Nyeri haid dirasakan pada payudara, normalkah?

Nyeri haid dirasakan pada payudara, normalkah?

4 min read

Dear Nyeri Haid!  

Nyeri haid yang dirasakan seorang cewek saat memasuki pubertas. Tidak hanya dirasakan pada  perut, tapi juga terkadang terasa pada payudara. 

Awal mula tubuh akan memproduksi dan melepaskan hormon estrogen. Pelepasan hormon ini  bakalan bikin bentuk payudara dan merangsang kelenjar susu di payudara; yang sebelumnya  terlihat datar seperti anak cowok. 

Dan, saat menuju menstruasi… 

Produksi hormon estrogen dan hormon progesteron bakal jadi lebih tinggi lagi. Peningkatan  kedua hormon tersebut Inilah alasannya kenapa saluran payudara dan juga kelenjar susu  membengkak dan membesar. 

Untuk beberapa cewek, inilah kenapa payudara nyeri menjelang haid. Apakah kamu juga  merasa seperti itu, Charm Girls?

Baca Juga : Memahami masa menstruasi, jumlah darah yang keluar, siklus, dan nyeri  menstruasi  

Itu namanya Mastalgia 

Payudara tuh jadi lebih sensitif ketika terguncang atau tersentuh sedikit aja. Selain  mengencang, payudara juga kadang terasa nyeri. Rasa nyeri pada payudara bikin beberapa  cewek jadi galau karena dapat berhubungan dengan nyeri haid atau bukan. 

Nyeri haid dirasakan pada payudara, normalkah?
Payudara Nyeri Menjelang Menstruasi 

Selain itu, rasa nyeri di payudara juga bisa jadi bukan berasal dari payudaranya sendiri. Loh?  Berikut ini beberapa ciri-ciri yang perlu kamu waspadai baik payudara nyeri menjelang haid  atau bukan. 

Baca Juga : Mengenali payudaramu sendiri 

Ciri-ciri payudara nyeri menjelang haid 

Nyeri haid yang dirasakan pada payudara sering dialami oleh cewek umur 20-30 tahun. Sakitnya  sih kurang lebih seperti ini, Charm Girls! 

Nyeri haid dirasakan pada payudara, normalkah?
Ciri-Ciri Payudara Nyeri karena Menstruasi 
  • Payudara terasa kaku dan nyeri makin parah sampai pas kamu pakai bra atau baju yang  ketat.
  • Nyeri terjadi pada masa subur atau 2 minggu menjelang haid dan gejalanya sedikit  mereda pas menstruasi selesai.
  • Biasanya nyeri kerasa di kedua payudara, terutama payudara di bagian atas sisi luar  (dekat ketiak). Bisa menyebar hingga ke ketiak juga sih, Charm Girls.
  • Sekilas payudara juga akan terlihat membengkak.

Apa saja penyebabnya sih? 

Umumnya sih disebabkan oleh hormon dan stres, Charm Girls! Namun, ada beberapa hal  lainnya yang menyebabkan payudara nyeri menjelang haid, yaitu:  

  • Ukuran payudara yang besar.
  • Infeksi payudara, seperti mastitis atau abses payudara.
  • Kelainan pada payudara.
  • Efek samping obat.

Ciri-ciri payudara nyeri bukan karena haid 

Seperti bagian tubuh lainnya, payudara mungkin terasa sakit tapi bukan karena tanda-tanda  nyeri haid. Ini terjadi karena ada yang sesuatu pada tubuhmu. Nyeri pada payudara ini juga  biasanya akan disertai nyeri di tempat lain, misalnya di otot dada atau tulang rusuk, meskipun  rasanya seperti berasal dari jaringan payudara. 

Nyeri haid dirasakan pada payudara, normalkah?
Ciri-Ciri Payudara Nyeri Bukan karena Haid 

Kira-kira seperti ini yang kamu rasakan, Charm Girls! 

  • Payudara nyeri terasa seperti terbakar.
  • Payudara terasa kencang.
  • Nyeri berlangsung terus menerus atau hilang dan balik lagi.
  • Nyeri biasanya hanya terasa di satu bagian pada salah satu payudara, tetapi dapat  menyebar ke seluruh payudara.

Apa saja penyebabnya sih? 

Umumnya sih cedera atau radang, seperti: 

  • Cedera pada leher, pundak, dan punggung.
  • Radang sendi pada tulang belakang.
  • Radang pada sambungan tulang dan tulang rawan pada iga atau rusuk.

Aku nggak mau sakit payudara! 

Nyeri haid saat PMS yang membuat payudara kamu sakit, memang suka terjadi dan mau gak  mau harus kamu hadapi. Charm Girls tenang, bila ini terjadi pada kamu. Hal yang harus kamu  lakukan adalah menghindari konsumsi kafein, gula-gula, serta makanan yang tinggi lemak dan  garam, sejak 2 minggu sebelum haid.  

Nyeri haid dirasakan pada payudara, normalkah?
Pilih Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral 

Pilihlah makanan yang banyak vitamin dan mineral, seperti kacang tanah, bayam, jagung,  wortel, pisang, alpukat, dan nasi merah. Beberapa vitamin dan mineral, khususnya vitamin E  dan magnesium, dapat mencegah dan mengurangi nyeri haid pada payudara ini. Tidak lupa juga  dengan berolahraga secara teratur yah..

Terus, bisa diobati nggak nyeri payudara menjelang haid? 

Bisa kok! Nyeri payudara sih biasanya bisa hilang sendiri tanpa pengobatan khusus dari dokter.  Nih caranya! 

Nyeri haid dirasakan pada payudara, normalkah?
Cara Mengobati Payudara Nyeri 
  • Mengompres payudara yang sakit dengan kompres hangat atau dingin. - Mengelola stres dengan baik.
  • Kurang-kurangi makan makanan berlemak.
  • Pakailah bra yang nyaman seperti sport bra. Bahkan, jika kamu di kamar aja, nggak pake  bra juga nggak masalah!
  • Minum obat pereda nyeri, seperti paracetamol.

Kalau sakitnya makin sakit gimana 

Jika kamu ngerasa payudara nyeri menjelang haid makin berasa sakit banget dan nggak normal  bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Segera beritahu orang tuamu dan minta  tolong mereka untuk membawamu ke dokter ya, Charm Girls!