charm Girls!