Jangan dimakan, hindari beberapa makanan ini saat masa menstruasi

Jangan dimakan, hindari beberapa makanan ini saat masa menstruasi

4 min read

Menjelang haid hingga selama masa menstruasi, beberapa perempuan biasanya mengalami nafsu makan yang lebih tinggi dari biasanya. Misalnya, jadi lebih cepat lapar, selalu ingin ngemil, hingga makan dengan porsi yang lebih besar. Siapa yang sering mengalami hal yang sama?
Hal ini ternyata wajar loh, Charm Girls.

Menurut para ahli, nafsu makan yang meningkat saat haid ini disebabkan karena perubahan hormon. Menjelang masa menstruasi, tubuh kita memproduksi lebih banyak hormon stres yaitu kortisol. Sedangkan pada saat yang bersamaan, hormon serotonin yang bertugas memicu rasa bahagia justru turun. Akhirnya perubahan hormon ini membuat kita lebih cepat lapar dan ingin menikmati makanan yang menyenangkan.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan kalau selama masa menstruasi perempuan cenderung mengkonsumsi kalori lebih banyak daripada biasanya dan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan karena banyak perempuan yang mengonsumsi karbohidrat dan gula selama masa haid. Nah, buat Charm Girls yang baru mengalami menstruasi pertama, jangan kaget kalau nafsu makan dan berat badan kamu mengalami sedikit peningkatan ya!

Walaupun nafsu makan yang meningkat saat haid merupakan hal yang wajar, kamu tetap harus memperhatikan asupan makanan loh, Charm Girls! Pasalnya, ada beberapa makanan yang nggak baik untuk dikonsumsi selama haid karena bisa menimbulkan rasa nggak nyaman hingga gejala nyeri haid. Apa aja makanan yang sebaiknya dihindari saat menstruasi ya?

Jangan dimakan, hindari beberapa makanan ini saat masa menstruasi
Hindari Kafein, Garam dan Gula

1. Kafein
Siapa di sini yang nggak bisa hidup tanpa kopi? Well, sepertinya kamu harus mengurangi konsumsi kopi selama haid nih! Soalnya, kopi dan minuman lainnya yang mengandung kafein bisa menyebabkan perasaan cemas, gelisah, hingga kesulitan tidur atau insomnia. Hal-hal tersebut bisa menimbulkan rasa nggak nyaman dan membuat mood kamu semakin jelek selama masa haid.

Selain itu, minuman berkafein tinggi juga bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti perut kembung, hingga meningkatnya produksi asam lambung yang menimbulkan penyakit maag.

2. Makanan Tinggi Garam dan Gula
Makanan dengan kadar gula dan garam yang berlebihan juga sebaiknya dihindari. Mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi ternyata dapat menyebabkan penumpukan air dalam tubuh, sehingga bisa membuat perut kembung.

Sedangkan mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dengan kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan kadar gula darah yang nggak stabil dan berpengaruh pada suasana hati kamu, Charm Girls! Jadi kalau kamu ingin mengonsumsi makanan manis saat haid, kamu bisa mencari makanan lain yang lebih sehat dan rendah gula, misalnya buah-buahan.

Jangan dimakan, hindari beberapa makanan ini saat masa menstruasi
Hindari Makanan Pedas

3. Makanan pedas dan berlemak
Bagi sebagian Charm Girls, makanan yang nggak pedas mungkin terasa hambar dan kurang menggugah selera. Tapi, saat menjelang haid dan selama masa menstruasi, ada baiknya kamu menghindari makanan pedas, ya! Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa memperparah gejala kram perut yang kamu alami selama haid, bahkan bisa menyebabkan diare karena kandungan zat Capsaicin, Charm Girls.
Selain makanan pedas, kamu juga harus menghindari makanan yang berlemak jahat, seperti gorengan, makanan bersantan, hingga keripik atau biskuit kalengan. Makanan tersebut bisa meningkatkan hormon prostaglandin yang menyebabkan meningkatnya rasa nyeri haid.

Jangan dimakan, hindari beberapa makanan ini saat masa menstruasi
Hindari Fast Food

4. Fast food atau makanan olahan
Makanan cepat saji atau makanan olahan memang sering diandalkan untuk kamu yang sibuk dan nggak sempat memasak. Tapi, fast food dan makanan olahan ini biasanya mengandung kadar sodium yang cukup tinggi sehingga bisa membuat perutmu mudah kembung dan timbul rasa kurang nyaman.

Makanan olahan atau kalengan juga biasanya sudah melalui proses yang cukup panjang sehingga kehilangan banyak nutrisi dan mengandung banyak pengawet, sehingga nggak dianjurkan untuk sering dikonsumsi, terlebih lagi saat mengalami menstruasi.

Walaupun kamu dianjurkan untuk menghindari jenis makanan di atas, bukan berarti kamu nggak bisa makan enak selama masa menstruasi loh, Charm Girls! Kamu tetap bisa memuaskan nafsu makan kamu yang cukup tinggi pas lagi dapet, asalkan tetap menjaga pola makan dan memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga bisa meminimalisir rasa nyeri dan juga mengontrol kalori harian kamu.

Jangan dimakan, hindari beberapa makanan ini saat masa menstruasi
Konsumsi Coklat Hitam dan Teh Chamomile

Nah, untuk menyiasati hasrat ingin ngemil setiap beberapa jam sekali saat haid, kamu bisa mencoba makanan yang lebih sehat dan kaya akan nutrisi. Misalnya mengganti martabak dengan cokelat hitam, karena cokelat hitam ternyata kaya akan magnesium yang mampu mengurangi rasa nyeri atau lemas saat masa menstruasi. Charm Girls juga bisa mengganti kopi dengan teh tanpa kafein, seperti teh chamomile atau peppermint. Kedua jenis teh tersebut bisa memberikan rasa tenang dan mengurangi gejala nyeri haid loh.

Selamat mencoba!