Apa penyebab menstruasi dan bagaimana bisa terjadi?

Apa penyebab menstruasi dan bagaimana bisa terjadi?

5 min read

Apa Penyebab Menstruasi?
Menstruasi atau haid adalah siklus normal bulanan dimana wanita mengalami terjadinya perdarahan pada uterus yang mengalir dari rahim dan keluar melalui vagina.

Penyebab menstruasi pertama, karena sel telur pada rahim yang sudah matang tidak terbuahi. Biasanya menstruasi berlangsung selama 3-7 hari, atau sering terjadi selama 5 hari. Perdarahan haid cenderung paling berat pada dua hari pertama. Ketika perdarahan sedang banyak, darah akan menjadi berwarna merah pekat.
FYI, kalo Charm Girls sudah mengalami menstruasi maka tubuhmu sudah siap hamil loh!

Masa Menstruasi Namanya!
Menstruasi tuh adalah siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Kalo udah pernah mengalami masa menstruasi pertama maka tubuhmu bakal siap bisa hamil, Charm Girls!

Proses Pendewasaan
Charm Girls pasti sudah tahu apa arti pubertas. Yup, sebuah proses dimana organ-organ reproduksi semakin bertumbuh. Cobalah bercermin, perubahan fisik apa sih yang paling terlihat pada tubuhmu? Dari payudara dan puting yang mulai timbul dan membesar, lekukan pada tubuh di bagian pinggang, bulu-bulu halus yang tumbuh di ketiak atau organ kelamin, bahkan tumbuh jerawat.

Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita. Ada beberapa gejala menstruasi yang bakalan kamu alami sebelumnya. Gejala menstruasi normal biasanya berbeda-beda pada setiap cewek, tapi umumnya sih seperti kram perut, nyeri pada payudara, perut terasa kembung, ngidam makanan, mood swings, sakit kepala dan mudah cape.

Baca Juga : Perubahan emosi menjelang masa menstruasi, fakta atau mitos?

Apa penyebab menstruasi dikarenakan oleh hormon?

Apa penyebab menstruasi dan bagaimana bisa terjadi?
Gejala Menstruasi Normal

Tentu saja, Charm Girls. Hormon adalah zat yang bikin tubuh kamu tetap bekerja dan berfungsi dengan baik. Ada banyak jenis hormon dalam tubuhmu yang berpengaruh kepada sistem utama dan proses dalam tubuh seperti:
1. Pencernaan makanan
2. Penyerapan zat gizi
3. Pertumbuhan dan perkembangan
4. Detak jantung
5. Suhu tubuh
6. Siklus tidur
7. Mood, dan masih banyak lainnya.

Termasuk menstruasi; yang juga disebabkan oleh hormon. Berikut ini adalah beberapa hormon yang cuma dimiliki sama cewek, lho!

Baca Juga : Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!

1. Hormon estrogen
Hormonnya cewek banget nih! Estrogen berperan penting buat membentuk fisik dan organ reproduksi cewek. Misalnya menumbuhkan kelenjar payudara dan bulu-bulu halus di sekitar organ intim, memproduksi sel telur di dalam ovarium, serta mengatur siklus masa menstruasi. Nah, estrogen sendiri bakal makin aktif banget pada fase ovulasi dan menurun pada fase luteal.

Makanan yang mengandung estrogen yang baik Charm Girls konsumsi, seperti: kacang kedelai, biji wijen, bawang putih, buah persik, flax seeds, brokoli, tahu/tempe atau buah berry.
Karena ini baik untuk kesehatan, seperti mengendalikan kadar kolesterol hingga menurunkan risiko kanker payudara. Namun ingat, bijaklah dalam mengonsumsi makanan apa pun dan tidak berlebihan yah..

Apa penyebab menstruasi dan bagaimana bisa terjadi?
Hormon Estrogen Berfungsi untuk Membentuk Fisik

2. Hormon progesteron
Salah satu fungsi hormon progesteron sendiri adalah merangsang lapisan dinding rahim agar menebal biar sel telur siap buat dibuahi. Kadar hormon bakal sangat rendah pas fase folikular dan akan mengalami peningkatan pada fase luteal. Hormon ini akan diproduksi setelah melewati fase ovulasi, Charm Girls.

Apa penyebab menstruasi dan bagaimana bisa terjadi?
Hormon Progesteron untuk Mengatur Siklus Haid
dan Menjaga Kehamilan

Makanan yang mengandung progesteron yang baik Charm Girls konsumsi, seperti brokoli, brussel sprout, kubis, bunga kol, kale, kacang-kacangan, labu, atau bayam.
Karena ini baik dikonsumsi, untuk mencegah rendahnya kadar progesteron agar terhindar dari sakit kepala atau migrain, perubahan suasana hati, termasuk menjadi lebih cemas atau sedih terus-menerus, bahkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Nah, sebelum itu terjadi lebih baik kita menjaga kadar progesteron di dalam tubuh ya Charm Girls.

3. Gonadotrophin-releasing hormone (GnRh)
Kalau hormon yang satu ini dihasilkan oleh otak di bagian hipotalamus . Fungsinya untuk merangsang kelenjar pituitari untuk mengeluarkan follicle stimulating hormone dan luteinizing hormone.

Apa penyebab menstruasi dan bagaimana bisa terjadi?
Hormon Siklus Menstruasi

Makanan yang mengandung GnRh yang baik Charm Girls konsumsi, seperti kentang, telur, susu, keju, sawi, atau konsumsi Vitamin D.

Karena diet tinggi kalsium dapat membantu mencegah pubertas yang tertunda, sedikitnya menstruasi, atau masalah tulang yang terkait dengan rendahnya kadar GnRH.

4. Follicle stimulating hormone (FSH)
Hormon ini berperan dalam produksi sel telur. Pas masa menstruasi, kadar hormon ini akan menjadi banyak pas mendekati fase ovulasi.

Makanan yang mengandung FSH yang baik Charm Girls konsumsi seperti: makanan yang mengandung asam lemak esensial, termasuk ikan laut dalam yang berumur pendek seperti salmon, herring, dan makarel.

Karena ini baik untuk menjaga hormon FSH pada wanita yang memiliki peran terhadap proses pembentukan sel telur di ovarium serta untuk mengendalikan siklus menstruasi. Sementara pada pria, hormon FSH berfungsi untuk mengendalikan produksi sperma dan perkembangan organ kelamin lho Charm Girls.

5. Luteinizing hormone (LH)
Charm Girls, hormon ini berfungsi merangsang ovarium untuk melepaskan sel telur selama ovulasi. Kalo sel telur bertemu sperma dan berhasil dibuahi, hormon ini akan merangsang korpus luteum untuk memproduksi hormone progesteron.

Makanan yang mengandung Luteinizing Hormone yang baik Charm Girls konsumsi seperti daun raspberry merah.
Karena memiliki kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, yang membantu menyeimbangkan hormon dan memperkuat dinding rahim dan daerah panggul yang juga baik untuk kesuburan.

Mau tidak mau, menstruasi adalah kepastian yang harus kamu alami, Charm Girls. Sebagian besar anak cewek, mungkin kamu juga bakal merasa takut dan bingung pas mengalami menstruasi pertama kali.

Tapi tenang, Charm Girl’s Talk ada di sini kok! Rasa takutmu itu bisa diatasi seiring dengan waktu dan banyak-banyak informasi yang terpercaya. Jangan malu untuk bertanya dengan orang tuamu juga ya.