Memahami masa menstruasi, jumlah darah yang keluar, siklus, dan nyeri menstruasi

Memahami masa menstruasi, jumlah darah yang keluar, siklus, dan nyeri menstruasi

3 min read

Charm Girls harus tahu bahwa menstruasi setiap orang berbeda, sama seperti wajah dan tinggi setiap orang yang juga berbeda-beda. Mengetahui berapa hari jeda menstruasimu dapat membantumu memahami perubahan yang terjadi dalam tubuhmu lho. Yuk, kita cari tahu tentang periode menstruasi, jumlah, dan siklusnya.

Periode menstruasi dan jumlah perdarahannya

Ketahuilah bahwa masa menstruasi setiap orang itu berbeda. Selama sekitar 3 hingga 7 hari, darah menstruasi perlahan dikeluarkan dari tubuh. Darah menstruasi memang membutuhkan waktu untuk keluar dari tubuh karena saluran dari uterus yang sangat kecil, yaitu lebih sempit dari sebuah sedotan Siklus menstruasimu mungkin belum stabil saat menstruasi pertamamu datang, sehingga hanya berlangsung sebentar. Tapi kamu tidak perlu khawatir ya, karena saat siklus menstruasi kamu sudah stabil pun, durasinya bisa lebih panjang atau pendek tergantung pada keadaan tubuh dan suasana hatimu. Beberapa orang biasanya mengalami perdarahan menstruasi paling berat pada hari kedua, dan akan mulai berkurang pada hari ketiga. Saat kamu mengalaminya, jangan khawatir ya. Kamu bisa memilih berbagai macam produk pembalut yang paling sesuai dengan kondisi perdarahan menstruasimu.

Apa sih siklus menstruasi itu?

Siklus menstruasi adalah siklus hormonal yang dihitung dari hari pertama menstruasimu hingga hari pertama dari periode menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi setiap orang berbeda, bisa lebih pendek atau lebih lama dari 25 hingga 38 hari. Siklus ini dipengaruhi oleh kesehatanmu lho. Jadi kamu tidak perlu khawatir ya, jika menstruasimu datang lebih cepat atau lebih lambat. Kamu bisa bicarakan dengan seseorang yang kamu percaya seperti anggota keluargamu atau mengunjungi dokter.

  1. Fase Menstruasi
    Pada fase ini, perutmu akan terasa berat dan payudaramu akan terasa lebih nyeri. Kamu juga mungkin mengalami nyeri menstruasi di bagian perutmu.
  2. Fase Folikel
    Di fase ini, perutmu akan terasa sedikit kembung dan mungkin kamu akan lebih banyak mengalami keputihan.
  3. Fase Ovulasi
    Kamu akan sering merasa mengantuk, nafsu makan lebih tinggi, dan mudah tersinggung pada fase ini.
  4. Fase Luteal
    Ini adalah fase saat payudaramu terasa nyeri dan kamu akan banyak mengalami keputihan.

Yuk, pahami siklus menstruasimu agar kamu lebih mengerti kondisi tubuh dan mood kamu selama menstruasi.

Yuk kita cari tahu cara mengidentifikasi siklus menstruasimu!

  • Menggunakan Aplikasi

Untuk mengetahui siklus menstruasi kamu bisa pakai aplikasi lho! Catatlah periode menstruasimu pada aplikasi yang akan secara otomatis menunjukkan kapan menstruasimu berikutnya terjadi. Note: Ini hanyalah estimasi sampai menstruasimu menjadi teratur.

 

 

 

 

  • Menggunakan Buku Harian

Kamu bisa juga menggunakan buku harian untuk mencatat menstruasimu dari hari pertama hingga hari terakhir. Jika kamu terus mencatatnya, kamu akan dapat memahami siklus menstruasimu hingga menstruasimu lebih teratur

 

 

Begini lho cara menggunakan kalender siklus mentruasi 

Charm Girls bisa unduh dan mencetak kalender siklus menstruasi untuk menyimpan catatan menstruasi. Nah, jika kamu terus mencatatnya, kamu akan lebih memahami siklus menstruasimu lho.

 

1.Unduh dan cetak kalender

 

 

 

 

 

 

2. Buatlah tanda di kalender saat menstruasimu tiba. Catatlah jumlah perdarahan menstruasimu dan perubahan apa pun yang terjadi pada tubuhmu.

 

 

 

3.Jika kamu terus mencatat, kamu akan lebih memahami siklus menstruasimu

 

4.Kamu bisa membuat buku harianmu sendiri tentang menstruasimu.

 

Apa sih nyeri menstruasi itu?

Perutmu mungkin terasa sakit selama menstruasi. Ini dikenal sebagai nyeri menstruasi, atau dalam bahasa medisnya disebut ‘myalgia'. Sakit perut saat menstruasi ini muncul karena uterus berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi. Tapi Charm Girls jangan khawatir ya! Kamu dapat mengurangi nyerinya dengan menghangatkan tubuh atau melakukan olahraga ringan.