Charm Girls, ini 5 kesalahan memakai pembalut yang harus kamu hindari!

Charm Girls, ini 5 kesalahan memakai pembalut yang harus kamu hindari!

4 min read

Pembalut merupakan salah satu sahabat terbaik para perempuan saat masa menstruasi datang. Dengan pembalut yang tepat, kita bisa tetap merasa nyaman beraktivitas tanpa ada gangguan. Walaupun kita sudah merasa akrab dengan penggunaan pembalut setiap bulannya, ternyata masih ada beberapa kesalahan yang mungkin tanpa sadar sering dilakukan saat menggunakan pembalut, terutama bagi perempuan yang baru pertama kali menstruasi.

Padahal, kesalahan-kesalahan yang dianggap sepele tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan vaginamu, loh Charm Girls! Kalau pembalut nggak digunakan dengan baik, bisa menimbulkan rasa nggak nyaman, kebocoran, hingga iritasi atau infeksi di area vagina. Supaya bisa terhindar dari resiko tersebut, yuk simak lima kesalahan pakai pembalut yang perlu kamu ketahui dan cara mengatasinya!

Baca Juga : Memilih pembalut Charm yang cocok untukmu

Charm Girls, ini 5 kesalahan memakai pembalut yang harus kamu hindari!
Cuci Tangan Sebelum Memakai Pembalut

1.Nggak mencuci tangan saat memakai pembalut
Percaya nggak sih kalau lebih dari 90 persen penyebaran kuman dan bakteri bersumber dari tangan? Yep, mencuci tangan memang kegiatan yang sederhana, tapi sering terlupakan apalagi saat mengenakan pembalut. Padahal, tangan yang kotor saat memakai pembalut bisa menimbulkan masalah di area kewanitaan.

Mencuci tangan sebelum dan setelah mengenakan pembalut mampu memperkecil resiko terjadinya infeksi karena mencegah perpindahan bakteri dari tangan ke pembalut serta area vagina. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan juga sabun setidaknya selama 20 detik untuk benar-benar memastikan kebersihan tangan.

2.Terlalu lama pakai pembalut
Salah satu godaan selama masa haid adalah rasa mager alias males gerak. Apalagi jika menstruasi disertai nyeri di sekitar vagina dan perut, pasti kamu jadi lebih malas beraktivitas. Tapi jangan sampai rasa malas ini membuat kamu malas mengganti pembalut ya! Soalnya pembalut yang jarang diganti bisa menimbulkan rasa nggak nyaman hingga penyakit loh, Charm Girls.

Darah haid yang normal biasanya bervolume sekitar 40-80 cc per hari. Nah, pembalut sebaiknya diganti secara teratur setiap 3-4 jam sekali. Pasalnya, darah haid menjadi tempat yang disukai bakteri untuk berkembang biak. Kalau dibiarkan, bakteri jadi semakin subur dan justru bisa menginfeksi vagina dan area sekitarnya.

Charm Girls, ini 5 kesalahan memakai pembalut yang harus kamu hindari!
Cara Membersihkan Vagina yang Benar

3. Malas membersihkan vagina saat mengganti pembalut
Siapa Charm Girls di sini yang masih suka malas membersihkan vagina saat mengganti pembalut? Duh, jangan diulangi lagi ya! Area vagina harus rutin dibersihkan selama masa menstruasi, terutama saat mengganti pembalut.

Gimana cara membersihkan vagina dengan benar? Cukup dengan membasuh area vagina dengan air bersih dari depan ke belakang. Jangan siram air dari arah sebaliknya untuk menghindari perpindahan bakteri dari anus ke vagina. Kamu juga bisa menggunakan sabun untuk area vagina, namun hindari sabun yang mengandung pewangi karena bisa menimbulkan iritasi. Jangan lupa juga keringkan area vagina dengan tisu kering atau handuk yang berbahan lembut.

Charm Girls, ini 5 kesalahan memakai pembalut yang harus kamu hindari!
Bahaya Pembalut Kadaluarsa

4. Menggunakan pembalut yang lama tak terpakai
Bagi para perempuan, menyimpan pembalut di berbagai tempat sudah jadi hal yang wajar. Hal ini untuk mengantisipasi ketika kedatangan tamu bulanan, kita sudah menyiapkan pembalut untuk langsung digunakan. Tapi terkadang, kita nggak sadar kalau pembalut tersebut sudah lama nggak terpakai dan mungkin sudah nggak layak pakai.

Karena pembalut ternyata juga memiliki batas kadaluwarsa, yaitu 3 tahun dari tanggal produksi yang biasanya tertera di bagian depan pembalut. Jadi, ada baiknya kamu tetap memperhatikan tanggal produksi di kemasan serta kondisi pembalut yang akan kamu gunakan ya Charm Girls!

Pasalnya, pembalut yang terlalu lama disimpan juga bisa menyerap debu dan bakteri meski kemasannya belum rusak. Kotoran yang terserap akan menimbulkan infeksi jika bersentuhan dengan vagina dan bercampur dengan darah haid. Solusinya, kamu bisa menyimpan pembalut di tempat yang benar dan secara rutin membuang pembalut yang sudah terlalu lama tak terpakai.

Charm Girls, ini 5 kesalahan memakai pembalut yang harus kamu hindari!
Bedanya Pembalut Siang dan Malam

5. Asal-asalan memilih pembalut
Di pusat perbelanjaan, pembalut memang tersedia dalam berbagai jenis. Variasi pembalut tersebut dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan dan juga aktivitas yang dilakukan selama masa menstruasi. Jadi, jangan sampai kamu asal-asalan dalam memilih pembalut ya Charm Girls! Jika digunakan di siang hari saat banyak beraktivitas, kamu bisa menggunakan jenis pembalut yang tipis tapi cepat menyerap seperti Charm Extra Maxi Wing yang bikin kamu bebas gerak karena memiliki fitur Lock Wing canggih yang bisa cegah geser sehingga nggak mudah bocor.

Tapi kalau kamu cari pembalut yang nyaman digunakan di malam hari, kamu bisa menggunakan jenis pembalut bersayap seperti Charm Safe Night yang dilengkapi dengan bantalan serap semalaman dan juga memiliki sayap yang fleksibel sehingga kamu bisa tetap bebas gerak saat tidur. Pembalut Charm Safe Night juga tersedia dalam panjang 42cm yang merupakan pembalut terpanjang di Indonesia loh!