PMS (Pramenstruasi Sindrom) itu apa sih?

PMS (Pramenstruasi Sindrom) itu apa sih?

3 min read

Beberapa remaja mengalami PMS seperti merasa tidak sehat secara fisik dan emosional sebelum menstruasi datang. Biasanya dimulai sekitar satu minggu sebelum menstruasi dan kemudian berakhir saat menstruasi datang. Charm Girls tidak perlu khawatir ya, karena itu hal yang normal.

Apakah sebenarnya PMS itu?

Selama PMS, kamu merasa tidak sehat secara fisik dan emosional dan mungkin merasa kesal, marah, atau depresi. Nah, ini dia gejala-gejala yang diperkirakan terkait dengan hormon wanita. Banyak remaja cenderung merasa tidak sehat secara emosional daripada tidak sehat secara fisik. Jika hal ini sudah sangat mengganggumu sehingga kamu tidak dapat melakukan aktifitas, kamu bisa membicarakannya dengan seseorang di rumah atau Guru BP di sekolah agar kamu dapat beristirahat.

 

Yuk.. kenali gejala emosional selama PMS 

• Kamu mudah tersinggung 
• Mudah marah 
• Merasa badmood 
• Menjadi Labil 
• Merasa Depresi, dll.

 

 

Yuk.. kenali gejala fisik selama PMS 

• Kamu merasa mengantuk 
• Payudara sensitif/sakit 
• Tangan dan kakimu terasa bengkak 
• Kamu mengalami sakit kepala 
• Perutmu terasa kembung, kram, sembelit, dll.

 

 

Bagaimana Aku bisa tahu ini adalah PMS ya? 

Mungkin kamu tidak mengalami PMS, walaupun merasa jengkel dan kekurangan energi sebelum menstruasi. Nah, sebaiknya kamu membuat catatan saat kamu merasa tidak sehat secara fisik atau emosional. Jika hal ini terjadi berkali- kali sebelum menstruasi, kemungkinan besar ini adalah PMS. Yuk.. coba mencatat siklus menstruasimu, agar kamu dapat mempelajari keadaan fisik dan emosionalmu.

Apa sih yang harus Aku lakukan jika mengalami PMS? 

Saat merasa mengalami PMS, berikanlah perhatian pada dirimu sendiri, seperti tidur yang cukup, makan makanan sehat dan menjaga kebersihan diri. Jika kamu mengalami masa yang sangat sulit sebelum menstruasi, kamu bisa mencoba berdiskusi dengan Guru BP di sekolah atau seseorang di rumahmu.

 

Tidur yang cukup 

Gejala PMS dapat menjadi lebih buruk jika kamu lelah dan kurang tidur lho. Usahakanlah untuk tidur lebih awal dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, pertahankan jadwal yang teratur ya.

 

 

 

Ciptakan mood yang positif 

Jika kamu merasa mudah tersinggung dan stres, dengarkan musik favoritmu, pakai parfum kesukaanmu, dan kelilingi dirimu dengan hal-hal yang ingin kamu lakukan serta selalu berpikir positif. :)

 

 

 

Kurangi konsumsi makanan manis 

Makan yang manis-manis dan menaikkan gula darah bisa membuatmu mudah tersinggung. Jika kamu makan yang manis-manis usahakan untuk tidak makan terlalu banyak. 

 

 

 

Mandi air hangat yang membuat santai 

Mandi air hangat bisa membuat rileks jadi mandilah lebih lama dengan air lebih hangat dari biasanya.

 

 

 

Hal yang perlu Charm Girls ingat! 

Mudah tersinggung dan gejala PMS lainnya sebelum menstruasi tidak berarti kamu sakit, jadi kamu tidak perlu khawatir ya. Cobalah membuat catatan untuk memahami keadaan fisik dan emosionalmu. Perasaan cepat marah dan depresi disebabkan oleh keseimbangan dari hormon wanita. Yang terbaik adalah menerimanya daripada menyalahkan dirimu sendiri. :)