Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya

Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya

4 min read

Saat masa menstruasi datang, banyak perempuan yang mengalami keluhan fisik maupun mental yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa gejala yang sering dialami adalah kram atau nyeri perut, pegal-pegal, perubahan mood atau emosi, hingga rasa bloating atau kembung pada perut. Biasanya gejala tersebut mulai muncul satu hingga dua minggu sebelum hari pertama menstruasi datang, atau sering disebut juga dengan premenstrual syndrome (PMS).

Untuk Charm Girls yang baru mengalami masa menstruasi, pasti merasa kebingungan dengan kondisi bloating. Pasalnya, perut jadi terasa penuh, badan juga terasa bengkak, menjelang atau selama masa subur. Tapi kamu nggak perlu khawatir berlebihan ya, Charm Girls! Menurut penelitian, 85% perempuan mengalami gejala perut kembung menjelang haid*. Beberapa faktor bisa jadi penyebab gejala ini, kira-kira apa aja ya?

Baca Juga: Perubahan emosi menjelang masa Menstruasi, fakta atau mitos?
*Hello Sehat, 2017, Ternyata, Ini Penyebab Perut Jadi Kembung Saat Haid,
 

Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya
Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi

1.Pengaruh hormon
Menjelang masa menstruasi, tubuh mengalami perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Perubahan kedua hormon tersebut menyebabkan penumpukan gas dalam saluran pencernaan sehingga akhirnya menimbulkan penumpukan air dan garam dalam tubuh. Nah penumpukan air tersebut membuat sel-sel tubuh jadi bengkak, sehingga menimbulkan rasa kembung di perut dan bloating di area tubuh lainnya.

Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya
Gangguan Pencernaan Menstruasi

 



2.Sistem pencernaan terganggu
Saat masa menstruasi atau menjelang haid, rahim atau uterus akan bergerak lebih aktif. Lalu selama itu, pergerakan rahim akan lebih intens yang menyebabkan rasa nyeri atau pegal di area perut bagian bawah. Pergerakan rahim ini ternyata mempengaruhi sistem pencernaan kamu loh, Charm Girls!

Kontraksi atau pergerakan di area rahim berdampak pada pergerakan makanan sehingga sistem pencernaan bekerja lebih lambat dan menyimpan gas lebih banyak. Nggak heran kalau perut terasa kembung dan nggak nyaman.
Gejala bloating di perut dan area tubuh lainnya memang wajar terjadi pada perempuan yang mengalami siklus haid. Berikut ini beberapa cara mengatasi perut kembung saat masa menstruasi yang bisa kamu coba:

Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya
Hindari Makanan Tinggi Sodium

1.Kurangi konsumsi garam
Makanan yang asin-asin seperti gorengan atau keripik memang jadi makanan favorit banyak orang untuk dijadikan cemilan. Tapi saat atau menjelang masa subur, ada baiknya kamu menahan diri dan mengurangi konsumsi garam ya Charm Girls!

Menurut penelitian, orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi sodium cenderung mengalami perut kembung. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah air yang menumpuk pada perut karena makanan dengan kadar garam yang tinggi. Sehingga bisa memperparah gejala perut kembung yang sedang dialami.

Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya
Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya
Komsumsi Makanan yang Mengandung Potasium & Diuretik

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung potasium
Makanan yang mengandung potasium atau disebut juga dengan kalium membantu ginjal membersihkan kadar garam berlebih dalam tubuh. Nah, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium selama masa menstruasi untuk menurunkan kadar garam berlebih dan mengurangi gejala perut kembung.

Beberapa makanan yang kaya akan potasium atau kalium adalah alpukat, tomat, pisang, dan sayuran berdaun hijau. Kamu bisa mengonsumsi makanan tersebut setelah menyantap makanan yang asin-asin untuk menyingkirkan efek buruk dari garam.

3. Tingkatkan konsumsi makanan diuretik
Pernah dengar istilah makanan diuretik? Diuretik adalah zat yang mampu meningkatkan produksi urin dan membantu tubuh mengeluarkan kelebihan air. Karena perubahan hormon yang terjadi selama masa subur mengakibatkan menumpuknya air dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi makanan yang bersifat diuretik untuk membantu mengurangi penumpukan air dalam tubuh.

Makanan yang bersifat diuretik yang bisa kamu konsumsi saat atau menjelang haid adalah jahe, timun, dan juga asparagus.

Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya
Rajin Berolahraga Meminimalisir Nyeri Haid

4. Berolahraga secara teratur
Walaupun masa menstruasi seringkali membuat kita lebih malas bergerak karena rasa kurang nyaman hingga nyeri yang menyerang perut dan area tubuh lainnya, kita tetap dianjurkan rajin berolahraga untuk meminimalisir gejala tersebut loh, Charm Girls! Berolahraga ringan juga mampu meredakan gejala perut kembung atau bloating selama haid. Kok bisa?

Saat berolahraga dan melakukan latihan kardio ringan, gas dapat melewati saluran pencernaan dengan lebih mudah sehingga meminimalisir rasa kembung pada perut. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah berjalan kaki, lari di tempat, atau naik turun tangga. Lakukan setidaknya 10 menit, dan tingkatkan terus hingga 30 menit jika sudah terbiasa.